15 TEMPAT WISATA DI BATAM YANG INDAH DAN MENARIK

by Tony Effendi , at 12.06 , have 0 komentar
Batam adalah salah satu kota dengan letak yang sangat strategis karena berada di jalur pelayaran Internasional, selain itu letak Kota Batam juga dekat atau berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Kota Batam terletak di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Kota Batam ini merupakan kota terbesar ketiga di wilayah Sumatera setelah Medan dan Palembang menurut jumlah penduduk. Wilayah Metropolitan Batam terdiri dari tiga pulau, yaitu Batam, Rempang dan Galang yang dihubungkan oleh sebuah jembatan, yakni Jembatan Barelang.

        Tempat-tempat wisata di Batam juga berkembang semakin pesat sejak diadakannya tahun kunjungan wisata bertajuk Visit Batam 2010 - Experience it. Tempat-tempat wisata yang dikelola dengan baik dan didukung dengan fasilitas Hotel, Resort, dan Penginapan yang berstandart Internasional membuat Kota Batam banyak dijadikan destinasi liburan tak hanya wisatawan dalam negeri, namun juga wisatawan luar negeri.

        Tempat-tempat wisata di Batam cukup beragam dan banyak diantaranya dikelola dengan cukup baik, terdapat pantai, kampung wisata, waterpark, ikon kota, sampai wisata kuliner semua tersaji lengkap di kota ini. Dan, tempat-tempat wisata apa saja yang recommended dan wajib untuk dikunjungi tersebut?


1. Pantai Nongsa


Pantai Nongsa

Terletak di bagian timur laut Pulau Batam, tepatnya di Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, nama Pantai Nongsa ini sudah tak asing lagi dan sangat populer di Batam. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis, air lautnya berwarna biru dan jernih, memiliki hamparan pasir putih, serta ombaknya yang tenang. Panorama sunset-nya pun juga tak kalah indah.

        Selain bisa bermain maupun berenang, di pantai ini Anda juga dapat melakukan Snorkeling karena terdapat spot-spot snorkeling yang memiliki pemandangan bawah laut yang sangat cantik. Karena letaknya sangat dekat dengan pesisir pantai di Singapura, saat malam hari Anda bisa melihat gemerlapnya Singapura dari kejauhan. Fasilitas-fasilitas yang terdapat di pantai ini juga sangat lengkap, terdapat Hotel dan Resort berstandart Internasional, Restoran, Pusat Perbelanjaan, Penjual Souvenir, dan Lapangan Golf.



2. Ocarina Park


Ocarina Batam Theme Park

Ocarina Park atau Ocarina Batam Theme Park adalah taman bermain seluas 40 hektar yang berada di tepian pantai. Terletak di Jalan Bunga Raya, Sadai, Bengkong, Kep. Riau, sekitar 1 km dari Pelabuhan Batam Center. Ocarina Park memiliki sejumlah wahana-wahana yang menarik, diantaranya : Water Park, Kiddy Land, Kolam Bangau, Giant Wheel, Flying Fox, Patung Shio Tionghoa, 3D Movie Theater,Trampolin, Water Feature, Spot untuk fotografi.

        Tak hanya wahana permainan saja, di Ocarina Park juga sering diadakan konser-konser musik. Di sini juga terdapat Restoran yang menyajikan masakan Sea Food maupun masakan khas Batam serta terdapat Pusat Oleh-oleh dan Souvenir.



3. Pantai Marina


Pantai Marina, Batam

Terletak di Kawasan Marina Water Front City, Jalan KH. Ahmad Dahlan, Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Kepulauan Riau, lokasi Pantai Marina berada di salah satu Resort termewah di Batam. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan hamparan pasir putih, panorama sunset-nya pun juga sangat indah. Saat cuaca sedang cerah, Anda bisa melihat Marina Bay Sands di Singapura, karena letak Pantai Marina ini menghadap ke Selat Singapura.

        Selain sebagai kawasan wisata, pantai ini juga berfungsi sebagai pelabuhan Ferry International Water Front City. Di tepian pantai ini terdapat taman hijau yang ditata rapi dan dilengkapi dengan arena permainan anak-anak, sehingga pantai ini juga sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga. Di sini Anda dapat Berenang, Bermain Banana Boat dan Jetski. Jika Anda ingin menginap maupun mencari makanan, di kawasan pantai ini juga banyak terdapat Hotel dan Restoran.



4. Pantai Melur


Pantai Melur

Terletak di sisi barat Pulau Galang, di Barelang, Tanjung Pinang atau sekitar 45 km sebelah selatan Pulau Batam, Pantai Melur menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan eksotis. Pantai ini memiliki air laut yang biru dan jernih, serta memiliki hamparan pasir putih. Selain itu, di pinggiran pantainya banyak ditumbuhi pepohonan yang rimbun, sehingga membuat suasana semakin teduh dan asri.

        Aktifitas populer yang bisa Anda lakukan di pantai ini adalah Berenang, Bermain Pasir dan Bermain Air, Naik Perahu, Bermain Banana Boat, atau hanya bersantai menikmati keindahan pantainya. Meskipun Pantai Melur tak begitu luas, namun pantai ini masih cukup alami dan suasananya juga cukup menyenangkan.



5. Pantai Sekilak

Pantai Sekilak

Terletak di Komp. Nagoya Garden Blok G, Jalan Teuku Umar, Kampung Seraya, Batu Ampar, Kepulauan Riau, tepatnya di Belahan Timur Kota Batam berjarak 20 km dari pelabuhan Laut Sekupang, 5 km dari Bandara Internasional Hang Nadim, 8 km dari Pelabuhan Laut Batam Centre. Pantai Sekilak ini memiliki air laut yang biru, berpasir putih, dan dihiasi oleh batuan karang berwarna merah, serta banyak ditumbuhi pohon kelapa di sekelilingnya.

        Yang menarik dari pantai ini adalah adanya danau buatan yang bernama Teluk Penyu. Di Teluk Penyu ini Anda dapat melakukan berbagai macam permainan air seperti : Canoe/Kayak, Sepeda Air, Dragon Boat, dan Banana Boat. Selain itu juga dilengkapi dengan Panggung Hiburan, Pusat Jajanan atau Kuliner, Taman Bermain, Lapangan Volley & Futsal, serta Toilet Umum gratis.



6. Pantai Melayu Barelang


Pantai Melayu, Barelang

Pantai Melayu terletak di Pulau Rempang, masuk ke gugusan pulau-pulau yang dihubungkan oleh Jembatan Barelang. Lokasi Pantai Melayu kurang lebih 15 menit dari Jembatan Barelang. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah, berpasir putih, dan ombak yang tenang, sehingga cukup aman untuk bermain air. Selain itu, kawasan pantai ini juga dilengkapi dengan taman, pepohonan yang teduh, dan trotoar bagi pejalan kaki.

        Aktifitas populer yang dapat Anda lakukan di sini adalah Camping di bawah pohon yang teduh, Bermain Banana Boat, Naik Perahu, dan Menyelam. Di sini juga terdapat warung penjual makanan, warung kopi, dan penjual Souvenir atau Oleh-oleh.



7. Pantai Tanjung Bemban

Pantai Tanjung Bemban

Terletak di kawasan Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Pantai Tanjung Bemban adalah salah satu pantai yang cukup populer di Batam dan tak pernah sepi pengunjung. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih, air laut yang jernih dengan ombak yang cukup tenang. Deretan pohon-pohon kelapa di sekitarnya turut mempercantik tampilan pantai serta memberikan suasana yang teduh dan asri.

        Lokasi pantai ini dekat dengan daratan Malaysia, maka tak heran jika Anda akan menjumpai Kapal-kapal besar yang menuju ke Malaysia maupun Singapura. Di pantai ini Anda bisa bermain air, bermain pasir, atau bersantai bersama keluarga sambil menikmati keindahan pantai. Di pantai ini juga terdapat Restoran yang menyajikan hidangan Sea Food, penjual minuman air kelapa muda, serta terdapat Masjid.



8. Pantai Tanjung Pinggir

Pantai Tanjung Pinggir

Terletak di Sekupang, Batam, Kepulauan Riau, pantai ini berhadapan langsung dengan Singapura sehingga Anda dapat melihat langsung Gedung kembar tiga Marina Bay Sands nun di Teluk Marina, Singapura. Pantai ini memiliki bagian yang berpasir dan berbatu, sehingga Anda dapat bermain pasir atau memancing di atas bebatuan.

        Saat air laut sedang surut, Anda juga akan menemui ikan-ikan kecil yang terjebak di bebatuan. Di sekitar area Pantai Tanjung Pinggir ini juga terdapat taman yang tertata rapi dan bersih serta ditumbuhi pepohonan yang teduh, sehingga pantai ini sangat cocok digunakan untuk bersantai bersama keluarga sambil menikmati keindahan pantai maupun menanti datangnya Sunset.



9. Kampung Vietnam

Kampung Vietnam

Terletak di Pulau Balang, Kepulauan Riau, tepatnya berada di ujung selatan Kota batam dan berjarak kurang lebih 50 km dari pusat kota. Kampung Vietnam ini adalah perkampungan yang dulu dihuni oleh mayoritas warga Vietnam, namun sekarang tak berpenghuni. Meski tak berpenghuni lagi, namun bekas peninggalan warga Vietnam tersebut tetap dilestarikan dan dijadikan tempat wisata.

        Peninggalan-peninggalan warga Vietnam yang dapat Anda temui antara lain Rumah, Museum, Tempat ibadah, Penjara, Monumen Perahu, Patung Humanity, serta Makam. Tak heran jika sering sekali warga Vietnam yang mengunjungi makam keluarga mereka yang dikebumikan di sini.



10. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang, Batam

Nama Jembatan Barelang merupakan singkatan dari BAtam, REmpang, dan GaLANG. Jembatan ini menghubungkan pulau-pulau di Pulau Batam, yaitu Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru yang bertujuan meningkatkan kemajuan perekonomian dan perindustrian.

        Jembatan Barelang ini adalah Ikon Kota Batam sekaligus Landmark-nya Kota Batam, sehingga sering juga dijadikan tujuan wisata bagi warga yang berkunjung ke sana. Ikon Kota Batam ini juga sering dijadikan objek fotografi maupun selfie. Saat malam hari, panorama jembatan ini semakin cantik dengan pancaran lampu-lampu yang menghiasinya.



11. Harbour Bay Batam

Harbour Bay Batam

Harbour Bay adalah Pelabuhan yang letaknya hanya 5 menit dari pusat kota Sei Jodoh dan Nagoya. Selain berfungsi sebaga pelabuhan Internasional, Harbour Bay juga bisa menjadi tempat berwisata Anda karena di sini terdapat Harbour Bay Mall, Hotel, Cafe, Karaoke, Pub, dan Restoran. Jika Anda ingin berwisata kuliner, di sini terdapat Harbour Bay Foodcourt yang menyajikan aneka masakan Sea Food sambil ditemani pemandangan laut yang indah.



12. Bukit Senyum

Bukit Senyum

Terletak di Tj. Uncang, Batu Aji, Kota Batam, Bukit Senyum merupakan lokasi perbukitan di Batam. Di Bukit Senyum Anda tak hanya bisa melihat pemandangan Kota Batam, namun Anda juga dapat melihat pemandangan negara Singapura. Gedung-gedung yang tinggi, Lautan yang biru, Kapal-kapal besar, dan Pesawat dari Bandara Cangi Singapura bisa Anda lihat dari sini. Pemandangan-pemandangan tersebut semakin indah saat malam hari, Anda dapat melihat gemerlap lampu dari bangunan dan kapal-kapal di Singapura.



13. Batam City Square (BCS)

Batam City Square (BCS)

Terletak di Jl. Bunga Raya, Baloi, Batam Kepulauan Riau, Batam City Square (BCS) adalah Pusat Perbelanjaan, Rekreasi, dan Hiburan yang lengkap dan selalu ramai oleh pengunjung. Di sini terdapat banyak toko-toko yang menjual pakaian bermerk (branded), Supermarket, Butik, Tas desainer, Sepatu, Aksesoris, Jam Tangan, Gadget, Furniture, barang rumah tangga, dan barang-barang Elektronik. Selain itu, Anda juga akan menemukan Bioskop, Salon, Spa, Arena Game, Bowling, Karaoke, Galeri, dan Atrium untuk acara perayaan. Di sini juga terdapat Restoran, Food Court dan Cafe. Lahan parkir di BCS ini juga luas dan dapat menampung lebih dari 1.000 mobil.



14. Nagoya City Walk

Nagoya City Walk

Terletak di Jl. Komplek Nagoya City Walk, Lubuk Baja, Kota Batam, Nagoya City Walk adalah Pusat Perbelanjaan, Rekreasi, dan Hiburan dengan konsep City Walk Mall. Di sini adalah surganya wisata belanja yang dilengkapi dengan taman-taman hijau, outlet-outlet berkelas, dan arena bermain anak-anak. Anda akan menemukan barang-barang import dengan harga yang lebih murah karena barang-barang yang masuk di Batam tak dikenakan biaya Cukai. Tak hanya menjual barang-barang rumah tangga, Fashion dan Entertainment saja, namun di Nagoya City Walk ini juga surganya wisata Kuliner.



15. Queen Garden Waterboom

Queen Garden Waterboom

Terletak di Bengkong Laut, Batam, Queen Garden Waterboom ini adalah wahana permainan air yang cukup menarik, populer, dan terbesar di Batam. Di sini terdapat aneka seluncuran menarik yang dibuat khusus untuk anak-anak maupun orang dewasa. Di waterboom ini terdapat wahana-wahana yang cukup populer yaitu Single Pool, Twester Pool, Kiddie Pool, Lazy Pool, Semi Olympic Pool, Decider Pool, dan Teen Pool.

        Terdapat juga wahana-wahana yang cukup menantang, seperti Roler Coaster, Wahana Jetsky, Electric Boad, dan Outbond. Tak hanya memiliki wahana-wahana yang menarik, di sini juga terdapat Mini Zoo atau kebun binatang mini yang memiliki koleksi beraneka Burung, Unggas, dan Ikan. Selain itu, terdapat juga fasilitas-fasilitas pendukung, antara lain Food Court, Souvenir Shop, Concert Area dan Gazebo.




Tony Effendi
15 TEMPAT WISATA DI BATAM YANG INDAH DAN MENARIK - written by Tony Effendi , published at 12.06, categorized as Kepulauan . And have 0 komentar
Next Posting Lama
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID