20 TEMPAT WISATA FAVORIT DI BALI YANG WAJIB DIKUNJUNGI

by Tony Effendi , at 20.11 , have 0 komentar
Bali merupakan sebuah Provinsi di Indonesia dan mempunyai aneka tempat wisata yang sangat terkenal se-Indonesia dan juga dunia. Bahkan, banyak orang-orang mancanegara yang rela jauh-jauh datang ke Bali demi menikmati berbagai tempat wisata di pulau ini. Pulau yang beribukota di Kota Denpasar ini terletak di sebelah timur Pulau Jawa, Indonesia.

        Untuk menuju ke Pulau Bali, Anda dapat menggunakan jalur udara yang landing dan take off di Bandara International Ngurah Rai, Bali. Namun untuk Anda yang berada di Jawa Timur, Anda dapat menggunakan Kapal Feri yang menghubungkan Pelabuhan Gilimanuk di Kabupaten Jembrana dengan Pelabuhan Ketapang di Kabupaten Banyuwangi.

        Sejak dulu, Bali memang dikenal memiliki banyak tempat-tempat wisata yang indah, tempat-tempat wisata di Bali seringkali menjadi destinasi favorit ketika berlibur. Lalu, apa saja Tempat Wisata yang Indah dan Populer di Bali tersebut?



1. Pantai Kuta


Pantai Kuta

Pantai Kuta merupakan pantai yang terkenal dan yang paling populer untuk dikunjungi wisatawan ketika berada di Bali. Pantai ini terletak di Kabupaten Badung, Kecamatan Kuta, Bali. Lokasinya berjarak sekitar 1,5 km atau sekitar 5 menit dari Bandara Ngurah Rai  dan sekitar 20 menit dari Denpasar.
        Pantai Kuta dahulu merupakan sebuah pelabuhan dagang, tempat produk lokal diperdagangkan untuk pembeli dari luar pulau Bali. Barulah pada tahun 70an pantai ini menjadi objek wisata andalan di Pulau Bali.
        Karena letaknya yang strategis, Pantai Kuta merupakan tujuan utama wisatawan ketika di Bali. Pemandangan sunset di Pantai ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Selain itu, ombak di pantai ini juga cocok digunakan untuk olahraga selancar ( surfing ), terutama bagi peselancar yang masih pemula. Lokasi surfing yang paling populer di Pantai Kuta ini terkenal dengan nama Kuta Reef yang berjarak sekitar 800 meter dari lepas pantai. Untuk dapat mencapai ke Kuta Reef, Anda dapat menggunakan kapal-kapal yang disewakan di sekitar kawasan Pantai Kuta.
        Pantai Kuta memiliki pasir yang putih dengan air lautnya yang biru serta dilengkapi berbagai fasilitas umum yang memadai seperti tempat parkir, kamar mandi umum, payung pantai, kios makanan dan minuman, dan persewaan papan selancar yang disediakan untuk para wistawan.
        Selain itu, Anda juga dapat menjumpai beberapa restoran, bar, dan hotel ( baca juga : 21 Hotel Murah di Kuta ) di Pantai Kuta ini. Pantai yang indah dan fasilitas yang lengkap membuat Pantai Kuta ini wajib untuk Anda kunjungi ketika berada di Bali.




2. Pantai Sanur


Pantai Sanur

Pantai Sanur adalah pantai dikenal dengan sebutan Sunrise Beach ( pantai matahari terbit ) karena keindahan panorama matahari terbit nya ini. Lokasinya yang berada di sebelah timur Pulau Bali, tepatnya di sebelah timur Kota Denpasar menjadikan Pantai Sanur ini spot yang tepat untuk menikmati indahnya matahari terbit di Pulau Bali.
        Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang, sehingga Pantai Sanur kurang cocok digunakan untuk surfing. Pantai Sanur sering digunakan untuk Snorkeling ( menyelam ) yang lokasinya tak jauh dari pantai ini. Untuk Anda yang baru belajar di dunia menyelam, jangan khawatir karena lokasi Snorkeling di sini sangatlah aman untuk pemula.
        Untuk fasilitas, Pantai Sanur ini cukup lengkap. Di Pantai Sanur ini telah dibangun beberapa Gazebo yang dilengkapi tempat duduk untuk menunggu datangnya matahari terbit. Selain itu, di pantai ini juga telah disediakan beberapa restoran, cafe, art shop, dan berbagai hotel pilihan ( baca juga : Hotel Murah di Pantai Sanur ) untuk menunjang segala kebutuhan berwisata Anda.




3. Pantai Legian


Pantai Legian

Pantai Legian berada tak jauh dari Pantai Kuta, tepatnya berada di sebelah utara Pantai Kuta. Legian merupakan kawasan wisata di Bali yang tidak begitu luas, namun sepanjang daerah Legian ini semuanya merupakan kawasan pinggir pantai.
        Banyak wisatawan asing yang sering menyebut Pantai Legian ini dengan sebutan Legian Beach in Indonesia. Bahkan, banyak majalah Tour and Travel yang menuliskan bahwa Pantai Legian adalah salah satu pantai yang harus dikunjungi. Pantai Legian ini memberikan kesan Resort dan lebih cocok bagi Anda yang menyukai ketenangan dan suasana santai daripada Pantai Kuta yang selalu ramai pengunjung.
        Pantai Legian memiliki pasir yang putih, sama seperti Pantai Kuta namun dengan suasana yang relatif lebih sepi. Di Pantai ini, wisatawan yang paling mendominasi adalah wisatawan mancanegara terutama wisatawan yang berasal dari Australia karena di pantai ini banyak disediakan hotel dengan tarif yang murah. Sealin itu, di Pantai Legian ini banyak terdapat nightclub, diskotik, dan pub.




4. Tanah Lot


Tanah Lot

Tanah Lot merupakan tempat yang terdapat dua Pura di atas batu besar. Satu terletak di bongkahan batu, dan yang satunya lagi terletak di atas tebing. Pura ini merupakan tempat untuk memuja Dewa Laut dan merupakan bagian dari Pura Dang Kahyangan.
        Tanah Lot memiliki keindahan alam yang luar biasa, selain itu Tanah Lot juga terkenal sebagai tempat untuk melihat matahari terbenam. Pada saat laut pasang, Anda tidak dapat mendekat ke Pura Tanah Lot karena di sekitar batu penyannga Pura Tanah Lota akan digenangi air laut. Saat air surut, Anda dapat melihat beberapa ular laut jinak yang menurut warga sekitar merupakan penjaga Pura Tanah Lot. Anda juga dapat memegang ular suci yang sudah jinak dan tidak berbahaya di tempat ini.
        Selain itu, di Tanah Lot ini sudah dipasang tetrapod sebagai pemecah ombak dan memperkuat tebing disekeliling Pura berupa karang buatan untuk mencegah abrasi dan pengikisan akibat ombak dan angin. Semuanya itu dilakukan Pemerintah Bali demi bertujuan untuk pengamanan daerah pantai di Bali.




5. Danau Beratan Bedugul


Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Lokasi danau ini dapat Anda tempuh sekitar 6 km dari Bandara Ngurah Rai Bali dan sekitar 41 km jika dari Kota Singaraja.
        Lokasi Danau Beratan berada di area yang dikelilingi oleh pegunungan yang membentang luas dan sangat asri. Di Danau Beratan Bedugul ini terdapat Pura yang bernama Pura Ulun Danu, Pura Ulun Danu ini terletak di pinggir Danau Beratan Bedugul dan merupakan salah satu daya tarik dari danau ini. Pura Ulun Danu merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan.
        Selain itu, di Danau Beratan ini Anda dapat menikmati permainan air dan menyewa perahu atau kapal boat untuk mengarungi Danau Beratan. Bagi Anda yang hoby memancing, Anda bisa menyalurkan hoby Anda tersebut untuk memancing di danau ini. Namun jika Anda tidak membawa peralatan memancing sendiri, tak usah khawatir karena di sini juga telah tersedia jasa persewaan alat memancing sekaligus umpan ikannya.
        Di sekitar Danau Beratan ini juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan atau cemilan. Selain itu juga terdapat berbagai restoran yang menyajikan beberapa menu-menu andalan, seperti ikan bakar segar.




6. Garuda Wisnu Kencana ( GWK )


Garuda Wisnu Kencana ( GWK )

Garuda Wisnu Kencana atau yang biasa disingkat GWK merupakan taman wisata budaya yang terletak di Tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, berjarak sekitar 40 km sebelah selatan Denpasar.
        Garuda Wisnu Kencana adalah patung yang sangat besar karya dari I Nyoman Nuarta, seorang seniman patung terkenal di Bali. Di lokasi ini juga direncanakan akan dibangun sebuah landmark atau maskot Bali, yaitu patung Dewa Wisnu yang sedang menunggangi Garuda dengan ukuran yang besar dan memiliki ketinggian mencapai 12 meter.
        Selain patung, area GWK ini juga mempunyai beberapa tempat rekreasi menarik seperti Wisnu Plaza, Street Theater, Lotus Pond, Indraloka Garden, Ampitheatre dan Tirta Agung.




7. Pura Uluwatu


Pura Uluwatu

Pura Uluwatu atau Pura Luhur Uluwatu adalah Pura yang terletak di wilayah desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung. Pura yang memiliki suasana religius ini terletak di atas tebing batu karang yang tinggi dan menjorok ke laut. Selain pemandangan alamnya yang sangat indah, Anda juga dapat melihat pemandangan matahari tenggelam atau sunset yang juga sudah terkenal akan keindahannya.
        Ketika Anda berada di Pura ini, Anda akan melihat sejumlah kera yang dipercaya oleh penduduk Bali sebagai penjaga kesucian Pura Ulawatu. Bagi Anda yang ingin memasuki area Pura Ulawatu, Anda diwajibkan harus memakai sarung dan selendang yang merupakan simbol penghormatan kepada kesucian Pura Ulawatu. Di depan Pura ini juga terdapat hutan kecil yang dinamakan Alas Kekeran, yang berfungsi sebagai penyangga kesucian Pura. Selain itu, Anda juga akan disuguhi oleh tarian tradisional khas Bali, yaitu Tari Kecak Uluwatu yang dimainkan sekitar 50 hingga 100 orang penari.
        Pura Uluwatu juga memiliki pantai yang terletak di bawahnya, yaitu Pantai Pecatu. Pantai Pecatu ini memiliki ombak yang cocok untuk olahraga berselancar atau surfing, bahkan event-event surfing bertaraf International sering diadakan di pantai ini.




8. Pantai Lovina

Pantai Lovina

Pantai Lovina adalah objek wisata pantai yang terletak di Bali Utara, tepatnya di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali, sekitar 9 km sebelah barat Kota Singaraja. Pantai Lovina memiliki hamparan pasir yang berwarna hitam dan merupakan pantai dengan keindahan alam yang masih alami.
        Selain keindahannya, Anda dapat menjumpai ikan Lumba-lumba yang biasanya berenang-renang di sekitar 1 km dari bibir pantai. Untuk melihat Lumba-lumba tersebut, Anda dapat menyewa perahu-perahu yang disewakan oleh para nelayan. Lumba-lumba tersebut akan bermunculan sekitar jam 6 hingga 8 pagi, oleh karena itu Anda harus berangkat dari bibir pantai sebelum matahari terbit untuk menikmati atraksi Lumba-lumba liar tersebut.
        Selain menyaksikan atraksi Lumba-lumba liar, terdapat juga objek wisata menyelam. Ada aneka ragam ikan, batuan karang, dan biota laut lainnya yang sangat cantik dapat Anda temui di sini.




9. Sangeh

Sangeh

Sangeh merupakan kawasan wisata yang terletak di Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. Berjarak sekitar 50 km dan memakan waktu kurang lebih 45 menit dari ibukota Denpasar. Sangeh adalah kawasan hutan lindung yang luasnya sekitar 14 hektar dan banyak ditumbuhi pohon-pohon Pala ( dipterrocarpustrinervis ) yang rata-rata memiliki ketinggian sekitar 50 meter.
        Selain kawasan hutan lindung, di Sangeh ini Anda akan menjumpai banyak Kera-kera liar. Kera- kera ini dianggap keramat oleh warga sekitar sehingga Anda tidak boleh mengganggu Kera-kera yang hidup di kawasan hutan Sangeh ini. Kera-kera ini suka sekali mengambil makanan yang dibawa oleh para wisatawan.
        Di tengah hutan ini juga terdapat Pura yang bernama Pura Bukit Sari. Pura Bukit Sari ini dibangun oleh kerajaan Mengwi dan diserahkan kepada penduduk setempat.




10. Danau Batur Kintamani

Danau Batur Kintamani

Danau ini terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Lokasi danau ini berada di lereng gunung Batur, oleh sebab itu dinamakan Danau Batur Kintamani karena letaknya di lereng gunung Batur di Kintamani. Letak danau ini berada di ketinggian 1.050 di atas permukaan laut dan merupakan danau terluas yang ada di Bali. Luas danau ini mencapai 16 km persegi dengan kedalaman airnya yang rata-rata mencapai kedalaman 50,8 meter.
        Air Danau Batur ini sangat alami, karena berasal dari air hujan dan rembesan air yang berasal dari hutan yang berada di pegunungan. Untuk mengarungi keindahan danau ini, Anda dapat menggunakan perahu atau sampan yang telah disediakan oleh warga sekitar. Selain itu, bagi Anda yang hoby memancing, Anda dapat menyalurkan hoby Anda di danau ini. Namun, apabila Anda tidak membawa peralatan memancing sendiri, Anda dapat menyewa peralatan memancing yang disediakan oleh warga sekitar.
       Di sini juga terdapat penginapan atau hotel-hotel dan restoran yang terletak di sekeliling perbukitan. Dengan lokasinya yang di perbukitan ini, membuat Anda dapat menikmati keindahan Danau Batur dari atas.




11. Tanjung Benoa dan Nusa Dua


Tanjung Benoa dan Nusa Dua

Tanjung Benoa merupakan wisata pantai yang berbatasan dengan Nusa Dua, berlokasi di Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Tanjung Benoa memiliki pantai yang sangat indah dengan air berwarna biru dan ombak yang tenang, serta memiliki pasir yang putih dan memiliki terumbu karang yang masih lestari.
        Pantai ini sangat ideal untuk berbagai wahana permainan air, seperti Banana Boat, Scuba Diving, Parasailing, Rolling Donut, Seawalker, Flying Fish, Snorkeling, dan lain-lain karena ombaknya yang cukup tenang. Selain itu, Anda juga dapat ke Pulau Penyu dengan menyewa perahu setempat untuk melihat Penyu raksasa dan penangkaran Kura-kura, Ular, dan Jalak Bali.
        Selain itu, di Nusa Dua dapat Anda temukan Hotel dan Resort mewah yang bertaraf Internasional tertata rapi di sini.




12. Pantai Jimbaran


Pantai Jimbaran

Terletak di wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai Jimbaran ini dapat Anda tempuh sekitar 30 menit dari Kota Denpasar, dan 10 menit dari Bandara Ngurah Rai lewat By Pass Ngurah Rai ke arah selatan. Mayoritas warga di sekitar pantai ini bekerja sebagai nelayan, tak heran kalau Pantai Jimbaran terkenal akan hasil tangkapan lautnya. Dahulu daerah Jimbaran memang sudah dikenal karena sektor perikanannya, namun semenjak banyak didirikannya Hotel-hotel & Resort ( Baca Juga : 10 Hotel Murah di Jimbaran ), maka sektor pariwisata turut menjadi andalan bagi warga di Jimbaran.
        Pantai Jimbaran ini dikenal karena kuliner di pinggir pantainya, Anda akan menjumpai deretan meja dan kursi yang telah ditata rapi di pinggir pantai oleh pemilik restoran dan cafe setempat. Menikmati hidangan laut seperti Ikan, Udang, Cumi-cumi, Kerang dan Lobster di pinggir pantai, dengan melihat panorama pantai yang indah serta hamparan pasir yang putih adalah sensasi menyenangkan yang Anda dapatkan di sini. Namun Anda tak perlu khawatir, karena ombak di pantai ini sangat tenang sehingga aman bagi Anda untuk menikmati makanan di pinggir pantai.
        Di sore hari, Pantai Jimbaran ini makin ramai pengunjung karena mereka ingin melihat pemandangan sunset atau matahari terbenam yang indah sambil menikmati berbagai hidangan di pinggir pantai ini. Selain itu, di area pantai ini terdapat penjual kerajinan tangan khas Bali, warung makanan kecil, dan pijat. Namun di pantai ini dilarang melakukan aktifitas permainan air yang menggunakan mesin.




13. Pantai Padang-Padang


Pantai Padang-Padang

Pantai Padang-padang terletak di Jl. Labuan Sait, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Lokasi ini dapat Anda tempuh sekitar 45 menit dari Bandara Ngurah Rai menggunakan kendaraan bermotor. Untuk lebih mudahnya, Anda dapat menggunakan jasa sewa mobil dan supir yang ada di Bali, dengan begitu Anda tidak perlu memikirkan cara mencari lokasi Pantai Padang-padang.
        Pemandangan yang indah dengan latar belakang perbukitan yang rindang dan batuan karang yang terjal akan Anda jumpai di pantai ini. Selain itu, Pantai Padang-padang memiliki pasir putih yang lembut dan ombaknya yang tenang di bagian pinggir pantai namun makin besar ombaknya ketika di tengah. Maka, tak heran banyak peselancar dari berbagai negara pernah mencoba berselancar di pantai ini.
        Karena keindahan pantai ini, banyak warga dan wisatawan yang memanfaatkannya untuk berfoto-foto dan foto prewedding. Bahkan, Pantai Padang-padang pernah menjadi lokasi syuting film Hollywood Eat Pray Love, yang dibintangi Julia Roberts, serta grup musik Michael Learn To Rock (MLTR) untuk syuting video klip musik mereka.




14. Pantai Dreamland


Pantai Dreamland

Pantai Dreamland terletak di daerah Pecatu. Lokasi Dreamland terletak di Bukit Unggasan, satu jalur menuju Garuda Wisnu Kencana ( GWK ). Jika Anda kesulitan mencari lokasi Pantai Dreamland, Anda dapat bertanya ke warga sekitar ketika Anda di GWK.
        Pantai ini memiliki pemandangan yang indah disertai tebing-tebing karang yang menjulang tinggi dan air lautnya yang biru dengan pasir putih yang bersih, serta ombak yang cukup besar. Karena ombaknya yang cukup besar, menjadikan pantai ini ideal untuk bermain surfing atau selancar.
        Pantai Dreamland hampir mirip seperti Pantai Kuta, namun lebih bersih. Selain itu, Anda dapat menikmati panorama sunset atau matahari tenggelam yang sangat cocok dinikmati di bawah dinding karang yang curam di Pantai Dreamland ini.




15. Pura Besakih


Pura Besakih

Pura Besakih atau Pura Agung Besakih merupakan kompleks Pura yang berlokasi di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Komplek Pura Besakih terdiri dari 1 Pura Pusat (Pura Penataran Agung Besakih) dan 18 Pura Pendamping (1 Pura Basukian dan 17 Pura Lainnya). Di Pura Basukian pertama kalinya tempat diterimanya wahyu Tuhan oleh Hyang Rsi Markendya, cikal bakal Agama Hindu Dharma sekarang di Bali, sebagai pusatnya.
        Pura Besakih merupakan Pura Terbesar di Bali dan merupakan pusat kegiatan dari seluruh Pura yang ada di Bali. Pura terbesar di kompleks Pura Besakih adalah Pura Penataran Agung, paling banyak bangunan-bangunan pelinggihnya, terbanyak jenis upakaranya dan merupakan pusat dari semua pura yang ada di kompleks Pura Besakih.
        Di Pura Penataran Agung terdapat 3 arca atau candi utama simbol stana dari sifat Tuhan Tri Murti, yaitu Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Shiwa yang merupakan perlambang Dewa Pencipta, Dewa Pemelihara dan Dewa Pelebur/Reinkarnasi. Untuk memasuki area Pura Besakih, Anda diwajibkan memakai sarung yang dapat dipinjam di sekitar lokasi Pura.




16. Arung Jeram Telaga Waja


Arung Jeram Telaga Waja

Bagi Anda yang menyukai tantangan, Anda dapat mencoba Arung Jeram di Sungai Telaga Waja. Lokasi Arung Jeram Sungai Telaga Waja terletak di Kabupaten Karangasem, Bali dan dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari area Pantai Kuta.
         Lokasi arung jeram ini memiliki panjang sekitar 16 km. Dengan airnya yang deras dan jernih serta rintangan bebatuan, membuat lokasi arum jeram ini menjadi salahsatu lokasi arum jeram favorit di Bali. Selain itu, lokasi arung jeram ini melewati berpetak-petak sawah dan pemandangan perbukitan yang hijau.
         Fasilitas arung jeram di sini juga termasuk lengkap seperti Restoran yang berada di tengah persawahan, Change Room dan Shower yang bersih dan banyak, Pelayanan Guide yang Professional, serta Transportasi penjemputan yang bersih dan nyaman.




17. Tampak Siring


Tampak Siring

Tampak Siring adalah nama sebuah Kecamatan di Kabupaten Gianyar, sekitar 1,5 jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai Bali. Tampak Siring lebih dikenal memiliki sebuah Pura yang bernama Pura Tirta Empul. Di Pura Tirta Empul terdapat mata air yang digunakan oleh masyarakat pemeluk agama Hindu, untuk permandian dan memohon tirta suci.
        Selain Pura, di Tampak Siring juga terdapat istana kepresidenan yang didirikan pada tahun 1957 – 1960 oleh presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno sebagai tempat peristirahatan beliau saat berkunjung ke Bali.




18. Pantai Seminyak


Pantai Seminyak

Pantai Seminyak atau Pantai Dhyanapura terletak di kawasan Desa Seminyak, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Pantai Seminyak memiliki pasir putih yang lembut dan landai, hampir mirip seperti Pantai Kuta dan Legian namun suasana Pantai Seminyak lebih tenang dan sepi, pas untuk Anda yang mencari nuansa formal. Anda juga dapat menikmati keindahan panorama sunset atau matahari tenggelam di Pantai Seminyak ini.
        Selain Pantai, kawasan Seminyak terkenal karena deretan Restoran, Hotel dan Resort yang berkelas. Karena itu, Pantai Seminyak cocok bagi Anda yang menginginkan penginapan privasi dan berkelas. Di garis pantai ini, terdapat juga deretan payung-payung yang khusus disediakan untuk para tamu Hotel-hotel yang ada disekitarnya. Singkatnya, Pantai Seminyak adalah kawasan elite bagi para wisatawan.
        Selain wisata, kawasan Pantai Seminyak sangat cocok bagi Anda yang suka belanja. Karena di kawasan pantai ini terdapat butik-butik mewah, restoran, dan spa kelas atas.




19. Ubud


Ubud

Ubud terletak di Kabupaten Gianyar, Bali. Lokasi Ubud yang berada di antara sawah-sawah dan hutan yang terletak di sekitar jurang-jurang dan perbukitan, membuat Ubud menjadi lokasi dengan panorama alam yang sangat indah dan hijau.
        Ubud dikenal karena kesenian yang berkembang pesat. Kesenian adalah hal yang tak dapat dipisahkan dari warga Ubud. Seni ukir dan Seni lukis seniman Ubud merupakan kesenian yang terkenal di Bali. Sejak tahun 1930an karya seniman Ubud sudah terkenal hingga ke wisatawan Eropa.
        Di Ubud terdapat beberapa kawasan wisata kesenian yang terkenal, kawasan-kawasan wisata kesenian tersebut antara lain Museum Rudana dan Rudana Fine Art Gallery, Museum Puri Lukisan dan Puri Agung Ubud. Di Ubud juga terdapat kawasan hutan sakral yang disebut Wenara wana atau Hutan kera, karena terdapat ratusan kera yang tinggal di hutan ini selama ratusan tahun.
        Selain itu bagi Anda yang menyukai tantangan, Anda dapat mencoba Arung jeram yang berada di Kali Ayung, wilayah barat Ubud. Selain arung jeram, Anda juga dapat menikmati pemandangan yang indah.




20. Pantai Pandawa


Pantai Pandawa

Pantai Pandawa terletak di area Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali sekitar 18 km atau satu jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai Bali. Pantai Pandawa, oleh wisatawan asing terutama wisatawan asal Australia sering disebut sebagai Secret Beach atau Pantai Rahasia karena letaknya di balik perbukitan. Namun, masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya dengan Pantai Kutuh.
        Pemandangan pantai ini sangat indah dengan air lautnya yang biru, pasir yang putih dan ombak yang tenang, dan bebas polusi menjadikan pantai ini cukup tenang untuk dinikmati. Untuk memasuki kawasan pantai Kutuh, anda harus melewati sebuah jalan yang diapit oleh tebing batu yang terjal, di tebing terjal ini terdapat patung dari kelima Pandawa, karena itu dinamakan Pantai Pandawa.
        Panjang rentangan pantai ini mencapai 1 km dengan dibatasi oleh tebing kapur membuat pantai ini sangat diminati oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Fasilitas yang tersedia di pantai ini juga cukup lengkap, seperti tempat parkir yang luas, tempat makan, pijat tradisional, dan persewaan Kano untuk sarana permainan air.



        Itulah beberapa tempat wisata favorit di Bali, keindahan alam yang Tuhan ciptakan di Bali sungguh luar biasa. Sebenarnya di Pulau Bali masih banyak lagi tempat-tempat wisata yang sangat indah. Bahkan, ada beberapa dari tempat wisata tersebut yang masih tersembunyi atau belum banyak orang yang tahu.


Baca Juga : Broken Beach (Pantai Pasih Uug), Pantai Unik dan Menarik di Bali

Tony Effendi
20 TEMPAT WISATA FAVORIT DI BALI YANG WAJIB DIKUNJUNGI - written by Tony Effendi , published at 20.11, categorized as Wisata di Bali . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID