PANTAI NGLAMBOR, TEMPAT SNORKELING FAVORIT DI JOGJA

by Tony Effendi , at 23.04 , have 0 komentar
Mungkin selama ini Kita berpikir jika melakukan Snorkeling di pantai pesisir selatan Pulau Jawa adalah hal yang mustahil, namun di Pantai Nglambor ini Anda bisa melakukannya. Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, atau sekitar 70 km dari Kota Jogja. Pantai ini masih tergolong baru dan masih tersembunyi, belum banyak wisatawan-wisatawan yang berkunjung ke sini. Namun, Pantai Nglambor menjadi tempat wisata favorit dan populer bagi para pecinta Snorkeling karena keindahan bawah lautnya yang mempesona.

Pantai Nglambor, Jogja

        Bagi pecinta Snorkeling (khususnya dari Jogja) sendiri, pantai ini adalah alternatif pilihan yang pas jika tak ingin pergi jauh-jauh mengunjungi Raja Ampat ataupun Bunaken. Selain itu pemandangannya juga sangat cantik dengan dikelilingi tebing dan perbukitan yang hijau serta memiliki pasir yang putih dengan hiasan batuan karang disekelilingnya. Kawasan Pantai Nglambor sendiri merupakan daerah budidaya beberapa jenis ikan serta lokasi konservasi terumbu karang dan biota laut lainnya.

Pemandangan Sekitar Pantai Nglambor

        Pantai Nglambor bisa digunakan untuk berenang maupun Snorkeling karena terdapat dua bukit karang yang mengapit, sehingga berfungsi sebagai pemecah ombak besar dari Samudera Hindia. Jadi saat ombak besar datang, ombak tersebut akan menghantam dua bukit karang sehingga arus ombak yang dihasilkan tak sekencang jika langsung menghantam pesisir pantai. Karena kedua bukit itulah, Anda bisa dengan tenang dan aman berenang-renang ataupun Snorkeling di pantai ini, namun petugas pantai selalu menghimbau wisatawan supaya tetap waspada dan hati-hati saat Snorkeling. Karena walaupun ombak telah dihadang oleh kedua bukit tersebut, namun arusnya masih terasa kuat.

        Saat Snorkeling, Anda dapat melihat karang-karang, tumbuhan laut, ikan-ikan kecil yang cantik dan biota-biota laut lainnya dengan jelas, karena air lautnya sangat jernih dan biru. Tetapi saat air laut sedang pasang, petugas pantai akan melarang wisatawan untuk Snorkeling di pantai ini karena ombak dari Samudera Hindia sangat besar dan cukup berbahaya jika air laut sedang pasang.

Lokasi Snorkeling Pantai Nglambor




CARA MENUJU KE PANTAI NGLAMBOR

Akses untuk menuju ke Pantai Nglambor bisa menggunakan Kendaraan Pribadi maupun Kendaraan Umum.

Jika menggunakan Kendaraan Pribadi :

  • Dari Kota Jogja, rute yang dilalui adalah Yogyakarta - Piyungan - Wonosari - Tepus - Pertigaan Winangun belok kanan, lurus - ada pertigaan, belok kanan menuju ke Pantai Nglambor.
  • Dari Kota Solo, rute yang dilalui adalah Solo - Praci - Kecamatan Rongkop/Baran - Nglindur - Pasar Jepitu - pertigaan Winangun - belok kiri arah ke Pantai Nglambor.
  • Dari Klaten, rute yang dilalui adalah Semanu - Giripanggung - Sumberwungu, Klayu, Gude, Blekonang - Winangun Pantai Siung. Bisa juga dari Giripanggung - Cuelo ke selatan - Winangun/ nangun - Pantai Nglambor.

Jika menggunakan Kendaraan Umum, Anda bisa berangkat dari Terminal Giwangan Yogyakarta menggunakan Bus jurusan Terminal Dhaksinarga Wonosari. Sesampainya di Terminal Wonosari, gunakan Angkutan Umum yang menuju ke Jepitu via Tepus dengan rute : Mulo - Mentel - Bintaos - Tepus -  Purwodadi - Balong - dan Jepitu. Anda bisa minta turun di Pertigaan Desa Purwodadi, setelah itu Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Nglambor dengan berjalan kaki atau menggunakan Ojek.






     
Tony Effendi
PANTAI NGLAMBOR, TEMPAT SNORKELING FAVORIT DI JOGJA - written by Tony Effendi , published at 23.04, categorized as Wisata di Jawa . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID