Wisata Pantai Tiga Warna Malang, Indah dan Alami

0
338
Pantai Tiga Warna Malang

Hoteldanwisata.com– Pantai Tiga Warna Malang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia.

Pantai ini adalah pantai yang masih alami, Karena merupakan Wilayah Rehabilitasi Dan Konservasi Mangrove, Terumbu Karang Serta Hutan Lindung Desa Tambakrejo, atau di Daerah Konservasi Sendangbiru, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pantai Tiga Warna Malang ini di kelola oleh Bhakti Alam yang anggotanya berasal dari warga Desa sekitar pantai. Sehingga, untuk bisa mengunjungi Pantai Tiga Warna, Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu karena pengunjung yang akan memasuki pantai ini dibatasi oleh pihak Konservasi.

Wisata Pantai Tiga Warna Malang

 

Pantai ini disebut Pantai Tiga Warna karena memiliki 3 warna yang berbeda. Perbedaan warna ini disebabkan oleh kedalaman laut yang berbeda-beda pula sehingga menghasilkan kombinasi 3 warna yang sangat cantik.

Selain itu, pasir pantai dan kondisi lingkungannya juga sangat bersih dan tidak ada sampah-sampah berserakan karena pihak pengelola menerapkan sistem denda bagi yang membuang sampah sembarangan.

Baca Juga : Daftar lengkap 100 Wisata Pantai di Malang

Pantai Tiga Warna ini masih tergolong baru jika dibandingkan dengan pantai-pantai di sekelilingnya seperti Pantai Sendangbiru, Pantai Goa Cina, dan Pantai Gatra karena Pantai Tiga Warna Malang ini baru dibuka menjadi tempat wisata pada pertengahan tahun 2014 lalu.

Meskipun baru, namun keindahan yang dimiliki pantai ini mampu membuat banyak wisatawan sangat penasaran ingin mengunjunginya.

Pantai Tiga Warna

Hal Menarik yang bisa Anda temui

Pantai Tiga Warna Malang selain memiliki 3 warna air laut yang berbeda, airnya juga sangat jernih. Karena airnya jernih, Anda bisa melakukan Snorkeling untuk melihat keindahan terumbu karang dan biota laut lainnya di pantai ini.

Untuk perlengkapan Snorkeling sendiri, pihak pengelola sudah menyediakan perlengkapan Snorkeling lengkap mulai dari Pelampung, Kacamata, dan Alat bantu pernapasan dengan biaya sewa sekitar Rp. 15.000.

Selain bermain snorkeling, Anda juga bisa bermain-main di pinggiran pantai atau hanya sekedar nongkrong santai di pinggir pantai sambil menikmati keindahan Pantai Tiga Warna ini.

Cara Menuju ke Pantai Tiga Warna

Akses untuk menuju ke Pantai Tiga Warna Malang hanya bisa menggunakan Kendaraan Pribadi, rute atau jalur yang ditempuh jika dari Kota Malang, sama seperti jalur yang menuju ke Pantai Sendang Biru karena letaknya masih bersebelahan.

Rute yang ditempuh jika dari Kota Malang adalah, Malang – Gadang – Turen – Sitiarjo – Sumbermanjing Wetan. Lanjutkan sampai ke pertigaan yang terdapat penunjuk menuju ke Pantai Sendangbiru dan Clungup Mangrove Conservation. Arahkan kendaraan Anda ke jalur Clungup Mangrove Conservation.

Jika menggunakan Sepeda Motor, Anda bisa langsung menuju ke gerbang Pantai Tiga Warna. Namun jika menggunakan Mobil, Anda harus memarkir kendaraan Anda di depan gang dan menuju ke Pos Informasi. Dari Pos Informasi, lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati jalan tanah dengan kontur naik – turun.

Saat mencapai area Pantai Clungup, Anda akan disuguhi pemandangan Hutan Mangrove yang asri. Dari Pantai Clungup, belok kiri menuju ke arah Pantai Gatra.

Setelah sampai di Pantai Gatra, lanjutkan perjalanan menuju ke bukit di sebelah kiri Pantai Gatra dan Anda akan menemukan Pantai Tiga Warna. Jika Anda tak mau repot-repot berjalan kaki, Anda bisa menggunakan jasa Ojek yang tersedia di sekitar sini.

Informasi dan Tips

  • Lakukan reservasi terlebih dahulu jika ingin mengunjungi Pantai Tiga Warna.
  • Untuk reservasi, silakan Anda kunjungi situs ini dkp.jatimprov.go.id
  • Jika ingin mengunjungi Pantai Tiga Warna pas weekend, usahakan lakukan reservasi 1 bulan sebelumnya.
  • Kuota untuk masuk ke Pantai Tiga Warna maksimal per kelopmpok adalah 10 orang.
  • Setiap Kelompok wisatawan diwajibkan mengisi formulir, di cek barang bawaannya dan menggunakan jasa guide.
  • Anda tidak diperbolehkan Camping atau mendirikan tenda di Pantai Tiga Warna, Camping hanya boleh dilakukan di Pantai Clungup dan Pantai Gatra.
  • Setiap Kelompok wisatawan dibatasi Jam kunjungan ke Pantai Tiga Warna maksimal 2 jam.
  • Jika membuang sampah sembarangan, akan dikenakan denda sebesar Rp. 100.000 per item.
  • Pihak pengelola Pantai Tiga Warna libur pada hari Kamis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here