KAWAH PUTIH CIWIDEY, WISATA FAVORIT DI BANDUNG

by Tony Effendi , at 17.27 , have 0 komentar
Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal indah dan cukup populer di Bandung dan di Indonesia. Kawah Putih terletak di Jl. Raya Soreang Ciwidey, atau sekitar 25 km dari Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kawah Putih adalah sebuah Danau dengan luas sekitar 300 m yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada sekitar abad ke 10. Lokasi Kawah Putih ini berada di ketinggian +2090 mdpl, sehingga udaranya terasa dingin (sekitar 8 derajat - 22 derajat celcius). Dinamakan Kawah Putih karena tanah di sekitar kawah ini berwarna putih akibat tercampur belerang, sedangkan air danau kawahnya berwarna putih kehijauan. Tak heran, kalau Anda mendekati kawah ini, akan tercium aroma belerang yang sangat kuat, makanya banyak wisatawan yang memakai masker saat ingin mendekati kawah.

Danau Kawah Putih Ciwidey, Bandung

Dulu, setelah letusan Gunung Patuha, banyak warga yang menganggap tempat ini sebagai tempat angker yang harus dihindari. Karena setiap ada burung yang terbang di atasnya pasti mati. Namun, pada tahun 1837 ada seorang ilmuwan berkebangsaan Jerman bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn yang pergi ke puncak Gunung Patuha untuk melakukan penelitian. Dr. Franz Wilhelm Junghuhn berhasil mencapai puncak Gunung Patuha dan dari atas puncak itulah beliau melihat sebuah danau berwarna putih dengan bau belerang yang sangat kuat. Sejak saat itulah keberadaan Kawah Putih mulai ramai dibicarakan. Akhirnya, pada tahun 1987, Pemerintah mulai mengembangkan kawasan Kawah Putih sebagai Kawasan Wisata.

        Yang menarik dan unik dari Danau Kawah Putih ini adalah air danaunya yang dapat berubah sewaktu-waktu. Kadang berwanrna hijau keputihan, hijau kebiruan (hijau tosca), dan kadang berwarna hijau muda. Perubahan warna danau ini kemungkinan disebabkan oleh kadar sulfur atau belerang yang terkandung di dalamnya, suhu, udara dan sinar matahari.

Kawah Putih, didominasi Belerang

        Hal unik lainnya yang dapat Anda temui di Kawah Putih Ciwidey adalah Fenomena kabut asap yang datang dan pergi sewaktu-waktu. Kadang kabut asap terlihat sangat tebal, kemudian tiba-tiba menghilang dan langit terlihat cerah kembali. Lalu, adanya banyak pohon di sekitar danau, namun hampir semua pohon-pohon tersebut tak memiliki daun alias kering kerontang seperti pohon yang mati kepanasan. Pohon-pohon tersebut tak memiliki daun mungkin karena efek dari belerang yang mendominasi kawasan tersebut.

Kombinasi warna danau kawah dan tanah sekitarnya yang berwarna putih. Serta deretan tebing menjulang di sekitarnya dan udara yang dingin menyejukkan membuat wisata Kawah Putih Ciwidey ini tempat yang sempurna untuk mengisi liburan Anda. Selain itu, di Kawah Putih Ciwidey ini sering digunakan sebagai lokasi Foto Pre Wedding bagi mereka yang menginginkan background foto Pre Wedding yang tak mainstream.




CARA MENUJU KE KAWAH PUTIH

Akses untuk menuju ke Kawah Putih dapat Anda tempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda tak perlu khawatir karena banyak tersedia penunjuk jalan ke arah Ciwidey. Rute yang dapat Anda tempuh jika dari Jakarta adalah masuk ke jalur Tol Cipularang dan keluar melalui gerbang Tol Kopo. Dari sana, belok kanan lalu menuju ke arah Soerang dan lanjut ke arah Ciwidey.

Jika menggunakan Angkutan Umum, rute pertama yang harus Anda tempuh pertama kali adalah ke Terminal Leuwi Panjang, Bandung menggunakan Bus. Sesampainya di Terminal, Anda dapat menggunakan Angkutan Umum jurusan Bandung - Ciwidey yang akan turun di Terminal Ciwidey. Setelah sampai di Terminal Ciwidey, perjalanan dapat Anda lanjutkan dengan menggunakan Angkutan Umum jurusan Ciwidey -Situ Patenggang, Anda dapat minta turun ke Gerbang Kawah Putih.

Sesampainya di Gerbang Kawah Putih, Anda dapat menggunakan mobil angkutan yang disediakan oleh pihak Pengelola Wisata Kawah Putih.




HARGA TIKET MASUK KE KAWAH PUTIH

Harga tiket masuk ke kawah putih adalah Rp. 18.000 untuk wisatawan domestik dan Rp. 50.000 untuk wisatawan asing. Untuk Pre Wedding, dikenakan biaya Rp. 500.000 (per April - Mei 2016). Sedangkan untuk tarif kendaraan sebagai berikut :
  • Parkir Bawah Sepeda Motor Rp. 3.000
  • Parkir Bawah Mobil Rp. 6.000
  • Parkir Bawah Bus Sedang dan Bus Besar Rp. 25.000
  • Parkir Atas (khusus Mobil Roda 4 saja) Rp. 150.000
Untuk wisatawan yang menggunakan Bus dan Motor wajib menggunakan Angkutan yang disediakan oleh Pengelola yang bernama Ontang-anting dengan tarif Rp. 15.000 per orang.

Jam Operasional : Buka Jam 07.00 sampai 17.00.




TIPS BERWISATA KE KAWAH PUTIH

  • Jika dari luar Kota Bandung, sebaiknya berangkat pagi-pagi sekali. Hal ini untuk menghindari macet saat perjalanan. Selain itu, dengan pergi pagi-pagi sekali, Anda tentu akan lebih lama menikmati keindahan wisata Kawah Putih.
  • Bawalah jaket tebal, karena suhu cukup dingin
  • Penting, bawalah masker apalagi jika Anda tak tahan dengan bau belerang yang menyengat. Jika lupa membawa masker, di sekitar lokasi ada penjual masker.
  • Uap belerang sangat mengganggu pernapasan jika terlalu lama berada di dekat kawah. Untuk menyiasatinya, saat Anda mulai tak kuat dengan bau belerang, Anda dapat naik ke atas sebentar sambil menghirup udara yang sejuk sebanyak-banyaknya. Setelah nafas terasa nyaman, Anda dapat turun kembali mendekati kawah.




Tony Effendi
KAWAH PUTIH CIWIDEY, WISATA FAVORIT DI BANDUNG - written by Tony Effendi , published at 17.27, categorized as Wisata di Jawa . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID