PANTAI APPARALANG, SURGA TERSEMBUNYI DI BULUKUMBA

by Tony Effendi , at 11.06 , have 0 komentar
Pulau Sulawesi juga memiliki surga yang tersembunyi yaitu Pantai Apparalang. Pantai ini disebut-sebut memiliki kemiripan dengan Raja Ampat Papua yang memang sudah tersohor itu, tak heran banyak yang menyebut bahwa Pantai Apparalang merupakan Raja Ampat-nya Bulukumba. Bulukumba memang dikenal sebagai destinasi wisata Pantai yang indah, seperti Pantai Bara, Tanjung Bira, dan Pantai Apparalang. Pantai-pantai di Bulukumba adalah tempat wisata favorit di Sulawesi, dan sangat terkenal akan keindahannya yang mempesona.

Tebing dan Karang di Pantai Apparalang
Pantai Apparalang

        Pantai Apparalang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Pantai Apparalang ini memiliki panorama pantai yang sangat indah dengan tebing-tebing yang curam dan batuan karang, sehingga dijuluki Raja Ampat versi Bulukumba. Udara yang sejuk dan suasana yang tenang membuat Anda serasa di pantai pribadi karena memang Pantai Apparalang ini tak seramai dan sepopuler Tanjung Bira, namun hal itulah yang biasanya dicari para wisatawan yang menginginkan ketenangan saat berlibur maupun menginginkan berwisata di tempat yang tak mainstream.

         Di pantai ini, Anda dapat melihat keindahan pantai di atas tebing sambil menikmati sejuknya angin yang berhembus. Anda pun bisa melihat deburan ombak yang menghantam karang dan tebing atau merasakan jernihnya air pantai dengan turun langsung ke bawah tebing menggunakan anak tangga dari kayu yang sudah disediakan. Biasanya di sini juga sering dijadikan tempat memancing bagi penduduk lokal. Namun perlu diingat, jangan membuang sampah sembarangan dan tetap jaga kebersihan serta kelestarian lingkungan dimanapun Anda berlibur.

Air Pantai Apparalang yang jernih
Anda dapat turun ke bawah menggunakan anak tangga yang sudah disediakan



CARA MENUJU KE PANTAI APPARALANG

Karena lokasi Pantai Apparalang berdekatan dengan Pantai Tanjung Bira, maka akses menuju ke Pantai Apparalang sama dengan jalur atau rute ke Pantai Tanjung Bira yang pernah saya ulas sebelumnya. Akses ke Pantai Apparalang masih satu jalur dengan Tanjung Bira, kurang lebih 30 menit perjalanan dari Tanjung Bira.

        Jika masih bingung, kurang lebih 5 km sebelum memasuki Tanjung Bira, Anda akan menjumpai pertigaan jalan menuju ke SMKN 6 Perkapalan Bulukumba. Di pertigaan tersebut belok kiri lalu Anda akan melewati SMKN 6 Perkapalan Bulukumba, setelah itu Anda akan menjumpai Gerbang Pantai Apparalang. Setelah memasuki gerbang, Anda akan menjumpai lahan parkir yang luas.

        Sebenarnya jarak Pantai Tanjung Bira dan Pantai Apparalang tak terlalu jauh, namun akses jalannya yang masih sulit. Perjalanan menuju ke Pantai Apparalang lebih baik ditempuh menggunakan motor (ada banyak rental motor di Tanjung Bira) ataupun menggunakan mobil SUV yang tangguh karena kontur jalan yang curam, berbatu, dan berlubang.


TIPS

Di Pantai Apparalang, Anda tak akan menjumpai penginapan, warung atau kios penjual makanan. Tetapi, ada beberapa warga sekitar yang berjualan makanan dan minuman namun saat momen-momen tertentu saja seperti akhir pekan dan musim liburan saat ramai oleh wisatawan saja. Jadi, alangkah baiknya jika Anda membawa sendiri bekal makanan dan minuman.




Tony Effendi
PANTAI APPARALANG, SURGA TERSEMBUNYI DI BULUKUMBA - written by Tony Effendi , published at 11.06, categorized as Wisata di Sulawesi . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID