Danau Beratan Bedugul, wisata yang terkenal di Bali

0
295
Danau Beratan Bedugul

Hoteldanwisata.com – Pulau Bali juga memiliki tempat wisata selain pantai yang selalu ramai oleh para wisatawan, yaitu Danau Beratan Bedugul. Danau Beratan ini terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan, Bali.

Danau Beratan ini termasuk salah satu tempat wisata di Bali yang paling sering dikunjungi wisatawan, bahkan setiap agenda liburan sekolah maupun instansi tertentu selalu menyertakan Danau Beratan kedalam daftar liburan mereka saat ke Bali.

Tiap harinya, Danau Beratan selalu dikunjungi oleh banyak wisatawan. Tak hanya wisatawan dalam negeri saja, namun banyak juga wisatawan luar negeri yang mengunjungi Danau ini. Bahkan saat Saya ke sana, lebih banyak wisatawan luar negeri yang mengunjungi Danau ini dari pada wisatawan dalam negeri.

Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul merupakan Danau terluas kedua di Bali setelah Danau Batur Kintamani. Danau Beratan ini memiliki luas sekitar 375.6 hektar dan memiliki kedalaman antara 22 – 48 meter.

Baca Juga : 20 Tempat wisata di Bali yang Menarik dan Terkenal

Letak Danau Beratan berada di ketinggian sekitar 1240 meter diatas permukaan laut, tak heran jika suhu udara di kawasan Danau ini sangat sejuk dan dingin. Bahkan saat musim kemarau, angin yang berhembus juga kencang. Suhu rata-rata di kawasan Danau ini sekitar 18 – 24 derajat celcius, cukup dingin untuk ukuran Negara tropis.


Hal Menarik di Danau Beratan Bedugul

Pura Ulun Danu

Danau Beratan memiliki pemandangan yang sangat indah, karena dikelilingi pegunungan disekelilingnya. Keunikan yang dimiliki Danau Beratan Bedugul adalah terdapat Pura yang ada di tengah-tengah Danau.

Pura yang terletak di tengah Danau tersebut bernama Pura Ulun Danu. Pura Ulun Danu ini memiliki desain atap bertingkat-tingkat, total terdapat 11 tingkat atap. Di sekeliling Pura juga terdapat patung, ukiran dan relief-relief, serta tanaman-tanaman bunga yang cantik.

Banyak wisatawan yang berfoto-foto dengan latar belakang Pura Ulun Danu dan Danau Beratan. Selain itu, Anda juga dapat mengelilingi Danau Beratan dengan menyewa perahu speed boat.

Selain Pura, diatas Danau juga terdapat tumbuhan bambu kuning yang dikelilingi oleh 2 Patung Naga. Kedua Patung Naga ini mengeluarkan air seperti layaknya air mancur.

Saat memasuki kawasan Danau Beratan, Anda akan menlihat tugu-tugu yang tinggi menjulang dengan ukiran-ukiran khas seperti Pura yang ada di Bali.

Baca Juga : Desa Penglipuran Bali, Desa wisata yang Tenang dan Nyaman

Selain itu, di kawasan Danau Beratan Bedugul ini juga terdapat taman-taman yang luas dan ditumbuhi oleh bunga-bunga yang cantik. Di taman-taman tersebut juga terdapat beberapa patung Katak dan ular Naga. Di taman-taman ini Anda bisa berjalan-jalan ataupun berfoto-foto.

Saat Anda pulang dari Danau Beratan Bedugul ini, Anda juga dapat mengunjungi warung-warung yang berada di atas perbukitan. Warung-warung tersebut menjual makanan seperti Bakso Ayam, Bakso Babi, dan Mie.

Warung-warung ini memiliki Gazebo yang menghadap ke Danau Beratan, jadi Anda dapat melihat Danau Beratan Bedugul dari atas secara keseluruhan.

Anda juga bisa mampir ke Joger yang lokasinya tak jauh dari Danau Beratan, karena masih sama-sama berlokasi di Bedugul. Joger merupakan pusat oleh-oleh yang menjual baju, kaos, pakaian khas Bali, udeng, kain Bali, sandal, tas, souvenir, hiasan, pernak-pernik dan lain-lain. Barang-barang dari Joger ini juga tak ada duanya dan tak dijual ditempat lain selain di Joger sendiri.

Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul

Taman di Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul


Fasilitas yang ada di Danau Beratan Bedugul

Fasilitas yang terdapat di kawasan Danau Beratan Bedugul ini juga cukup lengkap, terdapat tempat parkir yang luas, pusat informasi, dan juga toilet yang bersih dan terawat.


Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Wisata Danau Beratan Bedugul buka setiap hari dari jam 08.00 WITA sampai jam 18.00 WITA.

Harga tiket masuk ke kawasan Danau Beratan Bedugul adalah :

  • Dewasa : Rp. 20.000
  • Anak-anak : Rp. 15.000

Sedangkan tarif parkir yang dikenakan adalah :

  • Roda Dua : Rp. 2.000
  • Roda Empat : Rp. 5.000
  • Bus : Rp. 10.000

Cara Menuju ke lokasi Danau Beratan Bedugul

Lokasi Danau Beratan Bedugul

Biasanya mayoritas wisatawan yang pergi ke Danau Beratan Bedugul menggunakan jasa mobil + sopir atau menggunakan Travel. Karena cara ini sangat praktis dan bisa dilakukan secara berkelompok.

Namun untuk yang berangkat menggunakan kendaraan pribadi jika dari arah Kuta dan Denpasar, jarak yang ditempuh sekitar 70km dan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa buka GPS atau Google Maps Anda.

Jalan yang akan Anda lalui saat berada di kawasan Bedugul adalah jalan pegunungan yang berkelok-kelok, namun kondisi aspal sangat bagus dan mulus. Perjalanan menuju ke Bedugul sangat menyenangkan, karena Anda akan disuguhkan pemandangan pegunungan yang indah serta udara yang sejuk dan dingin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here