DANAU KAOLIN, BEKAS PENAMBANGAN YANG INDAH

by Tony Effendi , at 22.07 , have 0 komentar
Bangka Belitung merupakan merupakan Provinsi yang terdiri dari 2 pulau utama, yakni Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Letaknya di bagian timur Pulau Sumatera. Bangka Belitung sudah terkenal akan keindahan wisata pantainya, terutama setelah kemunculan film Laskar Pelangi tahun 2008 silam. Kekayaan alam dan ekosistem lautnya yang indah membuat Kepulauan Bangka Belitung ini begitu cepat populer sebagai destinasi wisata.

Danau Kaolin
Danau Kaolin, Belitung

        Namun apa jadinya jika ekosistem alam dirusak oleh manusia? pasti tak enak dilihat dan mengacaukan keseimbangan alam. Namun, yang terjadi di Pulau Bangka ini lain ceritanya. Pulau Bangka memiliki danau yang indah (walau sebenarnya miris juga) bernama Danau Kaolin. Danau Kaolin ini sebenarnya bukanlah danau yang terbentuk dari alam seperti danau-danau pada umumnya, namun danau ini adalah bekas penambangan Kaolin yang dibiarkan menganga begitu saja tanpa adanya perlakuan perbaikan kembali. Kaolin sendiri merupakan bahan baku pembuatan kertas, kosmetik, cat dll. yang cukup digemari karena bersifat halus, putih, bersih, kuat dan memiliki daya hantar listrik & panas yang rendah. Sekilas, Danau Kaolin ini terlihat seperti Kawah Putih di Ciwidey, Bandung. Bedanya, Kawah Putih terbentuk oleh alam sedangkan Danau Kaolin tidak.

        Jika dilihat, timbunan Kaolin di sini seperti perbukitan serta lubang bekas galiannya (yang terisi air) seperti Danau. Danau Kaolin ini terlihat seperti Danau dengan lapisan-lapisan es dengan tanah sekitarnya yang membeku, mirip seperti danau di negara-negara beriklim dingin. Di sini banyak terdapat bekas lubang galian, sehingga tampak seperti kumpulan banyak danau dalam satu lokasi. Untuk dapat melihat Danau Kaolin ini, Anda tak perlu susah-susah melewati pegunungan ataupun hutan belantara. Cukup berhenti di pinggir jalan saja, Anda sudah dapat menikmati keindahan danau-danau tersebut karena lokasinya yang cukup mudah diakses. Danau Kaolin terletak di Jl. Murai, Desa Perawas, Kecamatan Tanjung Pandan, Belitung atau sekitar 10 km dari Bandara HAS Hananjoedin arah Kota Tanjung Pandan.

Bekas Penambangan Kaolin
Lubang-lubang bekas penambangan Kaolin

        Danau Kaolin ini sangat sempurna untuk dijadikan objek foto-foto, karena orang tak akan menyangka kalau danau tersebut merupakan bekas galian penambangan. Danaunya pun terbilang cukup aman, karena tak mengeluarkan bau belerang seperti danau-danau vulkanik (karena hanyalah bekas galian). Makanya banyak warga sekitar yang memanfaatkan air danau tersebut untuk mandi. Anda pun juga bisa memanfaatkan air danau tersebut untuk berenang-renang, selain menikmati keindahan danaunya.

        Di lokasi Danau Kaolin ini belum terdapat fasilitas seperti di tempat-tempat wisata pada umumnya, karena memang di tempat ini (aslinya) bukanlah tempat wisata dan sejauh ini belum ada yang mengelolanya. Namun jika Anda mencari Hotel atau penginapan, Anda bisa mencarinya di Kota Tanjung Pandan karena jarak lokasi Tanjung Pandan dan Danau Kaolin ini tak begitu jauh.

     
Tony Effendi
DANAU KAOLIN, BEKAS PENAMBANGAN YANG INDAH - written by Tony Effendi , published at 22.07, categorized as Kepulauan . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID