Wisata Puncak Lawang Maninjau Sumbar

0
363
Puncak Lawang Maninjau Sumbar

Hoteldanwisata.com – Puncak Lawang Maninjau Sumbar merupakan Puncak tertinggi di perbukitan Danau Maninjau dikenal dengan nama Puncak Lawang yang memiliki ketinggian sekitar 1210 mdpl.

Di Puncak Lawang Maninjau Sumbar ini Anda juga dapat memacu adrenalin dengan bermain Parasailing, Paralayang atau Paragliding sambil menikmati view Danau Maninjau dan perbukitan di sekitarnya.

Berbagai event-event Paralayang bertaraf Internasional juga sudah diadakan di sini oleh Pemerintah Kabupaten Agam, karena termasuk lokasi Paralayang terbaik di Asia Tenggara.

Baca Juga : Wisata Danau Maninjau Sumatera Barat

Puncak Lawang Maninjau Sumbar

Puncak Lawang sendiri adalah salah satu view point terbaik untuk menikmati panorama keindahan Danau Maninjau. Dari puncak ini, Anda juga dapat menyaksikan Samudera Hindia di sebelah Barat perbukitan Danau Maninjau.

Puncak Lawang Maninjau Sumbar

Cara Menuju ke Puncak Lawang Maninjau

Untuk akses menuju ke Puncak Lawang, ada 4 alternatif rute yang dapat Anda pilih :

  • Rute Pertama : Melalui Matua, dari Bukit Tinggi ke Simpang Tiga Matua belok kanan. Saat melalui jalur ini, Anda akan menjumpai Perkebunan Tebu Lawang.
  • Rute Kedua : Melalui Ambun Pagi, lokasinya sekitar 3 km dari Matua tepatnya di awal jalan Kelok 44. Saat melalui jalur ini, Anda akan menjumpai objek wisata Ambun Tanai. Di sini, Anda akan melalui puncak perbukitan Danau Maninjau dan sangat dekat dengan bibir jurangnya. Rute kedua ini adalah favorit wisatawan, karena Anda bisa lebih menikmati panorama Danau Maninjau.
  • Rute Ketiga adalah jalur alternatif yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki, yaitu dari Pasa Bayua sekitar 4 Km sebelah Utara Maninjau. Melalui rute ini, Anda dapat mencapai Puncak Lawang dengan waktu sekitar 1,5-2 jam. Jalan setapak yang mendaki dan berada dibawah rimbun nya pepohonan.
  • Rute Keempat juga merupakan jalur alternatif yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Anda bisa memulai perjalanan dari Pasa Akaik sekitar 8 Km sebelah utara Maninjau. Melalui jalur ini, Anda akan berjalan kaki diantara hamparan persawahan dan pohon-pohon yang rindang. Pemandangan yang berbeda pun akan Anda nikmati dari jalur ini. Lama waktu yang ditempuh sekitar 4-5 jam untuk bisa sampai ke Puncak Lawang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here