Pantai Pandawa Bali, Pantai Pasir Putih yang Cantik

0
183

Hoteldanwisata.com – Di Bali banyak sekali pantai-pantai yang indah, dan salah satu pantai yang indah dan masih memiliki nuansa alami adalah Pantai Pandawa Bali.

Seperti Kita tau, Pulau Bali sendiri terkenal memiliki banyak tempat-tempat wisata menarik. Banyak tempat-tempat wisata di Bali yang sering dijadikan destinasi wisata favorit, tak hanya wisatawan lokal namun juga wisatawan mancanegara.

Saat di Bali, jangan heran kalau wisatawan yang mendominasi tempat wisata nya merupakan wisatawan luar negeri. Banyak diantara mereka yang sangat suka mengunjungi pantai maupun tempat-tempat hiburan di Bali.

Biasanya, wisatawan luar negeri senang menghabiskan waktu mereka di pantai dengan berenang-renang, berjemur, surfing, atau hanya bersantai di pinggiran pantai.

Pantai Pandawa Bali

Pantai Pandawa Bali

Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kec. Kutu Selatan, Badung, Bali. Lokasi pantai berjarak sekitar 18 km dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Dulu, pantai ini disebut dengan nama Pantai Kutuh (karena lokasinya di Desa Kutuh) dan Secret Beach (pantai rahasia) karena letak pantai ini berada dibalik tebing kapur yang tinggi dan besar.

Pantai Pandawa ini termasuk pantai yang masih baru. Saat Saya kesana, kondisi tebing-tebing kapur masih dalam proses pengerukkan karena juga terdapat alat-alat berat serta banyak material-material bangunan yang ada di sana.

Di sekitar Pantai Pandawa Bali ini terdapat dua tebing kapur raksasa yang sangat besar, dan di salah satu sisinya dipahat patung kelima Pandawa, yaitu : Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa dan juga ibu dari kelima Pandawa, yaitu Dewi Kunti. Karena itulah, pantai ini disebut dengan nama Pantai Pandawa.


Hal Menarik di Pantai Pandawa Bali

Pantai Pandawa memiliki kontur pantai yang landai dan ombak yang cukup besar, namun ombak yang besar ini tak sampai mengenai garis bibir pantai. Sehingga cukup aman untuk bermain-main di pinggiran pantai nya. Selain berenang-renang, biasanya orang-orang bule juga sering berjemur di pinggir pantai.

Pantai Pandawa Bali memiliki air laut yang berwarna biru dan jernih, serta memiliki pasir putih yang bersih sehingga membuat pemandangan Pantai Pandawa ini sangat indah dan cantik. Saat menyusuri pantai ini, Anda juga akan menemukan serpihan-serpihan batu karang, maupun cangkang-cangkang satwa laut yang ada di dalamnya.

Di pantai ini, Anda juga bisa melihat pemandangan sunrise dan sunset sekaligus. Pemandangan sunrise dan sunset di pantai ini mengagumkan, dengan kombinasi birunya langit dan air laut, pasir yang putih, dan orange kekuningan dari sinar matahari.

Dengan segala panorama keindahan alam yang dimiliki membuat Pantai Pandawa ini sangat instagramable, sangat cocok digunakan sebagai objek foto maupun background foto.

Selain dijadikan tempat wisata, Pantai Pandawa Bali ini juga dijadikan sebagi tempat untuk mengadakan Upacara Malesti yang diadakan setiap Hari Raya Nyepi. Bagi umat Hindu, upacara Malesti ini adalah upacara untuk mensucikan diri.


Fasilitas yang ada di Pantai Pandawa Bali

Anda bisa menyusuri perairan pantai dengan menyewa Kano yang disediakan oleh masyarakat setempat dengan tarif Rp. 50.000 untuk sekali jalan. Selain menyewa Kano, Anda juga bisa menyewa rompi pelampung dengan tarif Rp. 20.000/jam

Setelah puas bermain-main di Pantai, Anda bisa bersantai dengan menyewa tempat-tempat duduk yang disediakan oleh warung-warung di pinggir pantai. Tempat duduk ini berupa kursi yang biasanya digunakan untuk berjemur dan dilengkapi oleh payung yang besar.

Warung-warung di sini menyediakan makanan, minuman, jajanan, jagung bakar, minuman bersoda, dan beer. Di kawasan pantai ini juga terdapat Restoran yang menyajikan hidangan Sea Food. Selain itu, Anda juga bisa mencoba pijat refleksi yang disediakan oleh Pandawa SPA yang ada di sekitar pantai ini.

Selain digunakan sebagai tempat wisata, Pantai Pandawa Bali juga digunakan sebagai tempat budidaya rumput laut oleh masyarakat setempat yang mayoritas bekerja sebagai nelayan.

Fasilitas penting lainnya yang terdapat di kawasan pantai ini adalah toilet umum, yang banyak terdapat di beberapa titik. Disamping itu, tempat parkir di sini sangat luas dan (mungkin) akan lebih luas lagi karena kawasan Pantai Pandawa ini masih dilakukan tahap pembangunan.

 


Harga Tiket masuk ke Pantai Pandawa Bali

  • Wisatawan Domestik Rp. 4.000
  • Wisatawan Mancamegara Rp. 10.000
  • Parkir Sepeda Motor Rp. 1.000
  • Parkir Mobil Roda Empat Rp. 5.000
  • Parkir Bus Rp. 10.000

Rute Menuju ke Pantai Pandawa Bali

Tak ada transportasi umum yang menuju ke kawasan Pantai Pandawa. Jadi bagi Anda yang tidak menggunakan kendaraan pribadi atau yang tak mau ribet, Anda lebih baik menyewa Travel saja.

Jika dari Bandara Ngurah Rai, rute yang harus ditempuh untuk menuju ke Pantai Pandawa adalah 18km dan ditempuh dengan waktu sekitar 1 – 2jam perjalanan (tergantung kondisi lalu lintas) dan melewati Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pantai Pandawa memang lumayan, karena jalan yang dilalui berliku-liku dengan kontur naik-turun. Meskipun lokasinya cukup terpencil, namun akses jalannya sangat mudah dan kondisi aspal juga bagus.

Waktu yang ditempuh bisa semakin lama jika dalam perjalanan Anda terjebak macet. Dulu saat Saya ke sana berangkat siang hari perjalanan masih lancar, namun saat Saya pulang sekitar jam 6 sore jalanan mulai macet karena bertepatan dengan orang-orang yang sedang pulang kerja.

Saat ke Pantai Pandawa menggunakan kendaraan pribadi, untuk lebih mudah dan jelasnya Anda bisa melihat Google Maps saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here