Wisata Pantai Pangandaran Ciamis Jawa Barat

0
243
Wisata Pantai Pangandaran Ciamis

Hoteldanwisata.com – Pantai Pangandaran adalah sebuah pantai yang sangat indah dan dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa (menurut AsiaRooms).

Pantai ini terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dan merupakan tempat wisata andalan Kabupaten Pangandaran.

Panorama Pantai Pangandaran sangatlah indah dan mampu memukau banyak orang, tak heran saat akhir pekan maupun musim liburan, Pantai Pangandaran selalu dipenuhi oleh pengunjung atau wisatawan untuk mengisi liburan mereka.

Wisata Pantai Pangandaran Ciamis

Wisata Pantai Pangandaran Ciamis

Wisata Pantai Pangandaran Ciamis memiliki kontur yang landai dengan pasir pantai yang berwarna hitam maupun putih yang sangat indah.

Air lautnya juga jernih dengan ombak yang cukup tenang, sehingga cukup aman untuk bermain air atau berenang-renang di pinggiran pantai (asal diperhatikan juga batas amannya).

Selain berenang, Anda bisa berjalan-jalan di pinggir pantai sambil menikmati indahnya panorama Pantai Pangandaran. Jika Anda tak ingin berjalan kaki, terdapat persewaan sepeda yang dapat Anda gunakan untuk berkeliling pantai dengan santai.

Hal Menarik lainnya yang dapat Anda temui

Hal menarik lainnya adalah, Anda juga dapat melihat indahnya panorama Sunrise dan Sunset sekaligus di pantai ini. Anda juga dapat mengelilingi perairan pantai dengan menyewa Perahu ataupun Jetski, atau jika ingin mencoba sensasi yang berbeda, Anda juga bisa bermain Parasailing yang bisa memacu adrenalin.

Jika ingin bersantai, Anda bisa beristirahat sejenak di Bumi Perkemahan yang sudah disediakan atau ingin mencoba Memancing di Pantai Pangandaran ini.

Spot menarik lainnya yang dapat Anda temui di Pantai Pangandaran adalah adanya Goa Jepang, Goa ini adalah goa buatan yang dibangun oleh Tentara Jepang dan digunakan sebagai Bunker saat Perang Dunia II dulu.

Goa tersebut terletak di perbukitan dan dikelilingi oleh hutan yang juga merupakan kawasan Cagar Alam, di hutan tersebut terdapat satwa-satwa yang dilindungi.

Wisata Pantai Pangandaran Ciamis juga kaya akan hasil laut, tak heran jika Anda akan menjumpai perahu-perahu Nelayan karena memang mayoritas warga di sekitar pantai ini berprofesi sebagai Nelayan.

Karena kaya akan hasil laut, maka di Pantai Pangandaran ini merupakan tempat yang tepat bagi Anda penggila Sea Food. Di sini, banyak terdapat Warung ataupun Restoran yang menyajikan menu-menu hasil tangkapan dari laut, seperti berbagai Ikan Laut, Udang, Cumi-cumi dan Kepiting.

Di sini Juga banyak terdapat ikan-ikan segar lho…

Di Wisata Pantai Pangandaran Ciamis ini, Anda bisa menikmati hidangan laut dengan ditemani pemandangan pantai yang indah dan (tentunya) semakin menambah selera makan Anda.

Anda juga dapat “berburu” Ikan segar yang terdapat di Pasar Ikan, ikan atau hasil tangkapan laut lainnya yang dijual di sini tentunya masih fresh karena hasil tangkapan langsung dari Laut.

Fasilitas dan lain-lain

Selain itu, terdapat juga penjual Souvenir atau oleh-oleh khas dari Pantai Pangandaran seperti Ikan Asin, Pakaian, Topi, serta beberapa kerajinan tangan seperti Kalung dan Gelang yang terbuat dari kerang laut.

Fasilitas yang tersedia juga cukup memadai, seperti Tempat Parkir yang luas, Pusat Informasi, Pelayanan Pos, Waterboom, serta Tempat Penginapan atau Hotel.

Bagaimana Cara Menuju ke Wisata Pantai Pangandaran Ciamis?

Jika menggunakan Jalur Darat, Anda bisa menggunakan Bus dengan jurusan :

  • Bus Jurusan Bandung – Tasikmalaya – Banjar – Pangandaran
  • Bus Jurusan Kampung Rambutan (Jakarta) – Pangandaran
  • Bus Yogyakarta – Cilacap – Kalipucang – Pangandaran (Bus Jurusan Lubuklinggau) – Cijulang
  • Bus Solo – Cilacap – Kalipucang – Pulau Pangandaran

Jika berangkat dari Bandung, Anda dapat berangkat dari Terminal Bus Cicaheum. Di Terminal ini ada Bus yang langsung menuju ke Pangandaran.

Jika menggunakan Jalur Udara :

  • Dari Bandung, Bandara Husen Sastranegara – Bandara Nusawiru Pangandaran
  • Dari Jakarta, Bandara Halim Perdanakusuma – Bandara Nusawiru Pangandaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here