WISATA DI LUMAJANG, KEINDAHAN 3 AIR TERJUN YANG EKSOTIS

by Tony Effendi , at 12.11 , have 0 komentar
Potensi wisata di Lumajang sangat menarik untuk digali lebih dalam, wilayah Kabupaten Lumajang yang luas banyak menyimpan kekayaan dan keindahan alam yang menarik untuk dikunjungi. Wilayah yang dikenal memiliki Gunung Berapi tertinggi di Pulau Jawa ini, banyak menyimpan potensi wisata yang (bahkan) masih tersembunyi atau belum banyak orang yang mengetahuinya. Tak hanya Gunung Semeru saja yang menjadi tempat wisata yang populer dan favorit di Lumajang, namun ada juga beberapa Air Terjun yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Letak atau lokasi air terjun ini saling berdekatan, sehingga Anda dapat mengunjungi ketiganya dalam satu waktu. Dan, beberapa Air Terjun yang indah di Lumajang tersebut antara lain,



1. GOA TETES

        Merupakan kombinasi Goa dan Air Terjun dalam satu tempat ditambah deretan stalagtit dan stalagmit yang membuat Goa Tetes ini terlihat natural. Di goa ini juga terdapat bebatuan yang berlapis belerang dan ada juga yang ditumbuhi lumut, sehingga memadukan warna kuning keemasan dan kehijauan yang sangat eksotis. Jadi, Air Terjun Goa Tetes ini adalah Goa yang selalu dialiri air di atasnya, sehingga untuk memasukinya, mau tak mau Anda harus berbasah-basahan. Disarankan membawa pakaian ganti jika ingin memasuki area Goa Tetes ini.

Goa Tetes, Lumajang

        Air Terjun Goa Tetes ini terletak di Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang. Lokasi Goa Tetes ini cukup jauh dari Kota Lumajang, sekitar 55 km. Letaknya di perbatasan Malang - Lumajang. Untuk mencapai lokasinya, Anda dapat menggunakan Sepeda Motor maupun Mobil, atau bisa juga menggunakan Bus dari Terminal Arjosari, Malang. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, Anda bisa memarkirnya di tempat penitipan kendaraan.

        Untuk mencapai lokasi Goa Tetes sendiri, Anda harus berjalan kaki menuruni anak tangga sejauh lebih dari 1km, di tengah perjalanan merupakan turunan curam dengan anak tangga terbuat dari batu sehingga mudah dilalui. Saat memasuki Goa Tetes jalan semakin sulit karena harus melalui tebing bebatuan yang dialiri air, ditambah lagi tumbuhnya lumut di bebatuan membuat Anda harus hati-hati memilih jalan yang akan dipijak. Di kawasan Goa Tetes ini juga terdapat warung atau penjual makanan dan tempat beristirahat untuk mengumpulkan tenaga kembali.



2. AIR TERJUN TUMPAK SEWU

        Air Terjun Tumpak Sewu sering disebut juga dengan nama Coban Sewu ataupun Grojogan Sewu yang bila diartikan dalam Bahasa Jawa adalah "Air Terjun Seribu". Walau dalam kenyataannya tak berjumlah seribu seperti namanya karena masyarakat Jawa umumnya menyebut sesuatu yang berjumlah banyak dengan kata "sewu" atau seribu (contoh : lawang sewu yang berarti "pintu seribu", karena pintunya banyak walau tak sampai seribu).

Air Terjun Tumpak Sewu, Lumajang

        Dari nama tersebut bisa disimpulkan bahwa Air Terjun ini berjumlah banyak, dan kenyataannya memang benar. Air Terjun ini terdiri dari beberapa air yang mengalir dari atas dengan jumlah yang sangat banyak, serta sangat tinggi. Tinggi Air Terjun Tumpak Sewu ini mencapai 180 meter dengan aliran air yang banyak. Tipe air terjun seperti ini, hampir mirip seperti Air Terjun Niagara, AS yang sangat mendunia itu.

        Untuk menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu ini, Anda dapat berangkat dari Malang menuju Lumajang melalui rute Bululawang - Dampit - Tirtomoyo - Pronojiwo. Lalu, sekitar 100 meter sebelum melewati Tugu perbatasan Kabupaten Malang - Lumajang, ada gang turun di kiri jalan jika dari arah Lumajang kemudian lurus sampai sungai, lalu motor bisa diparkir di gubuk penambang pasir. Anda bisa melanjutkan perjalanan ke air terjun dengan berjalan kaki menyusuri sungai sekitar 200 meter, setelah itu Anda akan menjumpai air terjun ini. Rute menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu ini dapat dilalui dengan Sepeda Motor maupun Mobil, sama seperti ke Goa Tetes.

        Jalur menuju air terjun di atas tadi akan mengantarkan Anda untuk melihat air terjun dari atas. Tetapi jika Anda ingin melihat atau mendekati air terjun dari bawah, Anda bisa turun ke bawah menggunakan anak tangga dari bambu yang sudah disediakan. Namun, Anda harus lebih berhati-hati karena medannya licin dan berbahaya.

Walaupun dilihat dari atas atau bawah, Air Terjun Tumpak Sewu ini tetap terlihat indah dan mempesona. Ditambah lagi deretan pepohonan yang mengitarinya dan udaranya yang sejuk turut melengkapi keindahan yang dipancarkan oleh air terjun ini.



3. AIR TERJUN KAPAS BIRU

        Satu lagi Air Terjun di Lumajang yang menarik untuk dijadikan Destinasi Wisata, yaitu Air Terjun Kapas Biru. Keindahan Air Terjun Kapas Biru ini adalah tebingnya yang tinggi dan dialiri air di tengah-tengahnya, serta ditumbuhi pepohonan di sekitarnya membuat air terjun ini sangat indah, eksotis, dan begitu asri. Ditambah udara yang sejuk membuat tempat wisata ini begitu menyegarkan.

Air Terjun Kapas Biru, Lumajang

        Air Terjun Kapas Biru terletak di Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur. Jika dari arah Lumajang, 300 meter setelah melewati Lapangan Pronojiwo, ada persimpangan jalan belok kiri ada banner bertuliskan "Air Terjun Kapas Biru". Jika dari arah Malang, Anda dapat menempuh rute Malang - Turen - Dampit - Pronojiwo. Setelah itu cari Kantor Polisi (Polsek) Pronojiwo, tak jauh dari Polsek Pronojiwo ada tikungan, ada jalan cor di sebelah kanan. Lalu masuki jalan cor tersebut sampai ujung. Kondisi jalan ke Air Terjun Kapas Biru ini sudah cukup baik, sehingga sangat mudah dilalui Sepeda Motor dan Mobil.

        Setelah Anda menitipkan kendaraan di parkiran, perjalanan menuju Air Terjun Kapas Biru harus Anda tempuh dengan berjalan kaki sejauh 2 km dengan turunan yang cukup curam, dengan kemringan sekitar 40 - 45 derajat dan harus turun melewati anak tangga dengan kemiringan 90 derajat.

        Namun, segala usaha Anda untuk mencapai Air Terjun Kapas Biru ini tak akan sia-sia. Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat mempesona. Rasa lelah selama perjalanan seakan sirna, dan terbayar tuntas dengan menikmati Keindahan Air Terjun Kapas Biru ini.



Tony Effendi
WISATA DI LUMAJANG, KEINDAHAN 3 AIR TERJUN YANG EKSOTIS - written by Tony Effendi , published at 12.11, categorized as Wisata di Jawa . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID