PANTAI BALEKAMBANG, WISATA PANTAI YANG INDAH DI MALANG

by Tony Effendi , at 20.28 , have 0 komentar
Pantai Balekambang terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur atau sekitar 65 km dari Kota Malang. Pantai ini termasuk di wilayah Pesisir Selatan Pulau Jawa dan terletak di tepi Samudra Indonesia. Pantai ini mulai berkembang dan ditempati penduduk pada tahun 1978, setelah adanya pembukaan akses jalan yang dilakukan Kepala Desa saat itu yang bernama Srigonco Tukiran. Baru pada tahun 1985, Pantai Balekambang, Malang menjadi tempat wisata pantai andalan di Malang. Popularitas Pantai Balekambang kian menanjak setelah resmi dibuka sebagai tempat wisata oleh Bupati Malang saat itu, Bpk. Eddy Slamet pada tahun 1983. Sejak saat itu, pembangunan dan pembenahan infrastruktur maupun fasilitas mulai dilakukan.

Pantai Balekambang, Malang

        Pantai Balekambang menjadi wisata favorit dan sangat populer di Malang karena memiliki panorama pantai yang sangat indah. Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang, karena memiliki pasir dan karang yang landai. Sehingga cukup aman digunakan bermain-main air di pinggiran pantainya. Namun, harap diperhatikan pula batas amannya (terdapat tanda zona aman). Batuan karang di pantai ini membentang sepanjang 2 km dengan lebar 200 m ke arah laut sehingga saat air laut sedang surut, akan terlihat batuan-batuan karang yang menonjol, dan Anda pun bisa melihat ikan-ikan kecil yang indah dan lucu terperangkap diantara karang-karang laut. Selain itu, saat sore hari Anda juga bisa melihat panorama Sunset yang sangat indah.

        Sekilas, Pantai Balekambang mirip seperti di Tanah Lot, Bali. Kedua pantai tersebut sama-sama memiliki pulau yang terletak di lepas pantai dan sama-sama memiliki sebuah Pura megah yang berdiri di atasnya. Bedanya, di Pantai Balekambang terdapat 3 Pulau, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Pura yang didirikan di pantai ini bernama Pura Luhur Amertha Jati atau Pura Amarta Jati yang terletak di Pulau Ismoyo. Letak pulau ini sekitar 70 m dari bibir pantai, sehingga dibangun sebuah jembatan dengan lebar 1,5 m untuk jalan menuju ke Pura.

Jembatan yang digunakan untuk menyeberang ke Pura

        Saat Hari Raya Nyepi, umat Agama Hindu banyak yang datang ke Pura Amarta Jati untuk beribadah dan menggelar ritual keagamaan Hindu. Sedangkan pada bulan Suro atau Sura (nama bulan pada kalender Jawa) yang bertepatan dengan Bulan Hijriyah, di Pantai Balekambang diadakan Upacara Suroan dan Upacara Jalanidhi Puja. Sehingga menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Pantai Balekambang ini.



FASILITAS

Meski terletak jauh dari Kota Malang dan bisa dikatakan daerah terpencil, namun untuk urusan fasilitas di Pantai Balekambang ini terbilang lengkap. Di sini banyak terdapat Warung penjual Makanan, Restoran, serta Toko Souvenir. Terdapat juga Mushola, Toilet umum, Kantor Informasi, Parkiran yang luas, Pendopo, Bungalow, Camping ground dan bahkan Tempat Penginapan.

        Untuk sarana hiburan tambahan, di pantai ini terdapat Flying Fox, Persewaan ATV, dan beberapa permainan untuk anak-anak seperti ayunan dan patung-patung binatang.




CARA MENUJU KE PANTAI BALEKAMBANG

Pantai Balekambang terletak di Malang selatan. Untuk mencapai lokasinya, ada beberapa jalur atau rute yang dapat ditempuh.

  • Perjalanan dari Kota Malang menggunakan kendaraan pribadi (atau menyewa mobil dari Malang) cukup mudah dilakukan karena banyak terpampang penunjuk jalan yang menuju ke Pantai Balekambang, perjalanan dapat ditempuh dengan 2 rute, yaitu : 
    1. Rute Malang - Kepanjen, Anda akan menempuh perjalanan melewati Kecamatan Gondanglegi – Kecamatan Pagelaran – Kecamatan Bantur kemudian Desa Sri Gonco, dan lanjut sampai ke Pantai Balekambang.
    2. Rute Malang - Bululawang, Anda akan melewati Desa Gadang dan Desa Kendalpayak hingga sampai di Kecamatan Gondanglegi. Dari Gondanglegi, jalur yang dilalui sama dengan jalur rute Malang – Kepanjen di atas.
  • Kalau Anda menggunakan Angkutan Umum, di Terminal Arjosari ataupun Stasiun Kota Malang terdapat Angkot Jurusan Gadang yang menuju ke Terminal Gadang. Dari Terminal Gadang, naik Angkutan menuju ke Bantur. Dari Bantur, perjalanan ke Pantai Balekambang biasanya dilanjutkan dengan menggunakan Ojek.
  • Jika dari Kota Jogja dan Solo menggunakan angkutan umum, Anda dapat menggunakan Kereta Api Malioboro Ekspress dan Bus Rosalia Indah jurusan Jogja -Malang. Setelah turun dari Stasiun maupun Terminal, perjalanan dapat dilanjutkan seperti poin di atas.
  • Jika dari Blitar, Anda dapat melalui jalur utama Blitar - Malang dengan rute Kecamatan Kepanjen - Kecamatan Pagak - Kecamatan Bantur - Desa Sri Gonco lanjut ke Pantai Balekambang.
  • Jika dari Kediri, lebih dekat ditempuh melalui jalur utama Blitar - Malang dengan rute perjalanan seperti di atas.
Jika Anda pergi secara rombongan dan tak mau repot-repot memikirkan rute, Anda dapat menggunakan jasa Agen perjalanan atau Travel yang banyak terdapat di Kota Malang, Blitar, dan Kediri.





Tony Effendi
PANTAI BALEKAMBANG, WISATA PANTAI YANG INDAH DI MALANG - written by Tony Effendi , published at 20.28, categorized as Wisata di Jawa . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID