PESONA KEINDAHAN BAWAH LAUT PULAU BUNAKEN

by Tony Effendi , at 11.31 , have 0 komentar
Karena terdiri dari kepulauan dan lautan, Indonesia dikaruniai beraneka macam taman bawah laut yang sangat indah dan populer, salah satunya di Pulau Bunaken. Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Sejak dulu, Pulau Bunaken sangat terkenal sebagai tempat wisata favorit di Indonesia, bahkan di Dunia. Bahkan, Pulau Bunaken dikenal sebagai salah satu lokasi diving terbaik. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken beserta Pulau Siladen, Pulau Mantehage, dan Pulau Naen.

Taman Laut Bunaken
Panorama Bawah Laut di Bunaken

        Taman laut Bunaken merupakan salah satu taman laut yang memiliki biodiversitas kelautan tertinggi di dunia dan keindahan bawah lautnya pun merupakan spot menyelam (diving) favorit di dunia, selain Raja Ampat di Papua. Terumbu karang di Bunaken ini merupakan tempat hidup bagi 2.000 jenis ikan dan biota laut lainnya. Spesies ikan yang umum dijumpai di sini adalah wrase, dansel, trigger, sweetlip, unicorn, dan masih banyak lagi.

Taman Laut Bunaken
Terumbu Karang dan Biota Laut lainnya di Bunaken

        Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari ke 20 titik tersebut, 12 spot selam diantaranya terdapat di sekitar Pulau Bunaken dan merupakan spot penyelaman yang sering di kunjungi oleh para penyelam dan pecinta keindahan bawah laut. Selain itu, di wilayah inilah terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.

Pantai Bunaken
Pantai di Bunaken

        Untuk dapat menikmati keindahan bawah laut di Bunaken, Anda dapat menyewa peralatan menyelam seperti masker, sepatu katak dan wet suit di beberapa tempat persewaan. Bagi Anda yang belum pernah atau belum terbiasa melakukan diving, Anda dapat memakai jasa para pemandu yang akan mengajarkan Anda teknik-teknik menyelam.

        Selain menyelam, Anda juga dapat menikmati keindahan pantai dengan berjalan-jalan mengelilingi pantai maupun mengarungi lautan Bunaken dengan menyewa Kapal Katamaran ataupun Kapal Blue Banter. Di Pulau Bunaken juga terdapat hotel maupun resort mewah untuk kebutuhan akomodasi bagi para wisatawan.



CARA MENUJU KE PULAU BUNAKEN

        Jika Anda dari luar Pulau Sulawesi, Anda dapat menempuh jalur udara. Manado memiliki bandara udara Internasional Sam Ratulangi yang menghubungkan rute kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Makasar. Serta melayani penerbangan dari dan ke luar negeri seperti Kuala Lumpur, Singapura, dan Manila.

        Dari Bandara, Anda dapat menuju ke Kota Manado dengan menyewa Taxi. Dari Manado, Anda dapat menuju ke Pulau Bunaken via Pasar Bersehati atau Marina dengan menyewa kapal yang memakan waktu hanya sekitar 30 menit.

Peta Taman Nasional Bunaken
Peta Lokasi Taman Laut Bunaken





Tony Effendi
PESONA KEINDAHAN BAWAH LAUT PULAU BUNAKEN - written by Tony Effendi , published at 11.31, categorized as Wisata di Sulawesi . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID