PANTAI KLAYAR PACITAN, PANTAI UNIK DAN MENARIK

by Tony Effendi , at 22.35 , have 0 komentar
Pantai Klayar terletak di Desa Kalak, Kecamatan Doonorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Pantai Klayar merupakan wisata pantai favorit dan cukup menarik di Jawa Timur, bahkan namanya kian populer sebagai salah satu pantai yang indah di Indonesia sejak kemunculannya dalam postingan-postingan di media sosial. Pantai ini merupakan rangkaian Pantai Selatan yang dikenal memiliki ombak besar, arus yang kuat dan panorama pantai yang indah. Pantai Klayar ini juga termasuk pantai yang masih alami dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai Klayar, Pacitan

        Yang menarik dari Pantai Klayar selain pemandangan pantai yang indah adalah memiliki hamparan pasir putih yang luas dan indah, serta terdapat batuan karang raksasa seperti Sphinx dan beberapa batuan karang berbentuk unik lainnya. Anda juga dapat naik ke atas batu raksasa berbentuk Sphinx tersebut namun harus hati-hati karena tebingnya tinggi dan curam. Selain itu, terdapat juga tebing raksasa lainnya dengan ukuran lebih besar dan memiliki tinggi sekitar 50 meter, tebing raksasa tersebut merupakan salah satu gugusan yang terdapat di kawasan Pantai Klayar.

Batuan mirip Sphinx di Pantai Klayar, Pacitan

        Terdapat juga air mancur alami setinggi 10 meter yang membuat pantai ini semakin menarik. Air mancur alami ini terjadi karena adanya celah di batuan karang yang diterjang ombak, sehingga air akan masuk ke celah-celah tersebut dan menyembur ke atas seperti layaknya air mancur raksasa. Terjadinya proses air mancur ini menimbulkan suara mirip siulan, sehingga sering disebut Seruling Laut.

Air Mancur Raksasa dan Seruling Laut

        Di Pantai Klayar ini Anda dilarang berenang karena selain memiliki ombak yang besar, juga terdapat banyak tebing dan karang yang cukup membahayakan. Namun, Anda tetap bisa menikmati keindahannya walau hanya di pinggiran pantai karena pantai ini dikelilingi oleh pohon kelapa dan pohon-pohon lainnya serta perbukitan yang hijau sehingga nuansanya sangat alami dan asri. Selain itu, Anda juga bisa menikmati panorama Sunset yang indah saat senja tiba.

        Suasana di Pantai Klayar ini pun juga relatif masih sepi, rata-rata wisatawan berkunjung ke pantai ini saat weekend dan liburan saja. Jika Anda berkunjung ke Pantai Klayar saat hari-hari biasa, suasana pantai masih sepi dan hanya nelayan serta warga setempat saja yang Anda temui. Hal ini terjadi karena akses ke Pantai Klayar masih tergolong sulit dan banyak jalan yang sempit serta medannya cukup ekstrem.

Pemandangan Sekitar Pantai Klayar, Pacitan




CARA MENUJU KE PANTAI KLAYAR

Akses menuju ke Pantai Klayar hanya bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, baik Mobil ataupun Sepeda Motor. Karena belum ada Angkutan Umum yang menuju ke Pantai Klayar. Selain itu, Bus besar juga tak bisa lewat ke arah Pantai Klayar karena jalannya sempit.

Rute yang bisa dilalui adalah :

  • Jika dari Trenggalek, Anda bisa menuju ke Kota Pacitan terlebih dulu, lalu lanjutkan melalui rute Punung - Goa Gong -Klayar.
  • Jika dari Yogyakarta, Pathuk - Kota Wonosari - Pracimantoro - Giribelah - Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur - Punung - Pantai Klayar.
  • Jika dari Solo, Anda bisa lewat Kecamatan Pracimantoro, lalu akan tiba di pertigaan Giribelah belok kanan hingga tiba di perempatan Kalak. Dari situ, Anda hanya perlu meneruskan perjalanan sekitar 1 jam hingga tiba di Pantai Klayar.


       

       
Tony Effendi
PANTAI KLAYAR PACITAN, PANTAI UNIK DAN MENARIK - written by Tony Effendi , published at 22.35, categorized as Wisata di Jawa . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID