25 TEMPAT WISATA DI BANDUNG YANG INDAH DAN MENARIK

by Tony Effendi , at 22.52 , have 0 komentar
Bandung adalah Ibukota Jawa Barat dan merupakan tempat wisata favorit bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi warga Jakarta untuk menikmati liburan selain di Puncak Bogor, karena menyimpan berbagai tempat wisata yang indah, menarik dan cukup populer. Terdapat pula beberapa tempat wisata yang masih tersembunyi atau belum banyak orang yang tahu (tak mainstream). Meskipun terletak di daerah pegunungan atau dataran tinggi, namun akses menuju ke Bandung sangat mudah baik menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan kendaraan umum.

       Wisata di Bandung sangatlah lengkap, Anda bisa menikmati wisata alam yang indah, wisata kuliner yang enak, wisata keluarga yang seru, dan wisata belanja yang lengkap. Selain memiliki udara yang sejuk di beberapa tempat wisatanya, terdapat pula berbagai pilihan hotel dan penginapan baik itu yang murah ataupun yang berkelas untuk kebutuhan akomodasi penginapan bagi warga luar Kota Bandung. Nah, jika Anda masih bingung menentukan dimana Anda akan berlibur atau berwisata di Bandung. Berikut merupakan beberapa tempat wisata di Bandung dan sekitarnya yang indah, menarik dan pastinya sangat seru.



1. Situ Patenggang

Situ Patenggang adalah danau yang terletak di kawasan objek wisata alam Bandung Selatan, Jawa Barat atau tepatnya di Ciwidey. Danau seluas 45.000 hektar ini memiliki pemandangan danau dan hamparan pegunungan yang sangat indah dan eksotis. Dengan letaknya yang di ketinggian 1600 mdpl, maka udara di kawasan danau ini sangat sejuk dan menyegarkan. Selain dapat menikmati keindahan danau, Anda juga dapat mengelilingi danau menggunakan perahu, speed boat, sepeda air, serta perahu bebek.

Danau Situ Patenggang

        Akses untuk mencapai lokasi Situ Patenggang cukup mudah. Jika dari Kota Bandung, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi melewati Kota Ciwidey. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik Bus jurusan Bandung - Ciwidey dari Terminal Bus Leuwipanjang, sesampainya di Terminal Ciwidey Anda dapat naik angkutan umum yang menuju ke kawasan Situ Patenggang.




2. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih adalah danau seluas 300 m yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada sekitar abad ke 10. Dinamakan Kawah Putih, karena tanah disekitar danau ini berwarna putih akibat tercampur Belerang. Kawah Putih terletak di Jl. Raya Soreang Ciwidey, atau sekitar 25 km dari Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Lokasinya berada di ketinggian +2090 mdpl, sehingga udaranya terasa dingin (sekitar 8 derajat - 22 derajat celcius). Letak Kawah Putih juga tak jauh dari Danau Situ Patenggang, yaitu sekitar 7 km.

Kawah Putih Ciwidey

        Yang menarik di Kawah Putih Ciwidey adalah selain tanah sekitarnya berwarna putih, air danaunya juga dapat berubah warna sewaktu-waktu. Kadang airnya berwarna hijau, kadang biru, kadang hijau tosca, kadang juga berwarna hijau muda. Perubahan warna danau ini kemungkinan disebabkan oleh kadar sulfur atau belerang yang terkandung di dalamnya, suhu, udara dan sinar matahari. Supaya aman berwisata ke Kawah Putih Ciwidey, Anda sebaiknya menggunakan masker karena bau belerang di sini sangat kuat dan dapat mengganggu pernapasan jika Anda tak tahan.

       Akses menuju ke Kawah Putih Ciwidey sangat mudah, kurang lebih sama seperti akses ke Situ Patenggang. Jika menggunakan kendaraan pribadi, rute yang dapat Anda tempuh jika dari Jakarta adalah masuk ke jalur Tol Cipularang dan keluar melalui gerbang Tol Kopo. Dari sana, belok kanan lalu menuju ke arah Soerang dan lanjut ke arah Ciwidey.

        Jika menggunakan Angkutan Umum, Anda bisa menuju ke Terminal Leuwi Panjang, Bandung menggunakan Bus. Sesampainya di Terminal, Anda dapat menggunakan Angkutan Umum jurusan Bandung - Ciwidey yang akan turun di Terminal Ciwidey. Setelah sampai di Terminal Ciwidey, perjalanan dapat Anda lanjutkan dengan menggunakan Angkutan Umum jurusan Ciwidey - Situ Patenggang




3. Curug Dago

Curug Dago terletak di Desa Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat atau 8 km dari Kota Bandung. Lokasinya berada di daerah Bukit Dago yang masih termasuk dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Bandung. Curug Dago adalah Air Terjun yang memiliki tinggi 12 meter saja, namun pemandangan di sini sangat indah dengan banyak pepohonan disertai suara gemericik air yang menenangkan. Letaknya yang di ketinggian 800 mdpl membuat udara di sini masih sejuk.

Curug Dago

        Curug Dago juga menyimpan jejak sejarah dari Kerajaan Thailand, karena terdapat Prasasti batu tulis bekas peninggalan sejarah pada tahun 1818 M.  Menurut para ahli sejarah, dua prasasti tersebut merupakan peninggalan dari Raja Rama V  atau Raja Chulalonkorn dan Raja Rama VII atau Pradjathipok Pharaminthara yang berasal dari dinasti Chakri yang pernah berkunjung ke Curug Dago.

        Untuk mencapai lokasi Curug Dago, Anda dapat menempuh perjalanan dari Bandung menuju ke arah Terminal Dago. Dari arah Terminal, Anda akan menemui jalan bercabang, belok kiri (jalan yang menurun ke kiri). Setelah itu, Anda akan menemui papan petunjuk ke arah Prasasti Curug Dago, masuk ke jalan yang terbuat dari beton tersebut (hanya bisa dilewati motor) sekitar 200 meter dan Anda akan sampai.




4. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu adalah Gunung Berapi Aktif yang terletak di Bandung Utara, tepatnya di Cikole, Lembang, atau sekitar 20 km dari kota Bandung. Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter dengan hamparan Perkebunan Teh dan Hutan Pinus yang sangat indah di sekitarnya. Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata di gunung ini cukup sejuk dan dingin, sekitar 17 derajat Celcius pada siang hari dan 2 derajat Celcius pada malam hari.

Gunung Tangkuban Perahu

        Yang menarik dari Gunung Tangkuban Perahu adalah bentuknya seperti Perahu yang terbalik, seperti cerita Legenda Sangkuriang yang mengatakan jika Gunung Tangkuban Perahu berasal dari Perahu yang ditendang oleh Sangkuriang hingga terbalik. Gunung ini mengeluarkan Gas Belerang yang menyengat, sehingga Anda wajib memakai masker. Gunung Tangkuban Perahu memiliki 3 Kawah, yaitu Kawah Ratu (kawah terbesar), Kawah Upas, dan Kawah Domas.

        Untuk mencapai lokasi Gunung Tangkuban Perahu, Anda dapat menggunakan Kendaraan pribadi dengan 2 alternatif rute, yaitu :

  1. Keluar pintu tol Pasteur menuju ke Jl. Dr. Djunjunan - Pasirkaliki - Sukajadi - Setiabudi - Lembang - Gunung Tangkuban Perahu.
  2. Keluar pintu tol Padalarang menuju arah Cimahi - belok kiri ke arah Jl. Kolonel Masturi - sampai pertigaan Jl. Raya Lembang, belok kiri - Gunung Tangkuban Perahu.

Jika menggunakan Kendaraan Umum :
  1. Dari Terminal Leuwi Panjang (Bandung), naik Bus (jurusan Bandung - Indramayu) - turun di pertigaan gerbang Gunung Tangkuban Perahu.
  2. Dari Stasiun Hall (Bandung), naik angkot jurusan Stasiun (Hall - Lembang) - turun di perempatan (Lembang - Maribaya - Tangkuban Perahu) - naik angkot (jurusan Lembang - Cikole) - Gunung Tangkuban Perahu.



5. Pemandian Air Panas Alami Ciater

Pemandian Air Panas Alami Ciater atau disebut juga Sari Ater ini terletak di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tepatnya di perbatasan antara kota Bandung dan Subang, juga bersebelahan dengan kota Lembang. Air panas alami dari pemandian ini bersumber dari Kawah aktif Gunung Tangkuban Perahu, karena lokasinya memang tak jauh.
Pemandian Air Panas Alami Ciater

        Air Panas di pemandian ini dipercaya dapat mengobati penyakit kulit dan gatal-gatal jika dipakai berendam. Selain itu, juga digunakan sebagi terapi pengobatan rematik, stroke, serta gangguan syaraf dan tulang karena memiliki kandungan belerang dan senyawa kimia yang sempurna. Luas tempat pemandian ini sekitar 30 hektar dan dibagi menjadi beberapa tempat, yaitu kolam untuk berendam, kolam untuk berenang, dan juga kolam privat. Selain itu, juga tersedia wahana bermain untuk anak-anak, lokasi outbond, camping ground, kolam pemancingan, dan fasilitas olahraga.

Akses menuju ke Pemandian Ciater jika dari Bandung adalah, Jl. Dr. Setiabudi -  Ledeng - Lembang - Cikole - Ciater.
Jika dari Jakarta, Keluar dari pintu tol Sadang - Purwakarta - Kalijati - Jl. Cagak Subang - Ciater.




6. Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan atau disebut Talaga Cikahuripan terletak di Kecamatan Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat. Sendang Geulis Kahuripan adalah Mata air yang sangat jernih dan menyegarkan serta dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan di tengah perbukitan dan juga persawahan. Suasana di sini sangat tenang, sejuk, damai dan asri. Di sini, Anda bisa puas berenang-renang atau berfoto-foto dan selfie. Selain itu, Anda juga bisa berfoto di dalam air seperti yang ramai diposting di media sosial, karena Airnya sangat jernih.

Sendang Geulis Kahuripan

        Untuk bisa mencapai lokasi Sendang Geulis Kahuripan, Anda dapat menempuh perjalanan dari Exit Gate Cikamuning Tol Cipularang, lalu menempuh rute Jl. Cikampek - Padalarang hingga menuju jalan raya Cikalong. Setelah melewati perbatasan Cikalong, sekitar 3 km terdapat pertigaan Gapura Nanas dan Pos Ojek di kanan jalan. Lanjutkan perjalanan sekitar 4 km sampai ke pertigaan menuju ke Sendang Geulis Kahuripan. Anda bisa memarkir kendaraan Anda di Sekolah Dasar di Pertigaan tersebut dan perjalanan dapat Anda lanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri persawahan dan perkebunan hingga sampai ke Sendang Geulis Kahuripan.




7. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut merupakan sebuah danau kecil yang terletak di Kecamatan Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat. Meskipun kecil, namun keindahan yang dipancarkan danau ini sangat mempesona. Danau ini terletak di tengah bukit bebatuan, sehingga letaknya seakan-akan tersembunyi. Air danaunya hijau namun jernih, dengan pemandangan alam sekitar yang sangat indah dan asri. Di sini, Anda bisa puas berenang-renang, berfoto-foto atau selfie maupun berkemah atau camping. Namun sangat disarankan bagi Anda untuk tidak datang ke sini saat musim hujan, karena selain jalannya menjadi licin, air danaunya juga meluap.

Sanghyang Heuleut

        Untuk mencapai Danau Sanghyang Heuleut jika dari Kota Bandung, rute yang Anda tempuh adalah Bandung - Cimahi - Padalarang - Jl. Raya Padalarang - Raja Mandala – Pintu gerbang PLTA Saguling. Dari PLTA Saguling, Anda harus berjalan kaki ke arah Hutan dan melawan arus Sungai sekitar 1 km. Setelah itu, Anda akan menemukan sebuah gunung yang terdapat Goa Sanghyang Poek. Lanjutkan perjalanan sekitar 2 km dan Anda akan menemukan Danau Sanghyang Heuleut yang berada di ujung Sungai Sanghyang Poek.




8. Curug Bugbrug

Curug Bugbrug terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kab. Bandung Barat. Curug Bugbrug adalah sebuah danau yang terletak di ketinggian 1050 mdpl dan masih terjaga kealamiannya. Curug Bugbrug memiliki ketinggian air terjun sekitar 50 meter, dengan kolam di bawahnya sedalam 3 meter. Airnya sangat jernih, dingin dan menyegarkan. Serta dikelilingi tebing dan hijaunya pemandangan pegunungan dengan udaranya yang sejuk. Namun Anda tidak disarankan berenang-renang di sini karena memiliki pusaran air yang kuat, makanya terdapat pembatas.

Curug Bugbrug

        Untuk mencapai lokasi Curug Bugbrug, Anda dapat menempuh perjalanan dari arah Terminal Parongpong, lalu masuk melewati Kompleks Villa Bunga dengan melewati jalan besar dan setapak terlebih dulu. Jarak Villa Bunga dan Curug Bugbrug sekitar 300 meter. Namun, mayoritas jalannya masih berupa tanah, sehingga saat musim hujan akan becek dan berlumpur.




9. Curug Cimahi

Curug Cimahi terletak di Jl. Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kab. Bandung Barat dan berada di ketinggian 1050 mdpl sehingga suhu udaranya cukup dingin (sekitar 18-22 derajat Celcius). Curug Cimahi adalah Air Terjun yang memiliki ketinggian mencapai 87 meter dan memiliki pemandangan Air Terjun yang indah serta dikelilingi bukit yang hijau dan asri.

Curug Cimahi

        Saat malam hari pun Anda tetap bisa menikmati keindahan Curug Cimahi, karena pihak pengelola memasang lampu berwarna-warni di belakang Air Terjun sehingga saat malam hari, Air Terjun tersebut terlihat memancarkan cahaya yang berwarna-warni. Tak heran, kalau Curug Cimahi sering juga disebut Curug Pelangi atau Air Terjun Pelangi. Fasilitas di sini juga cukup lengkap, terdapat Mushola, Toilet, Tempat Istirahat dan Warung. Tempat parkir juga dekat dengan lokasi dan akses jalannya cukup mudah.

        Cara yang paling mudah untuk mencapai lokasi Curug Cimahi adalah melalui rute jalur Lembang - Parongpong sampai ke Terminal Angkot Cisarua. Gerbang masuk Curug Cimahi berada tepat disebelah Terminal Angkot Cisarua.




10. Curug Citambur

Curug Citambur terletak di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur. Curug Citambur adalah Air Terjun dengan ketinggian mencapai 100 meter disertai debit airnya yang sangat deras sehingga menimbulkan suara yang begitu keras disertai buih-buih air seperti kabut. Pemandangannya juga sangat indah, dengan tebing menjulang tinggi disertai pepohonan yang hijau. Di sini Anda tidak bisa berenang-renang karena selain debit air yang besar dan deras, lokasinya pun dikelilingi oleh tebing yang curam dan cukup berbahaya. Fasilitas yang terdapat di sini adalah Mushola, Toilet, Warung serta tempat parkir yang luas.

Curug Citambur

        Cara menuju ke Curug Citambur jika dari Bandung adalah melalui rute Kota Bandung - Leuwi Panjang - Kopo Sayati - Katapang - Soreang - Pasir Jambu - Ciwidey - Rancabali. Setelah melewati Kawah Putih Ciwidey, lanjutkan perjalanan sampai ke Perkebunan Teh Sinumbra. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan sampai ke Kantor Desa Karang Jaya. Lokasi pintu masuk Curug Citambur tepat di depan Kantor Desa Karang Jaya. Setelah melalui pintu masuk, lanjutkan perjalanan hingga sampai ke tempat parkir. Dari tempat parkir, Anda harus berjalan kaki untuk menuju ke Curug Citambur.




11. Curug Malela

Curug Malela terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga - Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat. Curug Malela adalah Air Terjun yang memiliki ketinggian sekitar 60-70 meter dan mempunyai lima buah jalur air terjun. Curug Malela juga populer disebut sebagai Air Terjun Niagara Mini. Air terjun ini memiliki pemandangan yang indah dengan dikelilingi bukit yang hijau, selain itu udaranya juga sangat sejuk.

Curug Malela

        Untuk mencapai lokai Curug Malela jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat menempuh rute Cimahi - Batujajar - Cihampelas - Cililin - Sindang Kerta - Gunung Halu - Buni Jaya - Curug Malela. Jika menggunakan kendaraan umum dari Terminal Leuwi Panjang, naik Angkutan Kota jurusan Cimahi - Cililin. Dari Cililin, naik Bus jurusan Gunung Halu / Buni Jaya. Sesampainya di Terminal Buni Jaya, lanjutkan perjalanan dengan naik Ojek menuju ke Cicadas. Dari Cicadas, Anda harus berjalan kaki melewati bukit dan persawahan.




12. Tebing Keraton

Tebing Keraton terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung dan berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Di sini, Anda dapat menikmati indahnya pemandangan Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang hijau dan asri. Apalagi jika Anda datang sebelum matahari terbit atau tenggelam, Anda akan menjumpai panorama Sunrise dan Sunset yang sangat indah. Segala sudut view dari Tebing Keraton sangat pas untuk dijadikan background foto-foto maupun selfie. Udara di sini juga cukup dingin, jadi disarankan bagi Anda untuk memakai jaket tebal dan sepatu.

Tebing Keraton

        Cara menuju ke Tebing Keraton cukup mudah. Anda bisa menuju ke Dago Pakar, setelah berada di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda lurus dan Anda akan menemui pertigaan, lalu belok kiri. Setelah itu, ikuti saja jalan utamanya hingga sampai ke Tebing Keraton.




13. Bukit Moko

Bukit Moko terletak di Cimenyan, Bandung dan merupakan puncak tertinggi di Kota Bandung. Karena letaknya di puncak tertinggi (1500 mdpl), maka Anda dapat melihat pemandangan Kota Bandung dari sini. Andapun juga bisa melihat keindahan pemandangan hutan pinus ataupun berjalan-jalan menuju ke Puncak tertinggi di Bukit Moko, yaitu Puncak Bintang. Bukit Moko juga dianggap sebagai tempat wiata paling romantis di Bandung. Saat malam hari, Anda bisa melihat gemerlap lampu-lampu Kota Bandung dari kejauhan.

Warung Daweung, Bukit Moko

        Untuk mencapai lokasi Bukit Moko, Anda dapat mengambil rute Jl. Padasuka lurus sampai ke Caringin Tilu. Lanjutkan perjalanan sampai ke Puncak dan Anda akan menemui Warung Daweung.




14. Dusun Bambu

Dusun Bambu terletak di Jl. Kolonel Masturi KM 11, Situ Lembang, Cisarua, Bandung Barat atau di kaki Gunung Burangrang. Dusun Bambu merupakan Tempat Wisata yang dilengkapi dengan Restoran, Cafe, Villa, area Bermain anak-anak dan fasilitas lainnya seperti Pasar Khatulistiwa dan Tegal Pangulinan. Di sini, Anda bisa Camping, bersepeda santai sambil menikmati sejuknya udara Pegunungan Lembang dan kegiatan Outdoor lainnya.

Dusun Bambu

        Beragam sajian khas Lembang, Makanan Tradisional luar daerah serta Makanan khas Luar negeri yang menggoda akan Anda temui di Restoran ini. Berbagai Villa juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang menarik dan memuaskan para tamu.

        Untuk mencapai ke lokasi Dusun Bambu dari Bandung, Anda dapat melalui rute Jl. Sersan Bajuri - Villa Istana Bunga - Universitas Advent, ikuti jalannya lalu belok kanan ke arah Curug Cimahi. Dari Curug Cimahi sekitar 300 meter, masuk ke Gapura bertuliskan "KOMANDO" di kanan jalan. Lanjutkan perjalanan sekitar 500 meter dan Anda akan sampai ke Gerbang Dusun Bambu.




15. Gunung Puntang

Gunung Puntang terletak di Pasirmulya, Banjaran, Bandung Selatan. Gunung Puntang adalah lokasi favorit bagi para pecinta alam untuk kegiatan Camping, terutama bagi Mahasiswa. Pemandangannya sangat indah dan suhu udaranya juga cukup dingin. Pepohonannya juga rimbun dan udaranya juga sangat sejuk. Sejarah Gunung Puntang juga sangat terkenal karena memiliki jejak petilasan zaman loji Belanda, yaitu Goa Belanda. Selain itu, tempat ini dulu juga merupakan stasiun pemancar Radio terbesar dan pertama di Asia Tenggara yang menyiarkan informasi berita ke seluruh dunia.

Puncak Mega, Gunung Puntang

        Untuk mencapai lokasi Gunung Puntang, yang paling umum digunakan adalah melalui rute Bandung - Banjaran. Sekitar 5 km dari arah Banjaran ke Pangalengan, terdapat pertigaan dan papan penunjuk ke arah Gunung Puntang. Lanjutkan perjalanan sekitar 7 km dan Anda akan masuk ke area Wisata Gunung Puntang.




16. Situ Cileunca

Terletak di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Situ Cileunca sebenarnya adalah Waduk PLTA yang berada di ketinggian 1100 mdpl dengan luas mencapai 1400 hektar. Situ Cielunca merupakan salah satu tempat wisata yang romantis di Bandung. Anda bisa menikmati ketenangan dengan panorama danau dan pegunungan yang sangat indah.

Situ Cileunca

        Selain itu, suhu udara di sini juga sejuk dan dingin. Disarankan bagi Anda memakai jaket yang hangat. Anda juga bisa Camping di sini atau mengelilingi danau menggunakan perahu yang telah disediakan, memancing, atau bisa juga berjalan-jalan melintasi jembatan yang dikenal dengan nama Jembatan Cinta. Jembatan ini pula yang digunakan sebagai akses penyeberangan antara kedua Desa di sekitar danau tersebut. Di sini, Anda juga dapat berkunjung ke Wisata Kebun Strawberry, memacu adrenalin dengan Rafting ataupun menginap di Resort yang nyaman.

        Untuk mencapai lokasi Situ Cileunca dari Kota Bandung, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan rute Bandung - Katapang - Banjaran - Pangalengan. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menggunakan Bus jurusan Bandung - Pangalengan.




17. Farm House Susu Lembang

Terletak di Jl. Raya Lembang 108, Cihideung, Bandung Barat. Farm House Susu Lembang adalah tempat wisata yang mengusung konsep Pedesaan dan Peternakan khas Eropa. Selain itu terdapat juga Desa Kurcaci (The Hobbit), Jembatan Gembok Cinta dan persewaan kostum tradisional Eropa. Semua tampilan arsitektur dan property nya sangat kental dengan nuansa Eropa Klasik.

Farm House Susu Lembang

        Farm House Susu Lembang sangat ideal untuk berwisata bersama keluarga, anak-anak, ataupun orang yang Anda cintai. Fasilitas-fasilitas menarik lainnya di sini antara lain : Alun-alun mini, Gedung Serbaguna, Mushola, Toilet, Cafe indoor, Cafe outdoor, Tempat parkir yang luas, Toko Souvenir dan Oleh-oleh.

        Untuk mencapai lokasi Farm House Susu Lembang jika dari Jakarta, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan melalui Tol Cipularang dan keluar dari Gerbong Tol Pasteur. Lalu belok menuju ke Jl. Sukajadi - Jl. Dr. Setiabudhi, lanjut melewati Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Ikuti jalannya menuju ke arah Lembang, lokasinya hanya beberapa meter dari sini dan terdapat tulisan Farm House Susu Lembang di pinggir jalan.

Jika menggunakan Kereta Api dari Jakarta, Anda bisa turun di Stasiun Bandung. Lanjutkan dengan naik Angkutan Umum jurusan Stasiun Bandung - Lembang. Letak Farm House Lembang sangat strategis, mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi serta banyak dilalui Angkutan Umum.




18. De'Ranch Lembang

Terletak di Jalan Maribaya No. 17, Lembang, Bandung, kurang lebih 200 meter dari pertigaan pasar Lembang. De'Ranch menawarkan suasana baru dalam liburan Anda dengan nuansa peternakan ala Cowboy Amerika dan dikelilingi oleh pemandangan yang hijau dan luas dengan udaranya yang sejuk. Di sini terdapat berbagai macam wahana permainan menarik, seperti persewaan Kuda maupun Delman, Sepeda, Flying Fox dan masih banyak lagi.

De'Ranch Lembang

        Fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap, seperti Factory Outlet, Toko Souvenir dan Oleh-oleh, Restoran, Kursus memerah Sapi, Kursus menunggang Kuda, Kursus Kusir Delman, dan Kursus membuat Kue. Selain itu, tempat parkirnya juga luas.

         Untuk menuju ke De'Ranch Lembang jika dari Jakarta menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa melalui Tol Cipularang dan keluar dari Gerbong Tol Pasteur lanjut ke Jl. Sukajadi - Jl. Setiabudi - Jl. Raya Lembang - Jl. Maribaya - De Ranch.




19. Floating Market Lembang

Terletak di Jl. Grand Hotel No. 33 E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Floating Market Lembang adalah tempat wisata seluas 7 hektar dengan sebuah danau bernama Situ Umar, dengan suasana alam pedesaan yang asri disertai fasilitas dan wahana yang menarik dan udara yang sejuk. Di Floating Market Anda dapat menjumpai Wisata Pasar Terapung, yaitu penjual makanan atau kuliner khas yang lezat di atas air. Selain itu, terdapat juga Gazebo di sekitar danau, Taman Angsa, Perahu, Sepeda air, ATV, Flying Fox, Kebun Petik Strawberry dan Kebun Sayuran Organik.

Floating Market Lembang

        Untuk mencapai lokasi Floating Market jika dari Bandung menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa melalui Jl. Setiabudi - Terminal Ledeng - Lembang. Lanjut hingga ke Grand Hotel Lembang, lurus kemudian putar balik melalui Pasar Lembang (balik ke arah Bandung). Sebelum Grand Hotel Lembang, Anda akan menjumpai lokasi Floating Market.




20. Taman Begonia Lembang

Terletak di Jl. Maribaya No. 120A, Lembang, Bandung Barat. Taman Begonia Lembang ini adalah wisata taman bunga yang memiliki koleksi bunga yang menarik, seperti Bunga Balinea (Begonia), Bunga Celosia, Melampodium, Bunga Impatiens, Bunga Salvia, Bunga Geranium, dan masih banyak jenis bunga lainnya. Bunga yang paling dominan dan menjadi primadona di sini adalah Bunga Balinea, yaitu bunga Begonia yang berasal dari Bali, makanya taman ini dinamakan Taman Begonia.

Taman Begonia Lembang

        Di sini, Anda akan dimanjakan oleh pemandangan bunga-bunga yang indah dan cantik dengan udaranya yang sangat sejuk karena berada di ketinggian 1200 mdpl. Anda juga dapat membeli bunga yang ada di sini untuk dibawa pulang. Selain itu, terdapat juga Kebun Sayuran siap panen yang dipetik sendiri dan juga bisa dimasak di tempat dengan harga yang terjangkau. Di Taman Begonia ini juga terdapat wisata outbond seperti puzzle treasure, secret passage, piñata, dan farm trekking.

        Untuk mencapai lokasi Taman Begonia dengan kendaraan pribadi, rute yang ditempuh adalah Jl. Sukajadi - Jl. Setiabudi - Jl. Raya Lembang - Jl. Maribaya - Taman Begonia Lembang. Rute yang ditempuh sama seperti ke lokasi De'Ranch Lembang.




21. Trans Studio Bandung

Terletak di Jl. Gatot Subroto No. 289, Bandung, Jawa Barat. Trans Studio Bandung adalah taman hiburan indoor terbesar se-Indonesia, yang dibagi menjadi 3 Area yaitu : Studio Central, Lost City, dan Magic Corner serta lokasinya menyatu dengan Trans Studio Mall. Terdapat lebih dari 20 wahana-wahana permainan menarik yang seru. Di sini, Anda dapat memacu adrenalin dengan mencoba wahana Yamaha Racing Coaster yaitu Roller Coaster tercepat di Asia yang mencapai kecepatan 120 km/jam dalam 3,5 detik.

Trans Studio Bandung

        Selain itu, Anda juga bisa puas berbelanja ataupun makan-makan di Trans Studio Mall. Jika ingin menginap di Hotel dengan fasilitas yang berkelas, Anda bisa mencoba menginap di The Trans Luxury Hotel yang lokasinya masih satu area dengan Trans Studio Bandung ini.




22. Jalan Braga

Jalan Braga merupakan nama sebuah jalan utama di Kota Bandung, Jalan Braga cukup terkenal sejak masa Pemerintahan Hindia-Belanda dan hingga sampai saat ini Jalan Braga masih tetap dipertahankan sebagai salah satu maskot dan objek wisata di Kota Bandung yang dulu dikenal sebagai Paris Van Java. Jalan Braga terkenal sebagai tempat wisata sejarah, wisata kuliner serta wisata belanja di Bandung.

Jalan Braga, Bandung

        Di sisi kanan-kiri Jalan Braga terdapat kompleks pertokoan yang tetap mempertahankan arsitektur pada masa Hindia-Belanda. Anda bisa menemui banyak penjual kuliner-kuliner yang lezat di sini saat malam hari. Atau, jika Anda ingin jalan-jalan dan belanja, Anda bisa mengunjungi Braga City Walk. Selain itu, terdapat juga tempat-tempat menarik lainnya seperti Cinema XXI, Gedung Merdeka Bandung, Alun-alun Kota Bandung, dan Masjid Agung Bandung.

        Untuk menuju ke Jalan Braga jika dari Jakarta menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa melalui Tol Cikampek - Tol Cipularang - Tol Padaleunyi - dan keluar lewat Tol Pasteur. Setelah itu melalui rute Jl. Ir. H. Juanda - Jl. Lembong - Jl. Kejaksaan - Jalan Braga.




23. Kampung Gajah Wonderland

Terletak di Jl. Sersan Bajuri KM. 3,8, Cihideung, Parongpong, Bandung Barat. Kampung Gajah Wonderland merupakan tempat wisata yang mengusung konsep one stop recreation dan sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga maupun anak-anak. Di sini, Anda dapat menikmati wahana permainan, wisata kuliner hingga belanja. Tersedia wahana-wahana menarik seperti mini ATV, Formula Kart, Waterboom, Wavepoll dan masih banyak lagi. Terdapat juga tempat belanja berupa Factory Outlet dan Restoran yang menyajikan hidangan lezat dan menggugah selera.

Kampung Gajah Wonderland

        Untuk menuju ke lokasi Kampung Gajah Wonderland jika dari Jakarta menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat melalui jalan Tol yang menuju ke Bandung dan keluar lewat Tol Pasteur. Lalu ke arah Lembang - Terminal Ledeng - Jl. Sersan Bajuri - Kampung Gajah Wonderland.

        Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menggunakan Bus dari Terminal Leuwi Panjang yang menuju ke Terminal Ledeng. Dari Terminal Ledeng, Anda bisa menggunakan Angkutan Kota yang menuju ke arah Parongpong.




24. Natural Strawberry Land and Resto

Terletak di Jl. Tangkuban Perahu No. 109, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Natural Strawberry Land and Resto merupakan tempat wisata yang berkonsep memetik buah Strawberry langsung di kebunnya. Anda bisa memakan Buah Strawberry langsung ataupun dibawa pulang. Selain itu, terdapat juga Restoran yang menyajikan hidangan lezat, seperti Nasi Liwet, Sambal Strawberry, Gurame Strawberry Asam Manis, Gulai Kambing, Nasi Timbel, Sate Maranggi dan masih banyak lagi.

Natural Strawberry Land and Resto

        Untuk menuju ke Natural Strawberry Land and Resto jika dari Kota Bandung menggunakan kendaraan pribadi adalah melalui rute Jl. Ir. H. Djuanda - Jl. Citra Green - Jl. Panorama 1 - Jl. Tangkuban Perahu. Jika dari Jakarta, rute yang ditempuh adalah Tol Cikampek - Tol Cipularang - Jl. Dr. Setiabudi - Jl. Raya Lembang - Jl. Tangkuban Perahu.




25. Terminal Grafika Cikole

Terletak di Jl. Tangkuban Perahu Km. 8, Cikole, Lembang, Jawa Barat. Terminal Grafika Cikole adalah tempat wisata, restoran serta penginapan di lembang yang berada di kaki gunung dengan ketinggian 1400 mdpl sehingga udaranya sangat sejuk, serta dikelilingi oleh area hutan pinus yang hijau dan asri. Anda dapat melakukan aktifitas Outbond, ataupun menikmati hidangan lezat di Restoran Sangkuriang, Saung Lesehan, dan Restoran Sunda.

Terminal Grafika Cikole

        Anda juga bisa menginap di Pondok Wisata, atau bersantai di Pendopo Hutan dan Aula Dayang Sumbi. Untuk mencapai lokasi Terminal Grafika baik dari Jakarta atau dari Kota Bandung, rute yang dilalui sama seperti ke arah Natural Strawberry Land and Resto karena masih berada dalam satu jalur.





Tony Effendi
25 TEMPAT WISATA DI BANDUNG YANG INDAH DAN MENARIK - written by Tony Effendi , published at 22.52, categorized as Wisata di Jawa . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID