20 TEMPAT WISATA DI LAMPUNG YANG WAJIB DIKUNJUNGI

by Tony Effendi , at 21.05 , have 0 komentar
Potensi wisata di Indonesia tak ada habisnya untuk digali lebih dalam karena Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak pulau. Dan, salah satu tempat wisata yang menarik dan sangat eksotis yang akan kita bahas kali ini adalah tempat-tempat wisata yang berada di Lampung. Lampung adalah sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatera, Indonesia, Ibukotanya terletak di Bandar Lampung. sebelah utara berbatasan dengan Bengkulu dan Sumatera Selatan.

        Untuk memenuhi kebutuhan akses transportasi, Lampung memiliki Bandar Udara utama yang bernama "Radin Inten II", yaitu nama baru dari "Branti", lokasinya sekitar 28 Km dari Ibukota melalui jalan negara menuju Kotabumi, dan Lapangan terbang AURI terdapat di Menggala yang bernama Astra Ksetra. Lampung juga memiliki Pelabuhan utama bernama Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni serta pelabuhan nelayan seperti Pasar Ikan (Telukbetung), Tarahan, dan Kalianda di Teluk Lampung.

        Lampung juga menyimpan potensi tempat-tempat wisata yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Tempat wisata di Lampung terbilang cukup lengkap, mulai dari wisata alam seperti pantai, taman bawah laut, air terjun, dan taman nasional hingga tempat wisata bersejarah ada di sini. Bahkan, beberapa pantainya juga masih alami serta memiliki keunikan tersendiri.

Nah, tempat-tempat wisata apa saja yang wajib untuk dikunjungi saat berada di Lampung


1. Teluk Kiluan


Teluk Kiluan

Terletak di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus Privinsi Lampung, lokasinya dapat ditempuh sekitar 4 jam dari Kota Bandar Lampung menggunakan kendaraan pribadi. Pantai Teluk Kiluan ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis dengan balutan air laut yang berwarna biru dan jernih disertai hamparan pasir putih.

        Yang paling menarik dari Teluk Kiluan ini adalah terdapat atraksi Lumba-lumba, untuk dapat melihat lumba-lumba ini sebaiknya Anda berangkat pagi-pagi sekali (sekitar jam 5-6) menggunakan perahu. Selain itu, di sini Anda juga bisa bermain Snorkeling dan memancing.



2. Pantai Pasir Putih


Pantai Pasir Putih, Lampung

Terletak di Jalan Trans Sumatera, Tarahan, Kabupaten Lampung Selatan, Pantai Pasir Putih berjarak 20km dari Kota Bandar Lampung dan dapat ditempuh sekitar 30-40 menit. Lokasi Pantai Pasir Putih ini sangat mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Pantai Pasir putih memiliki pemandangan yang sangat memukau, air laut yang biru dan jernih, hamparan pasir putih yang bersih, dan ditambah deretan pepohonan di sekitar pantai membuat suasana semakin asri dan juga teduh.

        Di sini Anda dapat berjemur, bermain air, berjalan-jalan mengelilingi pinggir pantai, atau hanya bersantai sambil menunggu panorama sunset yang indah. Anda juga dapat mengitari pantainya dengan menyewa perahu maupun bermain Snorkeling, karena terdapat spot-spot snorkeling yang menawarkan pemandangan karang dan ikan-ikan kecil yang menawan. Jika Anda ingin berlama-lama di sini, Anda tak perlu khawatir karena di sekitar Pantai Pasir Putih juga terdapat penginapan.



3. Pantai Gigi Hiu


Pantai Gigi Hiu

Terletak di Kecamatan Pegadungan, Kabupaten Tanggamus, Lampung, untuk menuju ke lokasinya terbilang cukup sulit karena letaknya yang di pelosok ditambah akses jalan yang sulit pula. Namun bagi Anda yang berjiwa muda dan menyukai tantangan, pasti bukan masalah besar. Yang membedakan Pantai Gigi Hiu dan pantai lainnya adalah adanya gugusan batu-batu karang yang menjulang dan memiliki tinggi bervariasi (sekitar 1 - 10 meter). Batu-batu karang tersebut berbentuk meruncing dan tersebar di sekitar area pantai, sehingga terlihat seperti gigi Ikan Hiu.

        Pantai ini terlihat masih sangat alami dan belum banyak wisatawan yang mengunjunginya. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar disertai batuan karang yang runcing, sehingga sangat disarankan tidak berenang di pantai ini. Pantai Gigi Hiu ini sangat ideal bagi para Fotografer karena pemandangannya yang sangat unik dan menarik. Selain itu pantai ini juga sangat cocok bagi para pemancing karena di perairan pantai ini terdapat ikan yang menjadi favorit para pemancing, yaitu Ikan Marlin.



4. Pantai Walur

Pantai Walur

Terletak di Desa Walur, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Lampung Barat, Pantai Walur ini hanya berjarak kurang lebih 5 km dari pusat Kota Krui. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang indah disertai air lautnya yang biru dan jernih. Di sekeliling pantai ini juga ditumbuhi pohon-pohon kelapa dan hamparan rumput hijau, sehingga membuat suasana di pantai ini begitu teduh dan asri.

        Aktifitas populer yang bisa dilakukan di sini adalah bermain pasir, bermain air, ataupun berenang karena ombak di pantai ini cukup tenang. Selain itu, di pantai ini Anda juga bisa menyalurkan hobi memancing Anda. Di sini juga terdapat Penginapan dan Penjual Makanan.



5. Pantai Tanjung Setia


Pantai Tanjung Setia

Terletak di Desa Tanjung Setia, Kabupaten Lampung Barat, Lampung, berjarak sekitar 273 km atau sekitar 6 - 7 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung. Pantai ini tepat berada di jalur arus besar Samudera Hindia, sehingga ombak yang dimiliki pantai ini sangat sempurna untuk olahraga Surfing. Ombak di Pantai Tanjung Setia memiliki ketinggian rata-rata 6 - 7 meter, karena itulah pantai ini merupakan spot favorit bagi para peselancar dunia.

        Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dengan deretan pepohonan yang tumbuh di sekelilingnya, selain itu kondisi pantai ini juga masih sangat alami. Pantai Tanjung Setia ini juga merupakan lokasi favorit para pemancing, karena di sini terdapat Ikan Marlin yang berukuran besar.



6. Gunung Krakatau


Gunung Krakatau

Nama gunung ini sudah tak asing lagi, karena pernah mengalami letusan yang dahsyat pada tahun 1883 yang disertai tsunami. Sekarang Gunung Krakatau telah menjadi daerah konservasi alam, sehinngga untuk memasuki kawasan krakatau, Anda harus minta izin terlebih dahulu ke Balai Observasi Lampung. Terletak di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra, Gunung Krakatau menawarkan keindahan bahari, pegunungan dan lautan yang menawan, sehingga banyak disukai oleh wisatawan.



7. Taman Purbakala Pugung Raharjo


Situs Purbakala Pugung Raharjo

Sering juga disebut Situs Purbakala Pugung Raharjo, terletak di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, sekitar 52 km arah timur dari Kota Bandar Lampung. Tempat ini merupakan situs arkeolog yang terdapat peninggalan dari masa kebudayaan megalit seperti arca, punden berundak, batu mayat (batu kandang), altar batu, menhir, batu berlubang, dan dolmen. Bagi Anda yang menyukai tempat wisata bersejarah, Situs Purbakala Pugung Raharjo ini adalah tempat yang tepat untuk Anda kunjungi.



8. Air Terjun Putri Malu


Air Terjun Putri Malu

Terletak di Kampung Juku Batu, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan, Lampung, sekitar 46 km dari Ibukota Kabupaten Way Kanan. Air Terjun Putri Malu memiliki ketinggian sekitar 80 meter yang berbentuk melengkung menyerupai punggung manusia sehingga dinamakan Air Terjun Putri Malu. Jangan lewatkan untuk bermain air atau mandi di danaunya karena airnya sangat menyegarkan ditambah hamparan pepohonan di sekelilingnya yang sangat asri dan menyejukkan.



9. Air Terjun Curup Tujuh


Air Terjun Curup Tujuh

Terletak di Desa Margajaya, Kecamatan Selagai Lingga, Lampung Tengah. Untuk mencapai lokasi air terjun ini dapat menggunakan sepeda motor maupun menggunakan mobil. Namun jika Anda menggunakan mobil, setelah dekat di lokasi Anda harus menggunakan motor yang telah disewakan karena akses jalannya tidak bisa dilalui oleh mobil. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter yang mengalir diantara bebatuan. Suara gemericik dan segarnya air terjun ini dapat membuat suasanan hati Anda menjadi tenang, ditambah hamparan pepohonan yang asri disekelilingnya membuat suasana semakin sejuk. Selain itu jika pancaran sinar matahari cukup terang, Anda bisa melihat pelangi yang semakin menambah keindahan dari tempat ini.



10. Pulau Condong


Pulau Condong

Terletak 1 km dari Jalur By Pass Bandar Lampung - Bakauheni, pulau ini dapat dicapai menggunakan perahu motor, dengan waktu tempuh sekitar 15-25 menit. Pulau ini berbentuk seperti kerucut mirip kubah dimana seluruh lereng dan permukaan bukit dipenuhi oleh vegetasi hutan pantai, seperti pohon merbau, waru, ketapang, dan sebagainya.

        Di sebelah utara pulau ini terdapat pantai yang indah dengan hamparan pasir putih dan bersih. Di sebelah barat pulau, terdapat sebuah goa serta pantai yang berombak, di sebelah timur terdapat rangkaian terumbu karang yang eksotis, sedangkan di sebelah selatan banyak terdapat tebing. Singkatnya, saat berada di Pulau Condong ini Anda dapat menikmati berbagai keindahan alam sekaligus dalam satu waktu.



11. Pulau Sebuku


Pulau Sebuku

Terletak di Selat Sunda yang berada di sebelah selatan perairan Kabupaten Lampung Timur, atau sekitar 2,3 km dari selatan Pulau Sumatra. Lokasinya dapat dijangkau menggunakan perahu motor dari Dermaga Canti yang memakan waktu kurang lebih satu jam. Pulau Sebuku ini memiliki pantai yang cantik dengan air laut yang biru dan jernih disertai hamparan pasir putih. Aktifitas populer yang bisa Anda lakukan di sini adalah Snorkeling dan Diving, karena di sini terdapat spot-spot snorkeling dengan pemandangan batu karang yang menawan disertai ikan-ikan kecil yang cantik.



12. Pulau Kubur


Pulau Kubur

Terletak di Teluk Lampung yang ada di daerah pesisir Bandar Lampung, lokasi pulau ini dapat dicapai dalam waktu kurang lebih 20 menit menggunakan perahu motor. Mungkin bagi sebagian orang nama Pulau Kubur sedikit aneh dan mengerikan, namun sebenarnya nama Pulau Kubur sendiri diambil karena dulu pulau ini digunakan untuk upacara penaburan abu jenazah ke lautan.

        Pulau Kubur sebenarnya adalah sebuah pulau karang yang terdiri dari dua bagian, di satu sisi terdapat sebuah pantai yang indah, dan di satu sisi lainnya merupakan tebing karang yang menghadap pantai. Bagi para pemancing, lokasi pulau ini sangat cocok karena ikan-ikan besar banyak terdapat di karang-karang tersebut. Pulau Kubur ini masih sangat alami namun tak berpenghuni, tetapi di pulau ini terdapat pondok-pondok sederhana untuk beristirahat.



13. Pulau Pahawang


Pulau Pahawang

Terletak di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Pulau Pahawang terdiri dari Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Untuk menuju ke Pulau Pahawang hanya menghabiskan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam dari kota Bandar Lampung menuju dermaga Ketapang, lalu naik perahu menuju pulau pahawang besar.  Pulau Pahawang ini adalah surganya taman bawah laut, sangat ideal bagi Anda yang hobi Snorkeling.

        Pulau Pahawang memiliki batuan karang yang sangat indah dan masih alami, serta memiliki berbagai ikan-ikan cantik yang menawan. Selain itu, pulau ini juga memiliki pantai yang indah dengan airnya yang biru dan jernih ditambah hamparan pasir putih yang indah.



14. Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung

Terletak di Desa Sidodadi, Kabupaten Pesawaran, Bandar Lampung, atau sekitar 14 km dari Kota Bandar Lampung. Pantai Sari Ringgung memiliki fenomena unik yang berbeda dari pantai-pantai lainnya, yaitu adanya Pasir Timbul. Pasir Timbul adalah pasir yang terbentuk secara alami di tengah lautan, biasanya pasir ini akan timbul saat air laut sedang surut di siang hari.

        Untuk melihat Pasir Timbul tersebut, Anda dapat menyewa perahu dan membutuhkan waktu sekitar 15 - 20 menit untuk sampai di lokasi. Pantai ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah, pasir putih, air laut yang biru, serta ombaknya yang tenang. Di pantai ini juga terdapat Wahana bermain anak-anak, Wahana Tong Air, Boat Cafe Resto, Mountain View, Lapangan Futsal Pantai dan Masjid Apung.


15. Taman Nasional Way Kambas


Taman Nasional Way Kambas (TNWK)

Taman Nasional Way Kambas (TNWK) berlokasi di ujung selatan Pulau Sumatera, jaraknya 110 km dari Kota Bandar Lampung. Taman Nasional ini adalah taman nasional tertua di Indonesia yang berada di atas lahan seluas 1.300 km². TNWK berfokus pada pelatihan dan perlindungan Gajah. Di sini Anda bisa berkeliling menaiki Gajah ataupun melihat atraksi-atraksi Gajah.

        Untuk memasuki kawasan ini, Anda harus meminta surat izin terlebih dulu di depan pintu masuk taman atau di kantor pusat Balai Konservasi Sumber Daya Alam 11 di Bandar Lampung. Anda juga harus diwajibkan untuk bersama pemandu saat berada di TNWK, karena jika salah arah dikhawatirkan akan tersesat.



16. Pantai Klara

Pantai Klara

Lokasi Pantai Klara ini tak jauh dari Kota Bandar Lampung, dapat ditempuh hanya 30 menit saja. Pantai Klara memiliki air laut yang biru dan jernih , berpasir putih, dan banyak ditumbuhi pohon-pohon Kelapa di sekelilingnya, selain itu suasana pantai juga masih sepi. Di sekitar pantai juga terdapat beberapa gazebo yang disewakan, sehingga sangat ideal bagi Anda yang ingin beristirahat sejenak ataupun bersantai sambil menikmati keindahan pantai.

        Untuk menuju ke gazebo tersebut, Anda dapat melewati jembatan kayu yang telah disediakan. Di atap-atap gazebo tersebut tertulis TNI-AL, karena memang pantai ini adalah wilayah TNI-AL Lampung yang sebagian juga dimanfaatkan untuk tempat wisata. Tak jauh dari pantai, terdapat Pangkalan TNI-AL yang juga digunakan sebagai tempat latihan.



17. Menara Siger


Menara Siger

Menara Siger adalah menara yang juga menjadi titik nol Sumatra Selatan, menara ini juga adalah ikon Kota Lampung. Menara ini berbentuk Siger (topi adat pengantin wanita Lampung) yang berwarna emas. Secara fisik, Menara Siger dibangun dengan memperhatikan ciri khas Lampung. Di sekitar tugu dibangun ruang-ruang yang menampilkan budaya Lampung serta sarana-prasarana pariwisata. Sebagai tugu di ujung Pulau Sumatera, Menara Siger dilengkapi dengan tulisan penanda Titik Nol Pulau Sumatera.

        Menara Siger dilengkapi ruangan tempat wisatawan melihat Pelabuhan Bakauheni serta keindahan panorama laut dan alam sekitarnya. Tak hanya sebagai Ikon Lampung, menara Siger juga menjadi ikon pariwisata, keagamaan, seni dan budaya, serta pendidikan. Jika Anda mengunjungi Lampung, Menara Siger adalah tempat yang wajib untuk Anda kunjungi.



18. Taman Wisata Bumi Kedaton


Taman Wisata Bumi Kedaton

Terletak di Jl. Dr. Setia Budi, Desa Batu Putuk, Kecamatan Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung, atau sekitar 8 km dari Kota Bandar Lampung. Taman Wisata ini memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap, dari jenis burung, reptil, primata, dan mamalia. Di sini, pengunjung dapat melihat atraksi Gajah ataupun menaiki Gajah. Di sini pengunjung juga bisa berkeliling dengan naik Kuda ataupun Kereta Kuda.

        Taman Wisata ini juga memiliki Waterpark yang memiliki wahana air atau seluncuran. Jika Anda berasal dari luar kota atau ingin berlama lama di sini, terdapat juga Resort Bumi Kedaton yang berada satu lokasi. Resort Bumi Kedaton menawarkan kenyamanan dengan view pegunungan hijau dengan udara yang sejuk, serta memiliki kolam renang.



19. Danau Ranau

Danau Ranau

Terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan, Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Danau ini merupakan danau vulkanik yang tercipta dari letusan gunung berapi dan terbentuk cekungan besar. Secara geografis, Danau Ranau berada di perbukitan dan lembah, hal inilah yang membuat udara di sekitar Danau Ranau ini menjadi sejuk.

        Pemandangan yang ditawarkan danau ini sangat indah, apalagi jika Anda melihat Danau Ranau ini dari Puncak Gunung Seminung. Tepat di tengah danau terdapat pulau yang bernama Pulau Marisa. Di sana terdapat sumber air panas, air terjun, dan penginapan. Di sini Anda dapat mengelilingi danau dengan menyewa perahu ataupun memancing, karena di danau ini terdapat ikan seperti : mujair, kepor, kepiat, dan harongan.



20. Kawasan Wisata Kalianda

Kalianda

Kalianda adalah sebuah Kecamatan yang terletak di Lampung Selatan. Lokasi Kalianda berada di tepian pantai sepanjang Teluk Lampung, tak heran kalau di sini terdapat banyak tempat-tempat wisata yang indah. Tempat-tempat wisata di Kalianda tersebut antara lain : Taman Makam Pahlawan Radin Intan II, Pemandian Way Belerang, Pantai Batu Kapal, Pantai Bom yang sekaligus juga sebagai tempat pelelangan ikan, ada juga Pantai Canti, Pantai Gunung Botak atau Pantai Wartawan. Ada juga air terjun atau curug Way Kalam dengan tujuh tingkat air terjunnya.

        Selain itu ada juga pariwisata di kecamatan lain seperti wisata Krakatau, Kalianda Resort, Krakatoa, Pantai Merak Belantung, Pantai Bagus, Way Panas Kalianda, Way Belerang Simpur, dan Pantai Laguna Helau. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Kalianda ataupun hidangan dari hasil laut yang banyak dijual di rumah makan, selain itu Kalianda juga terkenal sebagai penghasil Buah Durian.




Tony Effendi
20 TEMPAT WISATA DI LAMPUNG YANG WAJIB DIKUNJUNGI - written by Tony Effendi , published at 21.05, categorized as Wisata di Sumatera . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID