15 TEMPAT WISATA DI LOMBOK YANG INDAH DAN MENARIK

by Tony Effendi , at 23.31 , have 0 komentar
Pulau Lombok dikenal memiliki banyak tempat-tempat wisata yang sangat indah. Wisata-wisata alam seperti pantai, pegunungan, serta pemandangan bawah lautnya juga merupakan salah satu yang terindah di Indonesia. Potensi-potensi wisata alam yang tersimpan di pulau ini cukup banyak dan beragam, tak heran jika Pulau Lombok ini tak hanya menjadi destinasi wisata favorit bagi warga Indonesia, namun juga sangat disukai oleh wisatawan mancanegara. Bahkan, beberapa tempat wisata di pulau ini juga sangat terkenal hingga sampai ke berbagai negara.

        Di Pulau Lombok ini, Anda dapat menemukan pantai-pantai yang eksotis dengan air yang jernih serta deretan terumbu karang yang mempesona, tak heran jika beberapa spot diving di pulau ini juga menjadi spot favorit bagi para penyelam. Tak hanya itu saja, bagi Anda yang hobi trekking maupun mendaki gunung, Anda bisa melakukannya di pulau ini. Tempat-tempat wisata di pulau ini pun rata-rata kondisinya masih sangat alami, sehingga menjadi nilai plus bagi tempat wisata di sini.

Nah, apa saja tempat-tempat wisata alam di Pulau Lombok yang wajib untuk Anda kunjungi tersebut?


1. Pantai Senggigi



Pantai Senggigi ini merupakan pantai yang sangat terkenal di Pulau Lombok karena memiliki panorama laut yang sangat indah. Air lautnya jernih dan berwarna biru, dengan ombak yang tak begitu besar membuat siapapun pasti suka bermain-main di pantai ini. Pantai ini juga memiliki garis pantai yang panjang dengan gradasi warna pasir pantainya yang putih ke hitam. Panorama sunset-nya pun juga menjadi salah satu yang terindah di pantai ini.

        Kondisi Pantai Senggigi ini masih alami dan terumbu karangnya masih terpelihara dengan baik, tak heran kalau pantai ini adalah salah satu pantai yang sangat disukai oleh wisatawan mancanegara, mereka biasanya menghabiskan waktu liburan di sini dengan berenang, snorkeling, berjemur, atau berjalan-jalan maupun bermain-main di pinggiran pantainya.



2. Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno (3 Gili)



Nama ke 3 Gili ini juga tak asing lagi bagi para traveler di Indonesia. Ke 3 Gili (pulau) tersebut yaitu Gili Trawangan, Gili Air, maupun Gili Meno adalah surganya pecinta snorkeling, diving, ataupun pemburu view pantai yang indah. Semua Gili tersebut memiliki pantai yang sangat eksotis dengan air yang biru dan jernih, selain itu ombaknya juga tenang. Panorama terumbu karang di ke 3 Gili ini pun sangat indah dan masih alami, tak heran jika di ke 3 Gili ini merupakan lokasi favorit bagi penghobi snorkeling, diving, dan scuba diving. Panorama sunset dan sunrise yang indah pun dapat Anda nikmati di ketiga Gili ini.

        Dari ketiga Gili tersebut, Gili Trawangan adalah yang paling ramai dikunjungi karena memiliki fasilitas yang paling lengkap, seperti Cafe, Bar, Restoran, Hotel dan Resort. Di Gili Trawangan ini juga sering diadakan pesta dan alunan musik. Sementara itu, Gili Meno adalah gili yang paling jarang dikunjungi sehingga kondisinya yang masih sepi sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati liburan dengan tenang dan serasa di pulau pribadi.



3. Gunung Rinjani



Gunung Rinjani dikenal memiliki predikat sebagai gunung dengan panorama alam terindah di Indonesia. Tak heran jika banyak para pecinta alam dan pendaki gunung menjadikan Gunung Rinjani ini sebagai target "buruan" mereka. Wisatawan-wisatawan mancanegara pun juga banyak yang mendaki ke Gunung Rinjani. Saat Anda berada di atas gunung ini, Anda akan melihat hamparan pemandangan pegunungan yang sangat mempesona, pemandangan tersebut semakin eksotis saat Anda juga menjumpai sunrise.

        Selain itu, Anda juga dapat melihat kaldera di sebelah barat kerucut Gunung Rinjani ini. Di kaldera ini terdapat Segara Anak seluas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman 230 m. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Di Segara Anak banyak terdapat ikan mas dan mujair, sehingga sering digunakan untuk memancing, sedangkan di bagian selatan danau ini disebut dengan Segara Endut.



4. Pantai Kuta, Lombok



Bukan hanya Pantai Kuta di Bali saja, Pulau Lombok juga memiliki Pantai Kuta lho. Pantai ini juga memiliki hamparan pasir pantai yang putih bersih, deburan ombak yang tenang, serta air laut yang biru dan jernih . Bahkan saking jernihnya, Anda dapat melihat langsung deretan terumbu karang yang masih alami. Aktifitas populer yang bisa dilakukan di Pantai Kuta ini adalah berenang, snorkeling, surfing, atau hanya bermain maupun bersantai di pinggiran pantai sambil menanti sunset.

        Pantai ini terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Lokasi pantai ini berjarak sekitar 72 km dari Kota Mataram, dan dapat ditempuh sekitar 90 menit perjalanan. Untuk kebutuhan akomodasi, di Pantai Kuta ini banyak terdapat penginapan dan hotel.



5. Gili Kondo


Gili Kondo

Tak hanya memiliki 3 Gili yang sangat tersohor, Pulau Lombok juga memiliki Gili Kondo yang juga sangat indah. Gili Kondo merupakan salah satu dari 33 gugusan pulau (gili) yang berada di sebelah timur Pulau Lombok. Gili Kondo ini adalah pulau kecil yang tak berpenghuni namun terdapat penginapan dan restoran yang dibangun khusus untuk para wisatawan. Jadi Anda tak perlu bingung mencari tempat makan dan tempat beristirahat.

        Karena kondisinya yang masih sepi, maka Gili Kondo ini menyimpan keindahan alam yang masih sangat alami. Sebagian besar pantai di pulau ini didominasi oleh hamparan pasir putih dan bersih yang membentang luas, air laut yang jernih berwarna biru, serta terumbu karang yang indah. Di sini, Anda bisa berjalan-jalan menyusuri pantai, berenang, bersantai di pinggir pantai, atau bisa juga melakukan snorkeling. Terdapat sekitar 20 spot snorkeling populer yang dapat Anda coba, bukan hanya itu saja, panorama sunset di pantai ini juga sangat indah.



6. Gili Petagan


Gili Petagan

Gili Petagan ini terletak di sebelah timur pulau Lombok, lokasinya juga dekat dengan Gili Kondo. Salah satu ciri khas dan daya tarik dari Gili Petagan ini adalah terdapatnya Hutan Bakau penginggalan masa kependudukan Jepang. Hutan Bakau ini dikelilingi oleh terumbu karang dan padang Lamun (padang rumput yang tumbuh di dalam laut) yang dapat Anda susuri dengan menyewa perahu. Saat menyusuri hutan bakau ini, Anda akan melihat air laut yang biru dan jernih, sehingga batuan karang di dalamnya pun juga akan terlihat.

        Aktifitas populer yang biasa dilakukan di sini adalah snorkeling. Terumbu-terumbu karang di sini masih sangat alami, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda yang hobi snorkeling. Selain terumbu karang, Anda juga akan menjumpai berbagai ikan-ikan yang cantik dan biota laut lainnya.



7. Gili Bidara


Gili Bidara

Gili Bidara ini juga terletak di sebelah timur pulau Lombok, dekat dengan Gili Kondo dan Gili Petagan. Selain memiliki pantai yang jernih berwarna biru dan pasir pantai yang putih bersih, Anda juga dapat melihat pemandangan Gunung Rinjani dengan cukup jelas.

        Terumbu karang di sini masih sangat alami, sehingga menjadikan Gili Bidara ini spot favorit untuk snorkeling. Deretan terumbu karang yang sangat indah, ikan-ikan yang cantik dan biota laut eksotis lainnya akan Anda jumpai saat melakukan snorkeling di Gili Bidara ini.



8. Gili Nanggu


Gili Nanggu

Gili Nanggu terletak di Selat Lombok atau di pesisir barat Pulau Lombok. Secara administratif, pulau ini berada di wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Seperti gili-gili yang lain, Gili Nanggu memiliki pantai yang sangat indah, berpasir putih bersih, serta air lautnya yang biru dan jerih. Fasilitas-fasilitas di Gili Nanggu ini juga cukup lengkap, terdapat resort yang memiliki wahana watersports, jogging track, dan perlengkapan diving maupun snorkeling.

      Aktifitas populer yang biasa dilakukan di sini adalah snorkeling. Selain snorkeling, Anda juga bisa sekedar bersantai di pinggiran pantainya karena suasana di pantai ini sangat tenang ditambah panorama sunset yang romantis saat menjelang petang.



9. Pura Batu Bolong


Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong terletak di kawasan Pantai Senggigi, Lombok. Seperti namanya, Pura Batu Bolong ini adalah Pura yang terletak di atas batuan besar yang terdapat lubang di tengahnya. Sekilas, Pura Batu Bolong ini mirip seperti Pura di Tanah Lot, Bali.

        Di sini, Anda bisa melihat pemandangan Pantai Senggigi dan Gunung Agung yang indah. Selain itu, saat senja tiba Anda juga dapat melihat panorama sunset yang juga sangat indah. Fasilitas-fasilitas yang tersedia di sini juga cukup lengkap karena Pura Batu Bolong ini berada di kawasan Pantai Senggigi.



10. Pantai Pink Lombok


Pantai Pink, Lombok

Pantai Pink terletak di Desa Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur. Nama Pantai Pink ini sebenarnya adalah Pantai Tangsi, namun karena memiliki keunikan berupa hamparan pasir yang berwarna Pink maka Pantai Tangsi ini lebih populer disebut Pantai Pink. Selain berpasir Pink, panorama di sekitar Pantai Pink ini juga sangat indah, di sekelilingnya juga terdapat hamparan bukit dengan padang rumput yang luas.

       Warna pasir pantai ini sebenarnya adalah putih, karena tercampur dengan serpihan-serpihan halus terumbu karang yang berwarna kemerahan, maka pasir pantai ini lebih terlihat berwarna Pink. Warna pink tersebut semakin terlihat jelas jika terkena air. Untuk bersantai, di sekitar Pantai Pink ini juga telah disediakan Gazebo.



11. Desert Point (Bangko-Bangko) Lombok

Desert Point (Bangko-Bangko) Lombok

Jika Anda hobi Olahraga Surfing dan menyukai ombak yang besar, Desert Point adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Selain merupakan tempat Surfing populer di Indonesia, Desert Point juga telah dinobatkan sebagai salah satu dari 10 tempat surfing dengan ombak terganas versi International surfing Association. Selain Surfing, di sini Anda juga bisa trekking dan memancing karena di sini terkenal mempunyai ikan-ikan berukuran besar.

        Desert Point (Bangko-bangko) terletak di Desa Batu Putih, Kec. Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Untuk mencapai lokasinya, Anda bisa naik Kapal Feri dari Bali menuju ke Pelabuhan Lembar di Lombok. Sesampainya di Pelabuhan Lembar, perjalanan ke Desert Point dapat Anda lanjutkan dengan menyewa mobil ataupun travel yang dapat ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan. Untuk fasilitas dan kebutuhan akomodasi, di sini juga telah terdapat Cafe, Penginapan, Hotel dan Resort.



12. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

Lokasi Pantai Tanjung Aan sekitar 75 km dari Kota Mataram dan 3 km dari Pantai Kuta, Lombok. Keunikan pantai ini adalah memiliki pasir pantai yang berbeda, di satu sisi berpasir putih yang lembut dan di satu sisi lainnya memiliki pasir berwarna kekuningan serta berbentuk seperti merica. Selain memiliki pemandangan pantai yang indah dan air laut yang jernih berwarna biru, ombak di pantai ini juga cukup tenang.

        Aktifitas populer yang dapat Anda lakukan di pantai ini adalah berenang, snorkeling, atau hanya bersantai di pinggiran pantainya. Suasana pantai ini juga relatif masih sepi, sehingga sangat cocok bagi Anda yang menyukai ketenangan.



13. Pantai Tanjung Bloam

Tanjung Bloam

Pantai Tanjung Bloam terletak di daerah Jerowaru, Kab. Lombok Timur dan dapat ditempuh sekitar 2,5 jam dari Kota Mataram. Yang menarik dari pantai ini adalah view batuan cadas dan tebing yang menjulang tinggi yang dikombinasikan dengan panorama pantai menjadikannya terlihat sangat eksotis, sehingga sangat ideal bagi Anda yang hobi fotografi.

        Di Tanjung Bloam ini, Anda akan menjumpai Konservasi Penyu yang berhabitat di sekitar tebing sepanjang garis pantai. Pantai ini memiliki air laut yang jernih dan berwarna biru, namun memiliki ombak yang besar, sehingga tak direkomendasikan berenang di sini karena selain ombak yang besar juga terdapat batuan-batuan berukuran besar.



14. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak menawarkan pemandangan pantai yang sangat eksotis dan masih alami. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dengan kontur yang landai, airnya juga jernih berwarna biru dengan ombak yang tenang, selain itu kondisi lingkungan pantai ini juga bersih. Di pantai ini Anda bisa berenang, berjalan-jalan menyusuri pantai, berjemur, atau hanya sekedar bersantai sambil menikmati panorama pantai dengan hembusan angin yang lembut.

        Meskipun pantai ini masih sepi, namun fasilitas-fasilitas yang tersedia cukup memadai. Di sini terdapat warung yang menjual makanan hasil laut seperti Ikan Bakar dan Sate Ikan. Untuk kebutuhan akomodasi, di sini juga terdapat villa.



15. Rumah Adat Dusun Sade Lombok

Dusun Sade

Terletak di Desa Rambitan, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, tempat ini adalah tempat wisata budaya. Masyarakat yang menghuni dusun ini adalah Suku Sasak, yang masih memegang teguh tradisi atau kebudayaan Suku Sasak sejak zaman dulu.

        Rumah-rumah ataupun bangunan di sini juga masih mempertahankan arsitektur asli khas Sasak dengan kondisi yang masih sangat terawat. Rumah atau bangunan di sini mempunyai ciri khas, yaitu terbuat dari bambu dan beratap daun alang-alang.




Tony Effendi
15 TEMPAT WISATA DI LOMBOK YANG INDAH DAN MENARIK - written by Tony Effendi , published at 23.31, categorized as Wisata di Nusa Tenggara . And have 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID