DANAU MANINJAU DAN PUNCAK LAWANG, WISATA YANG EKSOTIS DI SUMBAR

by Tony Effendi , at 21.50 , have 0 komentar
Danau Maninjau merupakan danau vulkanik yang berada di ketinggian 461,50 mdpl. Danau Maninjau terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Indonesia. Lokasinya sekitar 40 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam. Danau ini merupakan tempat wisata favorit yang indah dan menarik, serta cukup populer di Indonesia, khususnya di Sumatera Barat.

Danau Maninjau

        Danau Maninjau adalah sebuah kaldera dari letusan besar gunung berapi yang menghamburkan kurang lebih 220-250 km3 material piroklastik. Danau ini tercatat sebagai danau terluas ke 11 di Indonesia dan merupakan danau terluas kedua setelah Danau Singkarak di Sumatera Barat. Danau Maninjau memiliki aliran sungai bernama Batang Sri Antokan di sebelah barat laut danau. Sungai ini dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik oleh PLTA Maninjau.

        Danau Maninjau memiliki pemandangan yang sangat indah serta dikelilingi oleh hamparan pegunungan atau perbukitan. Disekelilingnya juga terdapat hutan-hutan pinus, membuat tampilannya semakin hijau dan asri. Selain itu udaranya juga sangat sejuk dan suasananya sangat tenang, membuat siapapun pasti betah berlama-lama di sini. Di sekitar danau ini juga terdapat keramba yang digunakan sebagai budidaya ikan air tawar seperti Nila, Patin dan Kerapu. Untuk Anda yang hobby memancing, Anda juga dapat menyalurkan hobby memancing Anda di Danau Maninjau ini.



CARA MENUJU KE DANAU MANINJAU

        Untuk jalur atau akses menuju ke Danau Maninjau sangatlah mudah, dapat Anda tempuh dengan menggunakan Kendaraan Pribadi ataupun Angkutan Umum. Ada 2 alternatif rute yang dapat Anda pilih :
  • Pertama, dari arah Barat. Dari Padang melewati Pariaman yang memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan.
  • Kedua, dari arah timur. Dari Padang melewati Bukittinggi, kemudian melalui jalur berkelok-kelok yang populer disebut Kelok 44. Lama waktu yang ditempuh sekitar 3 jam perjalanan. Meskipun lebih jauh, namun pemandangan Danau Maninjau yang indah lebih dapat Anda nikmati dari jalur ini.




PUNCAK LAWANG
        
          Puncak tertinggi di perbukitan Danau Maninjau dikenal dengan nama Puncak Lawang yang memiliki ketinggian sekitar 1210 mdpl. Di Puncak Lawang ini Anda juga dapat memacu adrenalin dengan bermain Parasailing, Paralayang atau Paragliding sambil menikmati view Danau Maninjau dan perbukitan di sekitarnya. 

        Berbagai event-event Paralayang bertaraf Internasional juga sudah diadakan di sini oleh Pemerintah Kabupaten Agam, karena termasuk lokasi Paralayang terbaik di Asia Tenggara. Puncak Lawang sendiri adalah salah satu view point terbaik untuk menikmati panorama keindahan Danau Maninjau. Dari puncak ini, Anda juga dapat menyaksikan Samudera Hindia di sebelah Barat perbukitan Danau Maninjau.

Paralayang di Puncak Lawang



CARA MENUJU KE PUNCAK LAWANG

        Untuk akses menuju ke Puncak Lawang, ada 4 alternatif rute yang dapat Anda pilih :
  • Rute Pertama : Melalui Matua, dari Bukit Tinggi ke Simpang Tiga Matua belok kanan. Saat melalui jalur ini, Anda akan menjumpai Perkebunan Tebu Lawang.
  • Rute Kedua : Melalui Ambun Pagi, lokasinya sekitar 3 km dari Matua tepatnya di awal jalan Kelok 44. Saat melalui jalur ini, Anda akan menjumpai objek wisata Ambun Tanai. Di sini, Anda akan melalui puncak perbukitan Danau Maninjau dan sangat dekat dengan bibir jurangnya. Rute kedua ini adalah favorit wisatawan, karena Anda bisa lebih menikmati panorama Danau Maninjau.
  • Rute Ketiga adalah jalur alternatif yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki, yaitu dari Pasa Bayua sekitar 4 Km sebelah Utara Maninjau. Melalui rute ini, Anda dapat mencapai Puncak Lawang dengan waktu sekitar 1,5-2 jam. Jalan setapak yang mendaki dan berada dibawah rimbun nya pepohonan.
  • Rute Keempat juga merupakan jalur alternatif yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Anda bisa memulai perjalanan dari Pasa Akaik sekitar 8 Km sebelah utara Maninjau. Melalui jalur ini, Anda akan berjalan kaki diantara hamparan persawahan dan pohon-pohon yang rindang. Pemandangan yang berbeda pun akan Anda nikmati dari jalur ini. Lama waktu yang ditempuh sekitar 4-5 jam untuk bisa sampai ke Puncak Lawang.



FASILITAS

Fasilitas di sekitar Danau Maninjau cukup lengkap, terdapat Sepeda Air, Fasilitas Berenang, Restoran, Penginapan atau Hotel (Hotel Maninjau Indah dan Hotel Pasir Panjang Permai



       
Tony Effendi
DANAU MANINJAU DAN PUNCAK LAWANG, WISATA YANG EKSOTIS DI SUMBAR - written by Tony Effendi , published at 21.50, categorized as Wisata di Sumatera . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID