PANTAI SENDANG BIRU & PULAU SEMPU, WISATA FAVORIT DI MALANG

by Tony Effendi , at 00.02 , have 0 komentar
Pantai Sendang Biru adalah Wisata Pantai Populer di Malang, Jawa Timur. Pantai ini merupakan pantai pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia. Pantai Sendang Biru terletak di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini juga merupakan akses menuju ke Pulau Sempu dan Segara Anakan. Walaupun letaknya di pesisir selatan Pulau Jawa yang terkenal memiliki pantai berombak besar, namun Pantai Sendang Biru ini memiliki ombak yang tenang.

Pantai Sendang Biru
Pantai Sendang Biru, Malang

        Pemandangan laut yang indah akan tersaji di Pantai Sendang Biru ini. Pantai ini memiliki air laut yang biru, dengan pasirnya yang putih. Ditambah lagi deretan perbukitan hijau yang mengelilingi pantai turut menambah keasrian pemandangan di Pantai Sendang Biru ini. Saat duduk-duduk di pinggran pantai, Anda juga dapat melihat Pulau Sempu dari kejauhan. Selain itu, di Pantai Sendang Biru ini juga terdapat Penginapan dan Guest House, ideal bagi Anda yang berasal dari jauh.

        Di pinggiran pantai ini banyak terdapat Perahu atau Kapal nelayan yang bersandar. Kapal-kapal tersebut tak hanya digunakan oleh para nelayan untuk mencari ikan saja , namun juga ada yang disewakan untuk wisatawan. Anda bisa menyewa untuk berkeliling pantai atau melihat langsung pemandangan bawah laut dari tengah-tengah pantai. Di sini, pemandangan karang bawah laut serta ikan-ikan kecil yang mengitarinya dapat Anda lihat dengan jelas. Perahu-perahu tersebut dapat memuat 12 orang penumpang. Selain menikmati keindahan pantai, Anda juga bisa berenang-renang dan memancing ikan.

        Selain itu, Salah satu daya tarik dari Pantai Sendang Biru adalah Pasar Ikan atau Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Kawasan Pantai Sendang Biru memang kaya akan hasil laut. Anda dapat menemui ikan Tongkol, Tuna, Tenggiri Teri, Lemurung, Ikan Kembung, Kerapu, Kakap Putih & Merah, Ikan Pari, Ikan Cucut, Bawal Putih, Cumi-cumi, dan Lobster. Harga-harga ikan di sini juga cukup murah, namun harga-harga ikan tersebut juga mengikuti musimnya. Saat ombak tinggi, harga ikan juga tinggi karena nelayan berhenti melaut sehingga stok ikan menipis. 



PULAU SEMPU

        Sebelum Anda memasuki kawasan Pulau Sempu, Anda harus melakukan izin terlebih dulu di Resort Konservasi Wilayah Pulau Sempu yang lokasinya tak jauh dari tempat penitipan kendaraan. Namun, bagi Anda yang belum pernah mengunjungi pulau ini disarankan menyewa jasa seorang Guide. Setelah mendapat izin, Anda bisa menyewa kapal untuk menyeberang ke Pulau Sempu. Lama perjalanan dari Pantai Sendang Biru ke Pulau Sempu sekitar 20 menit.

Segara Anakan Pulau Sempu
Segara Anakan di Pulau Sempu

        Pulau Sempu memiliki luas 877 hektare, dan merupakan kawasan cagar alam yang di kelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia. Secara resmi tempat ini diakui sebagai cagar alam sejak 1928 pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Pulau Sempu ini memiliki Hutan Tropis dan Hutan Bakau. Vegetasi yang dapat ditemui di Pulau Sempu ini antara lain : bendo (Artocarpus elasticus), triwulan (Terminalia), wadang (Pterocarpus javanicus), ketapang (Terminalia catappa), waru laut (Hibiscus tiliaceus), pandan (Pandanus tectorius), Mangrove (Rhizophora mucronata dan Rhizophora apiculata), dan lain-lain.

        Untuk Anda yang berjiwa petualang, Anda dapat melakukan trekking menyusuri Hutan di Pulau Sempu dengan didampingi oleh Guide yang berpengalaman. Setelah trekking, Anda bisa menjumpai Segara Anakan yang indah dan eksotis. Segara Anakan sendiri merupakan sebuah pantai dengan pasir yang putih dengan ombaknya yang tenang. Air pantainya juga berwarna biru dan jernih dengan ikan-ikan kecil yang mengelilinginya. Keelokan pemandangannya juga semakin asri dengan view perbukitan yang ditumbuhi pohon-pohon hijau. Namun perlu diperhatikan, tetap jaga kebersihan lingkungan, jangan membuang sampah sembarangan, dan jangan merusak lingkungan ya.



CARA MENUJU KE PANTAI SENDANG BIRU

Jarak dari Kota Malang dan Sendang Biru cukup jauh, sekitar 67 km. Diperlukan waktu tempuh sekitar 2,5 - 3 jam (tergantung kondisi lalu-lintas) untuk sampai ke lokasi. Tak ada alternatif lain untuk mengunjungi Pantai Sendang Biru selain menggunakan kendaraan pribadi karena di Sendangbiru tidak ada angkutan umum.

        Jalur menuju Pantai Sendang Biru pun cukup ekstrim (apalagi saat hujan), karena melewati jalan yang berkelok-kelok dengan tanjakan serta turunan, dan di beberapa titik, jalannya juga sempit. Jalur atau Rute perjalanan yang Anda lalui jika dari Malang adalah : Malang - Gadang - Turen - Sitiarjo - Sumbermanjing Wetan - Sendang Biru. Disarankan Anda berngkat pagi-pagi sekali, supaya bisa berlama-lama menikmati keindahan wisata Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu ini.




Tony Effendi
PANTAI SENDANG BIRU & PULAU SEMPU, WISATA FAVORIT DI MALANG - written by Tony Effendi , published at 00.02, categorized as Wisata di Jawa . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID