22 TEMPAT WISATA MENARIK DI BATU, RECOMMENDED

by Tony Effendi , at 14.14 , have 0 komentar
Kota Batu dikenal sebagai salah satu kota wisata terindah di Indonesia karena potensi keindahan alam yang luar biasa. Kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini merupakan kota yang dikenal akan keindahan wisatanya selain Bali dan YogyakartaObjek wisata di Batu sangat beragam, mulai dari wisata sejarah, retail, pendidikan, hingga wisata alam. Tempat-tempat wisata di Batu ini juga bisa menjadi alternatif bagi warga Kota Malang yang ingin mengisi liburan mereka karena jarak Kota Malang dan Batu cukup dekat.

22 Tempat Wisata Menarik di Kota Batu
Alun-alun Kota Batu

        Kota Batu ini terletak di 15km sebelah barat laut Kota Malang yang menghubungkan Kota Malang-Kediri dan Malang-Jombang. Wilayah kota ini berada di ketinggian 700-1.700 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata mencapai 12-19 derajat Celsius. Kota Batu dahulu merupakan bagian dari Kabupaten Malang, yang kemudian ditetapkan menjadi kota administratif pada 6 Maret 1993. Pada tanggal 17 Oktober 2001, Kota Batu ditetapkan sebagai kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang.

        Nah, seperti apakah destinasi wisata menarik yang terdapat di Batu ini? berikut adalah beberapa tempat wisata yang layak Anda kunjungi ketika berwisata ke Kota Batu.


1. Pemandian Air Panas Cangar



        Cangar merupakan pemandian air panas alami yang terletak di Tulungrejo, Bumiaji, Kec. Batu dan merupakan kawasan Taman Hutan Rakyat R. Soeryo. Di tempat ini, Anda dapat menikmati pemandian yang berasal dari sumber air panas alami dan pemandangan yang sangat indah. Selain itu, di tempat ini juga terdapat goa buatan yang merupakan peninggalan dari masa kedudukan jepang pada tahun 1942-1945.




2. Air Terjun Coban Rais


Air Terjun Coban Rais

        Coban Rais merupakan tempat wisata air terjun yang berada di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, sekitar 6 km dari Kota Batu. Akses lokasinya hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 3,5 km dari bumi perkemahan ( camping ground ).
        Meskipun hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki, rasa letih Anda akan segera terobati ketika menikmati pemandangan yang luar biasa dari air terjun bertinggi 20 meter ini. Derasnya aliran air terjun serta pemandangan yang indah dan udara dingin sejuk khas pegunungan dari Coban Rais ini menjadikannya destinasi yang layak untuk Anda kunjungi.




3. Air Terjun Coban Rondo


Air Terjun Coban Rondo

        Air Terjun ini berlokasi di Jalan Coban Rondo, Kec. Batu. Ketika Anda mengunjungi kawasan Air Terjun Coban Rondo, Anda akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa dan udara yang sejuk bahkan bisa dikatakan dingin karena kawasan ini berlokasi di ketinggian 1.135 meter di atas permukaan laut.
        Air Terjun Coban Rondo ini memiliki ketinggian sekitar 84 meter yang airnya berasal dari sebuah sumber yang terdapat di Cemoro Dudo, kawasan lereng Gunung Kawi. Coban Rondo sebenarnya merupakan bagian dari kelompok air terjun bertingkat (dimulai dengan air terjun kembar bernama Coban Manten, yang bergabung menjadi satu dinamakan Coban Dudo, dan kemudian mengalir ke bawah dengan nama Coban Rondo).




4. Air Terjun Coban Talun



        Air Terjun Coban Talun ini berlokai di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Dari lokasi parkiran, ada dua tempat yang bisa dikunjungi, yaitu Bendungan dan Coban itu sendiri.
        Untuk ke Bendungan jaraknya sangat dekat, sedangkan untuk ke coban Talun, Anda diharuskan berjalan kaki dari lokasi parkiran dan memakan waktu  kurang lebih 30 menit untuk sampai ke air terjun. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan vegetasi hutan pinus dan kebun sayuran dengan udara yang dingin menyejukkan. Karena keindahan alam dan tempatnya yang luas, kawasan ini sering digunakan sebagai area camping ground.




5. Air Terjun Coban Putri

Air terjun Coban Putri

        Air terjun Coban Putri terletak di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Air terjun Coban Putri ini letaknya tidak terlalu jauh dari Coban Rais, karena berada di bawah dari Coban Rais. Untuk mencapai air terjun ini Anda harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 km dari tempat parkir dengan melalui jalan setapak yang sempit dan sungai serta pemandangan hutan pinus.
        Air Terjun Coban Putri memiliki ketinggian sekitar 20 meter yang menurut penduduk didaerah ini terlihat seperti rambut seorang putri yang terurai, sehingga dinamakan Coban Putri. Udara di tempat ini masih sangat sejuk dengan pemandangan hutan dan tebing yang indah, tetapi di air terjun ini masih sepi pengunjung karena jarang orang yang mengetahui lokasi air terjun ini.




6. Taman Wisata Songgoriti


Taman Wisata Songgoriti

        Kawasan wisata ini terletak di Jl. Songgoriti Batu-Malang tepatnya di Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. Taman wisata songgoriti ini lebih di kenal dengan nama Pemandian Tirta Nirwana Songgoriti. Di wisata Songgoriti, Anda dapat menikmati kolam renang, outbond, pemandian air panas, taman- taman mempesona, danau air panas, makam mbah Pathok atau Empu Supo yang bersejarah, dan Pasar wisata songgoriti Batu yang menjual beberapa kerajinan tangan/souvenir yang dibuat sendiri oleh penduduk kawasan songgoriti dan area parkir yang luas.
        Selain itu, di kawasan ini juga menyediakan objek wisata yang bersejarah yaitu Candi Songgoriti yang merupakan peninggalan kerajaan Majapahit.




7. Taman Rekreasi Selecta


Taman Rekreasi Selecta

        Taman Rekreasi Selecta terletak di Jl. Raya Selecta No. 1, Desa Tulung Rejo, Kec. Bumiaji, Kec. Batu, Jawa Timur. Selecta didirikan oleh seorang warga negara Belanda pada sekitar tahun 1930-an. Setelah mengalami kerusakan pada jaman Revolusi, pada tahun 1950 dibangun kembali oleh 47 tokoh masyarakat yang dikenal sabagai pendiri Selecta.
        Selecta telah lama dikenal sebagai tempat wisata dengan pemandangannya yang indah disertai udara yang sejuk. Selecta memiliki berbagai wahana menarik seperti kolam renang anak-anak dan dewasa, sepeda air, kolam seluncur, water boom anak-anak dan dewasa, playground anak, bima sakti villa, perahu ayun, sky bike, jembatan, serta taman bunga yang indah. Selain itu, di tempat ini juga disediakan pasar bunga dan beberapa restoran untuk kepuasan pengunjung.




8. Kusuma Agrowisata


        Kusuma Agrowisata adalah wisata agro yang berada di Jl. Abdul Gani Atas, Kec. Batu, Jawa Timur. Atraksi wisata yang ditawarkan adalah perkebunan yang menyediakan layanan wisata petik di Kebun Apel, Jeruk, Jambu Merah, Buah Naga, Strawberry dan Sayuran Hidroponik bebas pestisida. Selain wisata petik, Kusuma Agrowisata juga menawarkan wisata outbound seperti bermain War Game di arena airsoft gun, mengendarai ATV di mini off-road track dan Flying Fox.
        Kusuma Agrowisata terletak pada ketinggian ±1000 meter dari permukaan laut dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang sangat indah. Selain itu, Kusuma Agro wisata juga menyediakan hotel yang memiliki kamar sebanyak 151 kamar, suite, dan villa dengan menyajikan berbagai fasilitas hiburan seperti pusat kebugaran, kolam renang, lapangan tenis, dan lapangan sepak bola ( Pesan Hotel Kusuma Agro Sekarang ).




9. Jatim Park 1


Jatim Park 1

        Jatim Park 1 Terletak di Jl.kartika no.2, Kota Batu dan merupakan wahana tempat rekreasi dan edukasi favorit di Jawa Timur. Jatim Park 1 ini memiliki 36 wahana, diantaranya kolam renang raksasa (dengan latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, dan Empu Gandring), spinning coaster, dan drop zone. Wahana pendidikan yang menjadi pusat perhatian diantaranya adalah Volcano dan Galeri Nusantara yang juga terdapat tanaman agro, diorama binatang langka, dan miniatur candi-candi.
        Selain itu, Jatim Park 1 dilengkapi dengan wahana Galeri Belajar bernama Science Stadium. Bangunan ini mampu menampung 300 siswa sekaligus. Kelengkapan alat peraga ilmu terapan ada yang indoor maupun outdoor. Keberadaan alat-alat peraga ini didukung oleh PLN, Telkom, Rimba Raya, dan sejumlah Universitas di Jawa Timur. Di sini juga terdapat salah satu miniatur bersejarah, yaitu rumah Sunan Giri dan Sumpah Pemuda.
        Berbagai khazanah kebudayaan Indonesia ditempatkan di Galeri Budaya yang disebut Galeri Etnik Nusantara (GEN). Galeri ini menampilkan kebudayaan seperti wayang, patung, rumah tradisional papua, dan gong. Dengan perpaduan ini diharapkan bisa menjadi sarana penyebaran informasi tentang khazanah ilmu pengetahuan alam meliputi Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia.




10. Jatim Park 2


Jatim Park 2

        Berlokasi di Jl. Oro-oro Ombo No.9, Kec. Batu, Jawa Timur. Jatim Park 2 ini sedikit berbeda dari Jatim Park 1 yang lebih ditujukan sebagai taman belajar dan bermain serta hiburan. Jatim park 2 mengusung konsep belajar ilmu alam, biologi dan pembelajaran satwa yang disajikan secara menarik dengan latar belakang sesuai habitatnya. Jatim park 2 terdiri dari Museum Satwa dan Batu Secret Zoo yang dapat diakses hanya dengan satu tiket saja.
        Beberapa wahana yang dimiliki Jatim Park 2 adalah Reptile Garden, Aquarium, Savannah, Pasar Afrika dan area Naik Gajah. Masih ada lagi Fantasy Land, swimming pool, New Safari, Jelajah Benua, Batu Adventure Land dengan fasilitas ATV dan sejenisnya. Ada Happy Land, Animal Coaster, Fun House, River Adventure, Cafe Istana Semut dan masih banyak lagi lainnya.
        Sedangkan Batu Secret Zoo merupakan kebun binatang modern yang memiliki berbagai koleksi satwa-satwa langka dan menarik. Sedangkan di Musem Satwa, pengunjung dapat melihat 80 diorama satwa dari dalam maupun luar negri, diorama ini memberikan gambaran yang tampak nyata tentang kehidupan satwa di habitatnya dengan menggunakan hewan awetan murni. Seperti replika binatang purba Stegosaurus yang terbuat dari bahan fiberglass.




11. Batu Night Spectacular ( BNS )


Batu Night Spectacular ( BNS )

        Batu Night Spectacular atau BNS terletak di Jl. Raya Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Jawa Timur. BNS menawarkan suguhan wisata wahana menarik dan spektakuler di Batu. Di sini, Anda dapat menikmati berbagai wahana menarik, mengasyikan, menyeramkan, dan menantang adrenalin Anda.
        Berbagai wahana menarik seperti Sepeda Udara, Drag Race, Mouse Coaster, Bumper Car, Cinema 4 Dimensi, Flying Swinger, dan Gokart adalah berbagai wahana menarik yang wajib Anda coba. Di tempat ini juga menyediakan wahana khusus untuk anak-anak seperti Kids Zone yang terdiri dari 25 macam, Rumah Hantu, Battle Area, Mega Mix dan masih banyak lagi wahana-wahan menarik lainnya. Selain itu, Anda dapat menikmatai suguhan menarik dari berbagai macam Lampion-lampion yang berada di Taman Lampion. Anda juga dapat menikmati aneka kuliner dan jajanan khas yang tersedia di area di Food Court.




12. Batu Wonderland Waterpark and Resort


Batu Wonderland Waterpark and Resort

        Terletak di Jl. Imam Bonjol No. 9, Kec. Batu, Jawa Timur. Batu Wonderland merupakan satu kompleks hotel, shooping center, playground, dan mini waterpark. Batu Wonderland berbeda dengan hotel-hotel yang lain, karena di sini Anda akan disajikan berbagai sarana hiburan yang menyenagkan untuk liburan Anda.
        Salah satu wahana andalan di Batu Wonderland adalah Waterboom dengan kolam renang yang luas disertai dengan permainan air yang menarik seperti dua seluncuran raksasa berbentuk gurita berwarna ungu dan dilengkapi dengan taman bermain di tengah kolam renang, serta terdapat juga area Playground yang disediakan khusus untuk anak-anak dan balita.
        Selain itu, di sini juga terdapat Batu Wonderland Resto & Cafe yang disertai Coffee Shop didalamnya. Di Wonderland Resto & Cafe ini, Anda akan dimanjakan dengan aneka hidangan seperti Udang Mandi Madu, Ayam Merah, Iga Bakar Telur Asin, Kolokee, Devil Ball Noodle, Pangsit Mie, dan masih banyak lagi. Tersedia juga Mini Market yang menjual aneka kebutuhan dan oleh-oleh khas Batu. Jika Anda berasal dari luar kota, Anda tak perlu khawatir karena di sini juga menyediakan akomodasi penginapan atau hotel dengan fasilitas dan pelayanan terbaik yang dapat Anda pesan di SINI.




13. Eco Green Park Batu


Eco Green Park Batu

        Eco Green Park terletak di Jl. Oro-oro Ombo No.9A, Kec. Batu, Jawa Timur. Eco Green Park merupakan taman hiburan dengan konsep memadukan wisata alam, kebudayaan, lingkungan, dan seni yang inspiratif, menarik, serta mendidik. Wisata ini sangat cocok untuk keluarga terutama anak-anak dengan tujuan supaya anak-anak dapat belajar tentang ekosistem.
        Pengunjung akan diajarkan untuk sadar terhadap lingkungan dengan permainan yang menarik, unik, dan menyenangkan. Beberapa wahana menarik yang ada di Eco Green Park Batu ini antara lain Zona Miniatur Candi, Zona Insectarium, Zona Walking Bird, Zona Music Plaza, Zona Jungle Adventure, Zona Animal Farm, Zona Hidroponik, Zona Burung Kakak Tua, Zona Kerajaan Bebek, Zona Rumah Terbalik, Zona Watertrack, Zona Pasar Burung, Demo Multimedia, Eco Journey, Eco Science Center, dan Demo Memerah Susu Sapi.
        Selain itu, Eco Green Park Batu juga memiliki beberapa pertunjukan menarik yang melibatkan aneka spesies burung yang cantik dan menarik seperti Fire DanceFeeding Time Dove, dan Feeding Time White Stork.




14. Kusuma Waterpark


Kusuma Waterpark

        Terletak di Jl. Abdul Gani Atas, Kec. Batu, Jawa Timur. Kusuma Waterpark merupakan waterpark atau kolam renag yang berada di Kusuma Agro Wisata dengan berbagai wahana kolam renang yang menarik seperti Kolam Apel, Kolam Buah Naga, Kolam Jeruk, Kolam Jambu, Kolam Strawberry, dan Kolam Kopi. Wahana kolam bernuansa buah-buahan disertai dengan pemandangan kebun buah Kusuma Agro dan dingin sejuknya udara Kota Batu membuat Kusuma Waterpark layak untuk Anda Kunjungi.




15. Predator Fun Park


Predator Fun Park

        Berlokasi di Jl. Raya Tlekung No. 315, Dusun Gangsiran, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kec. Batu, Jawa Timur. Predator Fun Park merupakan satu-satunya taman predator di Jawa Timur. Dengan luas sekitar 2,8 hektar, taman ini memiliki berbagai macam permainan hibuan anak-anak dan dewasa, berbagai macam ikan predator seperti ikan pari, ikan piranha, ikan nila, aligator fish, ikan arapaima, dll, serta kurang lebih 200 ekor buaya dari berbagai jenis seperti buaya albino, nova, muara, buaya putih dan papua.
        Pengunjung dapat ikut memberikan makanan kepada satwa di sini yaitu berupa potongan daging ayam yang diikat dengan tali dan dilemparkan ke kandang penangkaran. Selain itu, di tempat ini juga disediakan wahana hiburan tambahan yaitu arena kolam memancing yang diisi oleh Ikan Patin, Lele hingga ikan Koi yang nantinya dapat langsung dibakar di sini.
        Selain itu, di tempat ini juga disediakan tempat bermain seperti trampolin, play grond, out bond, family fun house, labirin, juga cocro train untuk mengelilingi kota buaya. Yang unik dari Predator Fun Park ini adalah miniatur alun-alun kota Batu yang penghuninya miniatur buaya yang sudah diawetkan. Satu lagi yang unik di tempat ini adalah, Anda dapat menikmati aneka olahan dari daging buaya seperti Sate Buaya dan Gulai Buaya yang dapat Anda nikmati di area Food Court.




16. Museum Angkut


Museum Angkut

        Museum Angkut ini terletak di Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Kota Batu. Museum ini merupakan museum dengan koleksi alat transportasi terlengkap di Asia, dan merupakan tempat wisata pertama di Asia Tenggara yang bertema transportasi.
        Museum ini memiliki berbagai macam koleksi transportasi yang lengkap dengan ornamen dan landmark khas yang didesain sesuai zona tempatnya. Zona-zona ini meliputi Zona Edukasi, Zona Sunda Kelapa dan Batavia, Zona Jepang, Zona Uni Eropa, Zona Buckingham, Zona Las Vegas, Zona Hollywood, Zona Gangster & Broadway, Zona D'topeng Kingdom, dan Zona Pasar Apung.




17. Museum Satwa


Museum Satwa

        Museum yang berlokasi di Kelurahan Temas, dekat Oro-oro Ombo ini merupakan bagian dari Jawa Timur (Jatim) Park 2. Museum ini menyajikan satwa-satwa yang diawetkan dan fosil-fosil purba yang didatangkan dari berbagai Negara diseluruh benua, seperti benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Eropa, Artik, dan Antartika.
        Sesuai dengan tujuan didirikannya yaitu sebagai Lembaga Konservasi Ex-Situ Satwa Liar, maka seluruh satwa awetan yang ada di Museum Satwa diperoleh tidak dengan sengaja diburu tetapi diawetkan dari satwa yang telah mati. Selain itu Museum Satwa juga menyajikan replika satwa purba seperti Apatosaurus, Tyrannosaurus-Rex, Stegosaurus, Mammoth, dan replika satwa purba lainnya.




18. The Bagong Adventure Museum Tubuh

The Bagong Adventure Museum Tubuh

        Konsep dari museum yang terletak di Jl. Kartika No.2 Kec. Batu ini adalah memperkenalkan isi dan fungsi tubuh manusia. Menggunakan maskot Bagong sebagai salah satu tokoh pewayangan Indonesia, dengan harapan museum tubuh lebih dikenal berada di Indonesia.
        Museum ini memiliki berbagai zona menarik seperti Zona Gigi dan Lidah, Zona Hidung, Zona Telinga, Zona Mata, Zona Otak, Zona Pembuluh Darah, Zona Jantung, Zona Paru-paru, Zona Usus, dan Zona Permainan.



19. Gunung Panderman


        Gunung Panderman adalah sebuah gunung di Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia, dengan puncaknya yang dikenal dengan nama Basundara. Gunung ini merupakan tempat favorit bagi penghobi mendaki gunung. Dengan ketinggian puncak yang mencapai 2.045 meter, diperlukan waktu kurang lebih 3 jam untuk mendaki dan menuruni gunung ini. Rasa letih Anda akan terbayarkan ketika Anda sudah mencapai puncak gunung ini, dengan pemandangan Gunung Arjuno dan Welirang yang indah, hamparan Kota Batu dan Malang, serta jika langit sedang cerah, Anda juga dapat melihat gugusan pengunungan Tengger dan Gunung Semeru.




20. Wisata Paralayang


Wisata Paralayang

        Kota Batu juga memiliki wisata paralayang yang terletak di Gunung Banyak, Batu. Paralayang di Batu ini merupakan tempat wisata yang sangat indah dengan pemandangan alam pegunungan dan hamparan hutan yang hijau serta udara yang sejuk ditambah keindahan view Kota Batu yang dapat Anda lihat dari udara menjadikan tempat ini sebagai wisata favorit yang layak Anda kunjungi. Di tempat ini, Anda akan dipandu dengan instruktur-instruktur profesional dan yang tentunya sudah berlisensi untuk memandu Anda bermain Paralayang ini.




21. Rafting


Rafting

        Anda dapat menikmati serunya memacu adrenalin dengan mencoba bermain arung jeram atau biasa disebut rafting. Aliran sungai yang deras disertai rintangan bebatuan merupakan tantangan tersendiri untuk Anda yang suka memacu adrenalin. Ada beberapa tempat penyedia rafting favorit seperti :
Kaliwatu Rafting di Jl. Raya Pandanrejo 4 Bumiaji, Kota Batu
Sahabat Air di Jl. Mojosantri Mojorejo Junrejo, Kota Batu
Selorejo Rafting di Kec. Ngantang
Kasembon Rafting di Desa Bayem, Kasembon
Rafting Pujon di Dusun Lebaksari, Desa Ngroto RT 31 / RW 14, Kec. Pujon.




22. Alun-alun Kota Batu


Alun-alun Kota Batu

        Alun-alun Kota Batu merupakan salah satu icon wisata Kota Batu yang terletak di pusat Kota Batu. Alun-alun Batu mempunyai desain modern terdapat air mancur dengan patung buah apel raksasa tepat di tengahnya dan memiliki berbagai wahana yang menarik, salah satunya Ferris Wheel atau bianglala. Ferris Wheel ini memiliki 17 kabin yang berputar dengan berbagai warna seperti merah, kuning, dan hijau.
        Selain itu, di sini Anda dapat menikmati segala macam kuliner khas Kota Batu yang sangat cocok disantap pada dinginnya udara Kota Batu seperti Bakso dan Tahu Campur. Lalu, segala macam jajanan atau oleh-oleh khas Kota Batu seperti Keripik Apel, Wingko Apel, Jenang Apel, Teh Apel dan Ketan dapat Anda dapatkan dengan mudah di supermarket, minimarket atau toko-toko jajanan di sekitar Alun-alun Kota Batu ini sebagai cinderamata atau oleh-oleh untuk keluarga Anda di rumah.





        Itulah beberapa tempat wisata favorit di Kota Batu. Tempat wisata di Kota ini termasuk lengkap dan beragam dari mulai wisata alam, wahana, pendidikan, permainan menarik, dan kuliner khas ada di sini. Karena Kota Batu sangat terkenal akan tempat wisata, maka di Kota ini banyak terdapat tempat penginapan seperti hotel dan villa ( Baca juga : 12 Penginapan Murah di Batu ) dengan berbagai kelas dan tarif yang membuat Anda semakin betah berlama-lama di Kota Batu.



Baca Juga : 100 Wisata Pantai di Malang
Tony Effendi
22 TEMPAT WISATA MENARIK DI BATU, RECOMMENDED - written by Tony Effendi , published at 14.14, categorized as Wisata di Jawa . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID