AIR TERJUN MADAKARIPURA, WISATA YANG INDAH DAN MISTIS DI PROBOLINGGO

by Tony Effendi , at 11.47 , have 0 komentar
Air Terjun Madakaripura adalah air terjun setinggi 200 meter yang terletak di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia dan merupakan salah satu air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air Terjun Madakaripura sendiri merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Air terjun ini juga mendapat julukan "Air Terjun Abadi" karena airnya tak pernah berhenti mengalir. Lokasi Air Terjun Madakaripura juga sangat dekat dengan Gunung Bromo, karena letaknya berada di kaki salah satu bukit di Pegunungan Tengger.

Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

        Air Terjun Madakaripura berbentuk ceruk dengan dikelilingi oleh bukit-bukit yang tinggi, bukit-bukit tersebut meneteskan air seperti layaknya sedang hujan, 3 diantara tetesannya mengucur deras membentuk air terjun. Saat mengunjungi air terjun ini, disarankan membawa payung atau jas hujan jika Anda tak ingin basah-basahan. Lalu jangan lupa lindungi gadget atau ponsel Anda dengan plastik (banyak penjual kantong plastik di sini). Untuk menuju ke air terjun ini, dari parkiran Anda harus berjalan kaki sejauh 1 km dengan kontur jalan yang menanjak, menyeberangi sungai dan melewati bebatuan. Tetap hati-hati saat berjalan mendekati air terjun ini karena jalannya berupa tanah dan bebatuan yang licin karena basah, disarankan bagi Anda untuk menggunakan Sandal Gunung.

Air Terjun Madakaripura

        Suasana alami dan asri terpancar dari banyaknya pohon-pohon di bukit sekelilingnya serta tumbuhnya lumut-lumut di dinding-dinding tebing air terjun. Jangan lupa untuk bermain-main air di sini karena airnya sangat dingin dan menyegarkan. Selain itu, udara di sini juga sangat sejuk dan lembab namun sangat menyegarkan, pas buat Anda yang mencari kesejukan khas pegunungan. Namun saat musim penghujan, wisatawan dilarang mendekati air terjun karena kawasan tersebut rawan banjir dan longsor.

Patung Gajah Mada

        Saat memasuki lokasi Air Terjun Madakaripura, Anda akan menjumpai Patung Gajah Mada. Karena menurut cerita warga setempat, di Goa yang terdapat di atas air terjun inilah Gajah Mada terakhir kalinya bermeditasi dan mencapai moksa, yaitu menghilang secara fisik dan spiritual dari muka Bumi. Tak heran, banyak warga yang datang ke air terjun ini untuk bermeditasi atau bertirakat, apalagi saat malam 1 suro atau malam tahun baru Jawa dan malam tahun baru Islam.

        Selain itu, Air Terjun Madakaripura sampai saat ini masih dikeramatkan dan dianggap suci oleh umat Hindu sebagai "Tirta Sewana" (Air Suci). Setiap tahunnya, warga Tengger yang tinggal di sekitar Gunung Bromo menggunakan air dari Air Terjun Madakaripura sebagai air suci dalam prosesi "Mendhak Tirta" pada dua hari sebelum rangkaian Upacara Yadnya Kasada.




CARA MENUJU KE AIR TERJUN MADAKARIPURA

Akses untuk menuju ke Air Terjun Madakaripura dapat ditempuh menggunakan Kendaraan Pribadi maupun Kendaraan Umum. Namun disarankan menggunakan Kendaraan Pribadi, menyewa mobil ataupun mengambil Paket Wisata Gunung Bromo yang juga memasukan Air Terjun Madakaripura dalam paketnya jika tak mau repot-repot.

        Rute yang ditempuh Jika dari Kota Surabaya menggunakan Kendaraan Pribadi adalah : Sidoarjo - Porong - Pasuruan - Probolinggo - Tongas. Anda akan menemui pertigaan, belok kanan (ke arah Air Terjun Madakaripura) lalu menuju ke Kecamatan Lumbang. Dekat pasar Lumbang ambil kanan (arah menuju ke air terjun) dan ikuti jalannya hingga sampai ke Pintu masuk Air Terjun Madakaripura.

        Jika menggunakan Kendaraan Umum, Anda harus memulai perjalanan dari Probolinggo. Rute yang ditempuh adalah : Dari Terminal Bus Banyuangga Probolinggo naik bus jurusan ke Tongas/Lumbang (bilang pada kondektur kalau mau ke Air Terjun Madakaripura). Lalu berhenti di pertigaan Tongas dan lanjutkan perjalanan dengan Angkutan Umum ke Pasar Lumbang. Setelah itu naik Ojek menuju ke Pintu Gerbang Air Terjun Madakaripura.




Tony Effendi
AIR TERJUN MADAKARIPURA, WISATA YANG INDAH DAN MISTIS DI PROBOLINGGO - written by Tony Effendi , published at 11.47, categorized as Wisata di Jawa . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID