DANAU LABUAN CERMIN, DANAU JERNIH YANG MEMILIKI 2 RASA

by Tony Effendi , at 11.33 , have 2 komentar
Pulau Kalimantan juga menyimpan kekayaan alam lainnya yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan, yaitu Danau Labuan Cermin. Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur. Danau Labuan cermin banyak dijadikan tempat wisata favorit dan cukup populer di Kalimantan. Danau ini memiliki aliran air asin di bagian bawahnya namun memiliki aliran air tawar di permukaannya dan yang menarik adalah air asin dan air tawar dari danau ini tidak bercampur jadi satu, tetapi terpisahkan oleh lapisan yang keruh seperti awan.

Danau Labuan Cermin
Danau Labuan Cermin, Kec. Biduk-biduk, Kalimantan Timur

        Karena Danau Labuan Cermin memiliki "dua rasa", maka di dalamnya juga terdapat 2 jenis organisme yang hidup. Ikan air asin hidup di bagian bawahnya, sedangkan ikan air tawar hidup di bagian atas atau permukaannya. Jika beruntung, Anda dapat melihat langsung ikan-ikan tersebut karena air di Danau Labuan Cermin sangat jernih. Tak salah jika danau ini disebut Labuan Cermin, karena saat Anda menatap danau ini, Anda dapat bercermin di atas permukaannya.

Jernihnya air Danau Labuan Cermin
Air Danau Labuan Cermin yang jernih

        Di sini, Anda dapat berenang-renang ataupun Snorkeling sepuasnya tetapi perlu diingat, tetap menjaga dan jangan merusak ekosistem atau sesuatu di dalamnya demi menjaga keindahan danau ini supaya tetap cantik. Air di danau ini sangat dalam, jadi bagi Anda yang mengajak anak kecil atau buah hati Anda dimohon agar lebih berhati-hati.

        Selain Berenang dan Snorkeling, Anda juga dapat berkeliling danau dengan perahu maupun mengabadikan moment dengan berfoto-foto. Selain itu, Anda juga dapat menikmati Sunset atau mungkin mengitari pepohonan bakau sambil menikmati pemandangan yang indah di sekitar danau.


CARA MENUJU KE DANAU LABUAN CERMIN

        Jika Anda berasal dari luar Pulau Kalimantan, Anda dapat menempuh jalur udara dengan menggunakan maskapai penerbangan tujuan Tanjung Redep, Ibukota Kabupaten Berau. Namun, biasanya pesawat yang bertujuan ke Bandara Kalimarau di Kabupaten Berau akan transit terlebih dulu di Bandara Spinggan, Balikpapan.

        Sesampainya di Kabupaten Berau, Anda dapat menggunakan jasa travel dari Berau menuju ke Kecamatan Biduk-Biduk yang memakan waktu perjalanan sekitar 6-7 jam. Sesampainya di Kecamatan Biduk-Biduk, Anda dapat menuju ke tempat persewaan perahu yang akan mengantarkan Anda ke Danau Labuan Cermin.

        Perjalanan dari tempat persewaan perahu ke Danau Labuan Cermin hanya beberapa menit saja. Sepanjang perjalanan ke danau, Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dan jika beruntung Anda dapat melihat biota-biota air seperti ikan bahkan penyu yang dapat Anda saksikan secara langsung karena airnya sangat jernih.

Perahu yang digunakan ke Danau Labuan Cermin
Perahu yang digunakan ke Danau Labuan Cermin





Tony Effendi
DANAU LABUAN CERMIN, DANAU JERNIH YANG MEMILIKI 2 RASA - written by Tony Effendi , published at 11.33, categorized as Wisata di Kalimantan . And have 2 komentar
2 komentar Add a comment
Batu Hiu Pangandaran
Jernihnyaa... Jadi pingin lompat aja

hehe..
Tony Effendi
Asal jangan diminum ya airnya, hehee... :)
Reply Delete
Cancel Reply
GetID